Covid-19 di Jatim: Madiun Zona Hijau, Malang Belum Saatnya New Normal

VIVA – Provinsi Jawa Timur menyumbang terbanyak jumlah kasus warga terinfeksi virus corona di Indonesia. Berdasarkan pemutakhiran data pada Sabtu, 20 Juni 2020, ada 1.226 penambahan kasus positif sehingga total 45.029 kasus secara nasional.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Jawa Timur masih menyumbang angka kasus positif tertinggi sebanyak 394, disusul DKI Jakarta dengan 180 kasus. Lalu, Sulawesi Selatan 112 kasus, Jawa Tengah 98 kasus, dan Kalimantan Selatan 83 kasus.

Jumlah pasien terjangkit corona yang sembuh sebanyak 534 orang. Jadi, total yang sembuh sementara ada 17.883 orang. Kasus meninggal bertambah 56 orang dalam sehari sehingga total 2.429 kasus. Sedangkan orang dalam pemantauan atau ODP sebanyak 37.336 dan Pasien dalam Pengawasan atau PDP sebanyak 13.150.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Di Jawa Timur, Surabaya masih menjadi episenstrum penyebaran wabah Covid-19. Berdasarkan pemeriksaan massal yang digelar oleh Badan Intelijen Negara (BIN) saja, sejak 29 Mei sampai 20 Juni 2020, sebanyak 1.702 orang dinyatakan positif terinfeksi.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan bahwa wilayah Malang Raya, yakni Kota Malang, Kota Batu, dan Kabupaten Malang berstatus zona risiko sedang atau zona oranye. Karena itu, masa transisi new normal bakal berlanjut hingga sepekan ke depan.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Masa transisi new normal di Malang Raya diterapkan sejak 31 Mei 2020 setelah Pembatasan Sosial Berskala Besar berakhir. Masyarakat diingatkan agar tetap disiplin. Garda terdepan adalah masyarakat karena sebelum vaksin ditemukan, vaksin Covid-19 adalah kedisiplinan, kata Khofifah.

Kota Madiun menjadi daerah pertama dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur yang berubah statusnya menjadi zona hijau karena berhasil mengontrol penyebaran Covid-19, sebagaimana diumumkan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pusat pada Sabtu, 20 Mei 2020.

Berdasarkan data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, tingkat kematian kasus Covid-19 di Kota Madiun nol atau CFR 0 persen. Dengan begitu, Kota Madiun dianggap berhasil mengontrol persebaran Covid-19 pertama di Jatim sehingga menjadi zona hijau.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya