Masjidil Haram Ditabrak hingga Felix Siaw Sindir Abu Janda

Permadi Arya alias Abu Janda (Twitter)
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Kabar menghebohkan datang dari Mekkah, Arab Saudi. Masjid suci umat Islam ditabrak orang tak dikenal pada Jumat malam waktu setempat. Pelaku yang merupakan warga asli Saudi langsung digelandang Kepolisian Arab Saudi dan diinterogasi oleh jaksa penuntut umum.

Terakam Momen Haru Polisi Gendong Jemaah Umroh Disabilitas, Terima Ganjaran Ini

Selain kabar soal penabrakan Masjidil Haram, ada juga berita yang sedang menjadi perhatian publik dunia soal pernyataan Presiden Prancis Emmanuel Macron yang menghina Nabi Muhammad SAW. Kali ini yang bikin kontroversi adalah Abu Janda. Komentar Abu Janda disindir keras oleh ustaz kondang Felix Siaw.  

Selain dua berita tersebut, ada pula informasi yang banyak dibaca pembaca VIVA sepanjang Sabtu, 31 Oktober 2020, di antaranya:

7 Lantunan Merdu Imam Masjidil Haram Memandu Sholat Tarawih di Bulan Ramadhan

1. Geger, Pengemudi Tabrakan Mobil ke Gerbang Masjidil Haram Mekkah

Seorang pengemudi menabrakan mobilnya ke gerbang luar Masjidil Haram di Mekkah pada Jumat, 30 Oktober 2020. Aksi nekat yang dilakukan pengemudi mobil Hyundai tersebut tidak menimbulkan korban.

Jarang Terjadi, Detik-detik Imam Masjidil Haram Sujud Sahwi Gegara Lupa Rakaat Tarawih

Dikutip dari middleeasteye.net, Sabtu, 31 Oktober 2020, dijelaskan bahwa mobil jenis sedan tersebut melaju dengan kecepatan tinggi menembus barikade plastik di halaman luar masjid sebelum melaju ke salah satu pintu besar luar Masjidil Haram.

Bahkan berdasarkan surat kabar lokal Al-Waeem melaporkan bahwa tidak ada warga sipil yang terluka dalam kecelakaan itu. Sementara video lain yang di-posting di media sosial menunjukkan sejumlah orang mendorong kendaraan menjauh dari kompleks masjid.

Baca selengkapnya di sini

2. Abu Janda Sebut Nabi Muhammad Pemaaf, Felix Siauw: Itu Kan Nabi

Pegiat media sosial Abu Janda kembali melakukan tindakan yang kontroversial. Di tengah maraknya seruan boikot terhadap produk Prancis, dia justru sengaja makan di restoran Prancis dengan alasan sebagai bentuk meneladani ajaran Nabi Muhammad, yaitu yang senantiasa memaafkan mereka yang menghinanya.

Hal ini pun ditanggapi oleh ustaz Felix Siauw. Menurut Felix, memang nabi adalah seorang yang tidak mudah tersinggung dan selalu memaafkan. Namun itu adalah tingkatan seorang nabi, bukan manusia biasa pada umumnya.

"Nabi orangnya lembut, orangnya pemaaf, orangnya tidak mudah tersinggungan, Jadi kalau seandainya nabi dihina nabi tidak akan tersinggung dan pastinya akan memaafkan orang-orang yang menghinanya. Benar, itu kan nabi tapi kan kita bukan nabi," kata Felix dalam sebuah video di akun media sosial TikTok @Permanadarajat, yang dikutip, Sabtu, 31 Oktober 2020.

Baca selengkapnya di sini

3. Innalillahi, Pejabat Mahkamah Agung Meninggal Dunia

Keluarga besar Mahkamah Agung RI sedang berduka, karena Kepala Biro Hukum dan Humas MA yakni Abdullah dikabarkan meninggal dunia pada Sabtu dini hari, 31 Oktober 2020 sekitar pukul 01.45 WIB.

Kabar wafatnya Abdullah ini sebagaimana dilansir dari situs resmi Mahkamah Agung RI yakni mahkamahagung.go.id. Beliau meninggal dunia di Rumah Sakit Siloam, Surabaya, Jawa Timur. Namun, belum diketahui penyebab kematian almarhum.

“Innaalillahi wa innaa Ilaihi raajiun, telah berpulang ke rahmatullah Dr. Abdullah, Kepala Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung RI,” tulis situs MA dikutip pada Sabtu, 31 Oktober 2020.

Baca selengkapnya di sini

4. Teror di Nice Prancis, Paus: Ini Adalah Momen yang Menyakitkan

Paus Fransiskus menyatakan kedekatannya dengan komunitas Katolik Prancis setelah kasus serangan di Nice terjadi. Dia mempersembahkan doa bagi para korban dan harapan agar warga Prancis bersatu demi melawan kejahatan.

Menurut Associated Press, serangan itu merupakan salah satu dari tiga serangan pada Kamis (29/10) yang dikaitkan dengan ekstremis di Basilika Notre-Dame di Nice. Kala itu, seorang pria dilaporkan meneriakkan “Allahu Akbar” atau “Tuhan Maha Besar” dan menikam penjaga Katedral dan dua wanita. Satu di antaranya dibawa ke kafe terdekat tetapi meninggal.

“Ini adalah momen yang menyakitkan,” kata juru bicara Vatikan, Matteo Bruni dalam sebuah pernyataan, Kamis (30/10).

Baca selengkapnya di sini

5. Video Detik-detik Mobil Tabrak Gerbang Masjidil Haram Mekkah

Sebuah mobil Hyundai dengan kecepatan tinggi terlihat melaju kencang menerobos pembatas plastik di halaman luar Masjidil Haram, Mekkah. Mobil tersebut kemudian menabrakan diri ke gerbang besar masjid.

Dikutip dari twitter @hsharifain, pada Sabtu 31 Oktober 2020, dijelaskan bahwa mobil Hyundai warna krem sengaja menabrakkan diri ke pintu 89 Masjid Al Haram, Mekkah. Setelah sebelumnya, menerobos barikade plastik di luar masjid.

Adapun insiden tersebut, terjadi pada Jumat, pukul 22.25 waktu setempat. Atas kejadian tersebut pengemudi langsung ditangkap dan tidak ada korban jiwa dan terluka.

Baca selengkapnya di sini

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya