Perintah Kapolda Jateng Sampai Makassar Dikepung Banjir

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi.
Sumber :
  • VIVAnews/ Fajar Sodiq (Solo)

VIVA - Sejumlah pemberitaan mewarnai kanal news di portal VIVA.co.id sepanjang Minggu, 20 Desember 2020. Berita terpopuler adalah soal perintah Kapolda Jateng ke para Kapolres soal kerumunan.

Terpopuler: Beberapa Selebgram Ditangkap Polres Jaksel, hingga Daftar Harga Tiket Konser Sheila On 7

Berita terpopuler kedua adalah kabar duka dari institusi TNI. Salah satu anggotanya, meninggal dunia karena kecelakaan di Tambun, Bekasi.

Sedangkan, berita terpopuler ketiga terkait dengana isu terorisme. Polri menyebut jika Jamaah Islamiyah melatih 91 teroris muda. Dari jumlah itu, 66 orang dikirim ke Suriah.

Terpopuler: Bagian Tubuh Ini Bisa Prediksi Ukuran Penis, hingga Faktor Risiko Kanker Serviks

Selain tiga berita di atas, masih ada dua berita yang juga menjadi perhatian masyarakat. Pertama, Presiden Jokowi meresmikan Pelabuhan Patimban di Subang.

Dan kedua, Makassar dikepung banjir dan dilanda angin kencang. Akibatnya, sejumlah akses jalan putus.

Terpopuler: Timnas Indonesia Bekuk Australia, Rangking FIFA di Atas 8 Negara Eropa

Berikut 5 berita terpopuler di kanal news VIVA.co.id, Minggu, 20 Desember 2020:

1. Perintah Kapolda Jateng ke Kapolres soal Kerumunan: Tabrak Bubarin

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi memerintahkan jajarannya agar tak ragu saat menertibkan masyarakat yang berkerumunan di masa pandemi COVID-19 yang saat ini masih berlangsung. Bahkan, Irjen Luthfi memerintahkan jajarannya untuk menabrak dan membubarkan kerumunan massa.

Photo :
  • Istimewa

Hal tersebut ditegaskan Luthfi dalam acara rapat lintas sektoral Operasi Lilin Candi 2020 dalam rangka pengamanan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 pada Sabtu, 19 Desember 2020.

“Apabila ada kumpulan masyarakat dan itu mengganggu apalagi mengancam jiwa terkait dengan COVID, perintah saya hanya tiga, satu tabrak bubarin, kedua sama tabrak bubarin. Kalau satu dua tidak bisa, yang ketiga tabrak dan bubarin,” kata Luthfi.

Baca berita selengkapnya di sini.

2. Anggota TNI Tewas Tertindih Badan Truk di Tambun Bekasi

Seorang anggota TNI, Sertu Sumarna, tewas tertimpa truk yang terguling di Jalan Hasanudin, Tambun, Kabupaten Bekasi, Minggu, 20 Desember 2020. Sebelumnya truk tersebut oleng hingga kehilangan kendali.

"Korban meninggal di tempat, setelah tubuhnya tertimpa badan truk," kata Kasat Lantas Polres Metro Bekasi Kabupaten, AKBP Ojo Ruslani.

Photo :
  • VIVA/ Dani.

Ojo menceritakan, awal kejadiannya ketika korban tengah mendorong sepeda motor istrinya yang bernama Marpuah dalam kondisi mati mesin. Ketika itu, korban berkendara sepeda motor Honda Vario B 3541 UJ dari arah Cikarang menuju Kota Bekasi.

Baca berita selengkapnya di sini.

3. Polri: Jamaah Islamiyah Latih 91 Teroris Muda, 66 Dikirim ke Suriah

Polri menyebut pengkaderan teroris muda yang dilakukan oleh Jamaah Islamiyah (JI) sudah sangat teragenda rapi. Bahkan perekrutmen para kader yang siap tempur juga sudah dilakukan. Hal ini teridentifikasi dengan adanya 91 kader yang telah dilatih oleh JI dan 66 di antaranya sudah dikirim ke Suriah untuk bergabung dengan kelompok teror di sana.

Photo :
  • istimewa

Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono menyatakan Polri sudah mendapatkan informasi soal adanya 91 kader JI yang dilatih siap tempur, dimana 66 di antaranya sudah dikirim ke Suriah dan beberapa sudah kembali ke Indonesia.

Baca berita selengkapnya di sini.

4. Jokowi Resmikan Pelabuhan Patimban di Subang

Presiden Jokowi resmi mengoperasikan Pelabuhan Patimban yang berada di Subang, Jawa Barat. Pelabuhan yang digadang-gadang menjadi pendamping Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta ini diharapkan meningkatkan perekonomian nasional dan tentunya untuk masyarakat lokal.

Photo :
  • Biro Pers Istana Negara

Tentunya, Tanjung Priok yang selama ini menjadi tumpuan ekspor-impor barang di Tanah Air berbagi dengan Patimban dan pelabuhan-pelabuhan lain.

Baca berita selengkapnya di sini.

5. Makassar Dikepung Banjir dan Dilanda Angin Kencang

Hujan dengan intensitas tinggi mengguyur Kota Makassar dalam beberapa hari terakhir. Akibatnya, sejumlah wilayah di beberapa kecamatan rawan banjir, saat ini mulai digenangi air.

Seperti di Perumnas Antang, Kecamatan Manggala, terutama di Blok 10, hingga Sabtu malam, 19 Desember 2020, debit air terus naik seiring hujan terus mengguyur.

Photo :
  • VIVA/ Irfan.

Bahkan, kelompok relawan kemanusiaan telah terjun ke lokasi banjir memberikan bantuan dan menawarkan evakuasi ke warga.

Baca selengkapnya di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya