Siapkan Diri untuk Sanksi dan Hadiah Mudik

Kemenhub berangkatkan ribuan pemudik Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.
Sumber :
  • VIVAnews/ Fajar Ginanjar Mukti

VIVA – Pemerintah akan menggodok kebijakan larangan mudik pada momen Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri terkait adanya wabah Covid-19. Rencananya juga akan diterapkan konsep reward and punishment dari wacana kebijakan ini.

Temuan Survei Indikator: Publik Puas Kinerja Polri Selama Mudik Lebaran 2024

Contoh reward misalnya untuk pekerja sektor informal akan dibantu pendapatannya atau ada paket sembako. Karena nantinya pemerintah akan melibatkan semua pihak membahas wacana kebijakan ini termasuk pemerintah DKI Jakarta dan kementerian sosial.

Selain soal reward and punishment, pemerintah khususnya kementerian perhubungan juga akan membahas kapan waktu pelaksanaan larangan mudik. Saat ini yang diusulkan larangan mudik untuk h-7 Idul Fitri 2020.

Taiwan Siap Berbagi Pengalaman Pelayanan Medis dengan Indonesia

Meski begitu, masyarakat terpantau sudah ada yang kembali pulang ke kampung halaman. Untuk itu, dianjurkan agar mereka yang dari kota-kota besar seperti Jabodetabek diminta mengisolasi diri dan tak langsung berbaur saat sudah sampai di kampung halaman.

Berita seputar mudik menarik perhatian pembaca VIVAnews. Berikut tiga berita seputar hal tersebut:

Acer Swift Go 14 AI, Mudik Praktis dengan Si Tipis

1. Konsep reward and punishment akan diterapkan

Kendaraan mudik lebaran (foto/viva)

Pemerintah memastikan, akan menerapkan konsep punishment and reward atau pemberian hukuman dan hadiah dalam kebijakan pelarangan mudik yang rencananya akan diterapkan pada Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 2020.

Baca berita selengkapnya di sini

2. Wacana larangan mudik h-7

Pemudik yang balik ke Jakarta via Pelabuhan Merak

Kementerian Perhubungan masih menggodok kebijakan pelarangan mudik untuk Lebaran atau Perayaan Idul Fitri 2020 guna atasi penyebaran virus corona (covid-19). Itu termasuk waktu pelaksanannya, jika pelarangan tersebut benar-benar ditetapkan oleh pemerintah, bukan hanya sebatas imbauan. 

Baca berita selengkapnya di sini

3. Pemudik harus isolasi diri dulu saat sampai kampung halaman

Mudik gratis PT Dahana

Aktivitas mudik sejumlah masyarakat dari kota-kota besar seperti Jabodetabek, sudah mulai dilakukan. Untuk itu, mereka yang kembali ke kampung halamannya agar tidak langsung berbaur, tetapi mengisolasi diri menghindari penyebaran covid-19 atau virus corona.

Baca berita selengkapnya di sini

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya