Kudeta di Myanmar, Rocky Gerung Bicara Soal Kisruh Moeldoko dan AYH

Jenderal Senior Myanmar, Ming Aung Hlaing.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Isu mengenai kudeta menjadi sorotan pembaca VIVA, Rabu 3 Februari 2021. Deretan berita mengenai hal tersebut menempati jajaran berita  terpopuler sepanjang hari itu. 

Anies Baswedan Direstui Maju Pilkada Jakarta, Cak Imin: PKB Belum Membahas

Artikel paling terpopuler adalah kudeta militer yang dipimpin seorang jenderal di Myanmar. Lalu terpopuler kedua adalah pendapat Rocky Gerung terkait kisruh Moeldoko dan Agus Harimurti Yudhoyono juga soal isu kudeta.

Kemudian berita terpopuler ketiga, terkait polisi yang memeriksa Marco Kusumawijaya, Eks TGUPP Anies Baswedan. Selanjutnya yang keempat adalah detik-detik mencekam kudeta militer yang terjadi di Myanmar.

Megawati Ajukan Diri Jadi Amicus Curiae, Anies Bilang "Situasinya Memang Amat Serius"

Sementara itu, berita terpopuler keempat adalah pernyataan Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Demokrat Herzaky Mahendra Putra soal isu kudeta terhadap AHY.

1. Jenderal Pemimpin Kudeta Militer di Myanmar Punya Ribuan Lembar Saham

PKS Tak Jagokan Anies Baswedan Maju Pilkada DKI tapi Tiga Sosok Ini

Photo :
  • Istimewa

Jenderal Min Aung Hlaing, seharusnya sudah pensiun Juli lalu saat menginjak usia 65 tahun. Tapi bukannya menikmati masa tua, sang panglima malah melancarkan kudeta terhadap pemerintahan sipil dan merebut kekuasaan mutlak di Myanmar.

Baca selengkapnya

2. Kisruh Moeldoko dan AHY, Rocky Gerung: Masa Jenderal Kudeta Mayor

Photo :
  • U-Report

Pengamat Politik Rocky Gerung, ikut mengomentari kisruh antara Partai Demokrat dengan Kepala Staf Presiden Moeldoko. Diketahui, Demokrat menuding Moeldoko ingin melakukan kudeta terhadap Agus Harimurti Yudhoyono dari kursi Ketua Umum Partai Demokrat.

Rocky menilai, untuk menyelesaikan permasalahan ini diperlukan keterbukaan dari kedua belah pihak termasuk Moeldoko. Rocky berharap Moeldoko dapat menjelaskan secara transparan kepada publik apa yang sebenarnya terjadi termasuk pertemuan dengan kader Demokrat yang disebut terjadi di sebuah hotel.

Baca selengkapnya

3. Polisi Periksa Marco Kusumawijaya, Eks TGUPP Anies Baswedan

Photo :
  • Twitter @mkusumawijaya

Polda Metro Jaya mengagendakan memeriksa mantan anggota Tim Gabungan untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan Marco Kusumawijaya.

Rencananya, Marco diperiksa hari ini, Rabu 3 Februari 2021. Hal tersebut dibenarkan oleh Polda Metro Jaya. Marco diminta memenuhi panggilan Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya.

Baca selengkapnya

4. Kesaksian Warga Myanmar saat Detik-detik Mencekam Kudeta Militer

Photo :
  • Twitter Khit Thit Media

Warga Myanmar mendapat berita bahwa militer telah menguasai negara itu pada Senin pagi.

"Saya pikir saya akan langsung mengunggah tweet tentang kudeta sekarang," tulis mantan jurnalis Reuters, Aye Min Thant di Twitter sebelum pukul 07:00 waktu setempat.

"Keadaan masih cukup sepi untuk saat ini, meskipun orang-orang sudah bangun dan ketakutan. Saya telah menerima panggilan sejak pukul 6 pagi dari teman dan kerabat. Internet mati dan menyala dan kartu SIM saya tidak lagi berfungsi."

Baca selengkapnya

5. Isu Kudeta AHY, PD: Pertemuan di Hotel, Dirayu Dana Bantuan COVID-19

Photo :
  • vstory

 Isu kudeta kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY di Partai Demokrat bikin heboh. Sejumlah nama mulai Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko hingga beberapa pendiri Partai Demokrat terseret dalam isu kudeta ini.

Terkait itu, Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Demokrat Herzaky Mahendra Putra menyampaikan isu kudeta ini sudah mencuat sejak sebulan lalu. Ia bilang ada segelintir kader dan mantan kader masa lalu yang coba iseng-iseng mengganggu Demokrat era AHY.

Baca selengkapnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya