Round Up VIVA Fakta

Hamil karena Berenang, AEON Mall Dijarah, Jackie Chan Tertular Corona

Pemerintah China mengebut pembangunan rumah sakit khusus orang-orang yang terjangkit virus corona dan segala penanganan wabah mematikan itu di kota Wuhan, provinsi Hubei.
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Wabah virus corona atau Covid-19 mulai menghantui dunia, karena negara yang terjangkit tak hanya China, melainkan sudah menyebar ke negara-negara lain. Meski belum ditemukan kasus penularan corona di Indonesia, publik Tanah Air kian was-was karena wabah itu tampak belum dapat dikendalikan.

Pendeta Andre Umumkan Syahrini Hamil, Segera Lahiran?

Pemerintah Arab Saudi sampai menghentikan sementara atau menangguhkan kunjungan warga asing untuk beribadah umrah di negara itu demi mencegah penyebaran virus corona. Indonesia, sebagai salah satu negara pengirim jemaah umrah terbanyak di dunia, ikut terdampak atas kebijakan itu.

Berbagai kabar tentang paparan corona pun makin berseliweran di media sosial sehingga sebagian kalangan masyarakat terkecoh berita-berita yang tak dapat dipertanggungjawabkan. Sedikitnya ada enam kabar heboh tentang wabah mematikan itu, meski tak semuanya benar, sepanjang sepekan lalu. VIVA Fakta telah menelusurinya sehingga dapat informasi yang benar, atau sekurang-kurangnya terkonfirmasi kebenaran atau kesalahannya.

Survey: 81 Persen Warga AS Punya Pandangan Negatif Terhadap China

Selain seputar wabah corona, perhatian publik Tanah Air juga menyoroti kabar-kabar lain yang liar dan berseliweran di media sosial selama pekan lalu, antara lain tentang wilayah Jakarta dan sekitarnya yang dilanda banjir, tenaga honorer yang akan diangkat menjadi PNS, dan pernyataan pejabat KPAI perihal wanita berpotensi hamil kalau berenang dengan laki-laki di kolam yang sama.

Tim redaksi VIVA Fakta mengompilasi kabar-kabar liar itu beserta hasil penelusuran atas kekeliruan atau kebenarannya. Berikut ini selengkapnya:

Baru Dipakai 39 Km, Xiaomi SU7 Ini Rusak Total

1. Tenaga honorer yang akan diangkat menjadi PNSSejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di kompleks Balaikota di Jakarta/Ilustrasi.

Beredar video dengan narasi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) soal seluruh pegawai honorer, P3K, dan pegawai non-PNS akan diangkat menjadi PNS, khususnya bagi mereka yang sudah bekerja selama 12 tahun.

Baca selengkapnya dalam artikel: Honorer Kerja Minimal 12 Tahun Diangkat Jadi PNS, Cek Faktanya

2. Jackie Chan dikabarkan terinfeksi virus corona

Virus corona telah menginfeksi hampir 80 ribu orang di 37 negara. Belakangan aktor laga papan atas Hong Kong, Jackie Chan, diduga terjangkit corona usai menghadiri pesta privat bintang Hong Kong terkenal lainnya. Ia dikabarkan sedang menjalani karantina dengan orang-orang lainnya yang terinfeksi virus ini.

Baca selengkapnya dalam artikel: Jackie Chan Kena Virus Corona, Faktanya?

3. Fakta-fakta gelombang kedua virus corona

Wabah virus corona (Covid-19) makin mengkhawatirkan. Pasalnya, virus ini paling banyak menginfeksi orang di China. Tapi, belakangan WHO mengonfirmasi kini lebih banyak kasus baru tercatat di luar China.

Baca selengkapnya dalam artikel: Gelombang Kedua Virus Corona, Seperti Apa Faktanya?

4. Arab Saudi menghentikan sementara umrah

Kerajaan Arab Saudi menghentikan sementara pelaksanaan ibadah umrah dan kunjungan ke Masjid Nabawi menyusul dampak wabah corona di berbagai belahan dunia. DPR meminta kepastian larangan sementara ini berlaku sampai kapan.

Baca selengkapnya dalam artikel: Kerajaan Arab Saudi Larang Umrah Sementara, Ini Fakta-faktanya

5. Gempar kabar AEON Mall dijarah massa

Beredar sebuah video massa menggeruduk AEON Mall Cakung, Jakarta Timur, dan gedung kantor pemasaran Jakarta Garden City. Muncul isu bahwa massa tersebut menjarah barang-barang di mal itu. Massa dan petugas keamanan AEON Mall terlibat bentrokan.

Baca selengkapnya dalam artikel: AEON Mall Dijarah Massa, Ini Faktanya

6. Ledakan di Wuhan disebut telah disembunyikan Pemerintah China

Beredar video ledakan dahsyat yang diklaim terjadi di Wuhan, kota epidemi wabah virus corona di China. Ledakan itu juga disebut telah disembunyikan pemerintah China. Video itu diunggah akun Youtube Coronavirus from Wuhan.

Baca selengkapnya dalam artikel: Ledakan Dahsyat di Wuhan Disembunyikan Pemerintah China, Ini Faktanya

7. Heboh wanita berenang dengan pria bisa hamil

Pernyataan anggota Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Sitty Hikmawatty, membuat geger soal wanita yang berenang dengan laki-laki bisa hamil. Meski tak terjadi penetrasi, sperma tertentu yang sangat kuat dianggap bisa membuat wanita yang berada di fase subur menjadi hamil.

Baca selengkapnya dalam artikel: Wanita Renang dengan Pria Bisa Hamil, Ini Faktanya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya