Abu Bakar Ba'asyir Bebas dan Risma Bicara Tuduhan Settingan

Mensos Tri Rismaharini.
Sumber :
  • Repro video.

VIVA – Berita seputar gekandangan yang ditemui Menteri Sosial Tri Rismaharini atau Risma masih menajdi perhatian pembaca VIVA, sepanjang Jumat 8 Januari 2021 ini. Pembaca masih penasaran dengan sosok gelandangan. Ada yang menyebut Kastubi dan Nursaman.

Kembangkan Produk Urea dan Amonia, Pupuk Indonesia Gandeng BUMN Brunei BFI

Meski demikian, Risma dalam kunjungan nya ke Balai Rehabilitasi Sosial eks Gelandangan dan Pengemis (BRSEG) Pangudi Luhur, Bekasi mengatakan jika gelandangan di Jakarta yang dia bawa ke tempat itu bernama Kastubi. Dia juga menyindir soal settingan.

Tak hanya soal Risma, pembaca juga penasaran dengan pembebasan murni mantan narapidana terorisme Abu Bakar Ba'asyir yang ditahan selama 15 tahun penjara. Berikut lima berita yang paling banyak dibaca, di antaranya:

Ini Penyebab Aset PLN Nusantara Power Melesat Jadi Rp 350 Triliun

1. Abu Bakar Baasyir Keluar Lapas, Bebas Murni

Photo :
  • ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/aww

Terpopuler: Prediksi Putusan MK atas Sengketa Pilpres, Iran Samakan Drone Israel dengan Mainan

Terpidana terorisme Abu Bakar Baasyir, hari ini Jumat 8 Januari 2020, resmi bebas murni. Ia akan dikeluarkan dari Lembaga Pemasyarakatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, tempat ia selama ini ditahan.

Bebasnya Abu Bakar Baasyir (ABB) ini, setelah menjalani hukuman selama 15 tahun, usai divonis pada 2011 lalu. Meski demikian, ABB tetap akan mendapat pengawalan dari pihak terkait.

"Yang bersangkutan dapat pengawalan dari BNPT, Densus 88 sama Dinsos. Nanti ada pengawalan dulu," ujar Kadivpas Kemenkumham Kanwil Jawa Barat, Abdul Aris kepada VIVA pada Senin lalu. Baca selengkapnya di sini


2. Eks Mensos: Tidak Ada Tunawisma atau Pengemis di Daerah Protokol DKI

Photo :
  • VIVANews/Nurcholis Anhari Lubis

 Aksi blusukan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini alias Risma jadi heboh karena menemui tunawisma gelandangan di jalan protokol Ibu Kota Jakarta. Namun, aksi Risma itu justru memunculkan kritikan karena dianggap pencitraan.

Terkait itu, mantan Menteri Sosial Bachtiar Chamsyahterkejut mengetahui blusukan Risma menemui tunawisma seperti pengemis di jalan protokol Jakarta.

"Kalau saya melihat tentu saya terkejut. Sepanjang sepengetahuan saya, itu daerah-daerah protokol tidak ada tunawisma atau pengemis," kata Bachtiar dalam acara Kabar Petang tvOne yang dikutip VIVA, pada Jumat, 8 Januari 2021. Baca selengkanya di sini

3. Risma Temui Gelandangan di Thamrin, Ridwan Saidi: Nggak Masuk Akal

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Budayawan Jakarta Ridwan Saidi ikut menanggapi terkait polemik blusukan Menteri Sosial Tri Rismaharini atau Risma. Ridwan heran dengan hasil penemuan blusukan Risma.

Menurut dia, blusukan Risma ketemu gelandangan di jalur Sudirman-Thamrin Jakarta tidak masuk akal. Ia mengatakan demikian karena merujuk penelitian yang masih dilakukan olehnya.

"Saya masih melakukan penelitian dengan biaya saya sendiri. Itu yang dikatakan ada tuna wisma di Sudirman-Thamrin mengherankan. Dia tidur di mana kalau malam. Kalau merazia tuna wisma, dia tidurnya di mana? Tidur di HI. Itu yang enggak masuk di akal," kata Ridwan dalam acara Kabar Petang tvOne yang dikutip VIVA pada Jumat, 8 Januari 2021. Baca selengkapnya di sini

4. Risma Temui Kastubi si Gelandangan: Katanya Kita Settingan, Pak

Photo :
  • Dokumentasi Humas Pemprov Bekasi

 Menteri Sosial Tri Rismaharini atau biasa disapa Risma mendatangi Balai Rehabilitasi Sosial eks Gelandangan dan Pengemis (BRSEG) Pangudi Luhur, Bekasi. Kedatangannya untuk melihat kondisi Kastubi, gelandangan yang dia temui di kawasan Thamrin-Sudirman, Jakarta, beberapa hari lalu.

Risma datang ke tempat tersebut pada Jumat pagi, 8 Januari 2021. Saat melihat jejeran tunawisma, Risma teringat oleh sosok Kustabi. Sontak, dia tertawa melihat Kastabi.

Risma berbincang dengan Kastubi meski dipisahkan di ruangan berbeda. Begini ucapannya. "Bapak, settingan katanya kita pak. Bapak ketemu aku, sebentar lagi jadi artis, pak. Enak di sini toh, pak? Enggak kehujanan. Sudah di sini saja. Nanti saya carikan kerjaan," ucap Risma kepada Kastubi. Baca selengkapnya di sini

5. Risma Masukkan Gelandangan Jakarta Kerja di Perusahaan BUMN

Photo :
  • Dokumentasi Humas Pemprov Bekasi

Menteri Sosial Tri Rismaharini (Risma) memfasilitasi lima penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) atau gelandangan dan pemulung yang ditemukan di Jakarta beberapa waktu lalu untuk bekerja di anak perusahaan BUMN yakni PT PP Property di Bekasi.

Para PMKS tersebut mendapatkan pekerjaan di PT PP Property yang mengembangkan kawasan Grand Kamala Lagoon sebagai tukang kebun dan petugas kebersihan.

"Kita akan mempekerjakan lima pemulung yang kita temukan dari berbagai kawasan. Dia bisa bekerja, saya sudah akseskan ke pekerja, dan sudah bekerja lima orang di situ," ujar Risma, Jumat, 8 Januari 2021. Baca selengkapnya di sini

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya