Jubir Jokowi Dompleng Anies, Tur Moge ke Sabang Dihentikan

Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman
Sumber :
  • VIVA/Fikri Halim

VIVA – Penghargaan yang diterima Kota Jakarta atas komitmennya mengupayakan sistem transportasi berkelanjutan yang tujuan akhirnya adalah kenyamanan warga menjadi salah satu tajuk yang paling diminati pembaca VIVA

Warga Iran Kini Dapat Kembali Berangkat Umrah Setelah 9 Tahun, Hal Ini Jadi Penyebabnya

Jakarta berhasil meraih Sustainable Transport Award (STA) 2021 atas program integrasi antarmoda transportasi publik yang terus dikembangkan. Kota pemenang STA ini diumumkan saat konferensi transportasi internasional, MOBILIZE 2020 yang digelar secara virtual pada 26, 28 dan 30 Oktober 2020. 

Sementara acara seremoni STA Award akan digelar di Washington DC, Amerika Serikat, Januari 2021 mendatang.

Terpopuler: Beberapa Selebgram Ditangkap Polres Jaksel, hingga Daftar Harga Tiket Konser Sheila On 7

Berita seputar penghargaan yang diraih Jakarta dibawah kepemimpinan Anies Baswedan ini pun tak lepas dari intrik politik. Seperti yang disampaikan politikus Partai Demokrat Andi Arief yang menuding Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman sengaja mendompleng Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan atas penghargaan ini. 

Selain berita seputar penghargaan yang diraih Jakarta, ada juga soal keberangkatan jemaah umrah asal Indonesia, yang menandai dibukanya kembali penerbangan umrah dari Indonesia pasca pandemi COVID-19. 

Syekh Abu Al Sebaa, Seorang Dermawan Penyedia Makan Gratis untuk Jemaah Umrah Meninggal Dunia

Berita-berita menarik VIVA sepanjang hari Minggu, 1 November 2020, bisa Anda simak dalam round up berikut ini: 

1. Andi Arief: Jubir Jokowi Dompleng Penghargaan Anies

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Politikus Partai Demokrat Andi Arief menyentil Presiden Joko Widodo dan para juru bicaranya. Menurut Andi, Jokowi sangat butuh penghargaan dunia, hal itu membuat para jubirnya mendompleng Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Presiden sangat butuh penghargaan dunia sehingga harus dipaksakan para jubirnya mendompleng penghargaan pada Anies. Bertindak dan berlakulah sebagai pemimpin dunia, pasti dunia akan memberi penghargaan. Kalau kerap gunakan UU ITE mana mungkin bisa terjadi, itu kelas lokal," kata Andi lewat akun Twitter-nya, @AndiArief_, Minggu, 1 November 2020.

Baca selengkapnya di tautan ini

2. Sultan HB X Tetapkan UMP Yogyakarta Rp1.765.000

Photo :
  • VIVA.co.id/Daru Waskita

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) di provinsi itu tahun 2021 menjadi Rp1.765.000. UMP DI Yogyakarta tahun 2021 naik 3,54 persen dibandingkan tahun 2020.

Keputusan menaikkan UMP DI Yogyakarta menjadi Rp1.765.000 ditandai dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Gubernur dengan nomor 319/KEP/2020 pada Sabtu, 31 Oktober 2020. 

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DI Yogyakarta yang menjabat pula sebagai Ketua Dewan Pengupahan Aria Nugrahadi membenarkan keputusan Sultan menaikkan UMP. Persentase kenaikannya sebesar 3,54 persen dari UMK berlaku tahun 2020.

Baca selengkapnya di tautan ini

3. Ratusan Jemaah Indonesia Berangkat Umrah Pagi Ini

Photo :
  • VIVA/Sherly

Pemerintah Kerajaan Arab Saudi sudah membuka pelaksanaan ibadah umrah pada 1 November 2020 ini. Ratusan orang jemaah dari Indonesia pun berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta pagi hari ini.

"360 orang, diisi mayoritas pemimpin penyelenggara umrah Amphuri (Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia). Jemaah yang berangkat sedikit. Ini mau berangkat untuk memastikan fasilitas bagi para jemaah," kata Wakil Sekretaris Jenderal DPP Amphuri, Muhammad Farid Aljawi, dalam wawancara dengan tvOne, Minggu, 1 November 2020.

Baca selengkapnya di tautan ini

4. Sindiran Menusuk Fadli Zon untuk Juru Bicara Istana Fadjroel Rachman

Photo :

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mengaku malu atas sikap Juru Bicara Presiden Joko Widodo (Jokowi), Fadjroel Rachman. Sebab, katanya, Fadjroel menunjukkan sikap sebagai oposisi dari Gubernur DKI Anies Baswedan setelah Jakarta mendapat penghargaan bidang transportasi dari Sustainable Transport Award (STA) 2021.

Soalnya, Fadjroel sempat mengklaim bahwa semua pekerjaan transportasi yang dilanjutkan oleh Anies itu merupakan rintisan dari tiga gubernur sebelumnya, yakni Joko Widodo, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, dan Sutiyoso alias Bang Yos.

Baca selengkapnya di tautan ini

5. 4 Anggotanya Jadi Tersangka, Tur Moge ke Sabang Dihentikan

moge-yang-aniaya-anggota-tni_663_372.jpg" alt="" title="">

Photo :
  • Istimewa

Buntut terlibat penganiayaan terhadap dua orang anggota intel TNI, yakni Serda Muhamad Yusuf dan Serda Mistari, perjalanan rombongan motor gede (moge) Harley Davidson asal Bandung nampaknya akan berakhir. Semula mereka hendak ke Aceh.

"Mereka rencananya akan touring ke titik nol, Sabang, Aceh, tapi karena ada kejadian ini perjalanan terhenti sementara," kata Kepala Bidang Humas Polda Sumatera Barat, Komisaris Besar Polisi Stefanus Satake Bayu kepada wartawan, Minggu 1 November 2020.

Baca selengkapnya di tautan ini
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya