Demokrat Versi KLB Rangkul AHY, Sampai SBY Menyesal

Kehadiran Moeldoko di KLB Partai Demokrat Sibolangit
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

VIVA - Sejumlah berita mewarnai kanal news di VIVA.co.id sepanjang Sabtu, 6 Maret 2021. Meski demikian, pemberitaan mengenai Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat dan polemiknya mendominasi berita-berita terpopuler.

KLB PSSI Sumut Digelar Usai PON 2024

Seperti diketahui, KLB tersebut pada akhirnya memilih Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko. Sementara itu, Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat diisi oleh Marzuki Alie.

Mereka juga menyatakan kepengurusan Demokrat yang dipimpin Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sudah demisioner. Segera setelah KLB digelar, kubu AHY termasuk SBY, menyampaikan penolakan dan juga kecaman.

Kasus DBD Meningkat Drastis, DPR Ingatkan Pemerintah Kerahkan Semua Sumber Daya

Berikut 5 berita terkait Partai Demokrat yang masuk jajaran terpopuler pada Sabtu, 6 Maret 2021:

1. Tetap Rangkul AHY, Pengurus Demokrat versi KLB: Tidak Ada Pemecatan

Pemerintah Tebar Insentif Kendaraan Listrik hingga 10 Persen, Intip Simulasinya

Pimpinan Sidang Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat yang digelar sepihak di Sibolangit, Sumatera Utara, Jhoni Allen Marbun menegaskan dengan disahkannya kepemimpinan Moeldoko, maka kepengurusan Partai Demokrat versi KLB Sibolangit ini akan tetap merangkul Agus Harimurti Yudhoyono.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Putra Nasution (Medan)

Ia mengatakan kepengurusan Demokrat versi Moeldoko nanti tidak akan membalas pemecatan dengan pemecatan kembali.

Baca selengkapnya di sini.

2. Andi Mallarangeng Sebut yang Hadir di KLB Sibolangit Hantu Belau

Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat, Andi Mallarangeng menegaskan Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat kemarin, merupakan KLB abal-abal yang tidak dihadiri pemilik suara sah untuk pemilihan ketua umum sebagaimana dalam AD/ART partai.

"Sebut satu saja ketua DPD yang hadir (di KLB Sibolangit). Biar publik melihat, agar yang hadir ini benar-benar yang pemilik suara," kata Andi Mallarangeng di ‘Apa Kabar Indonesia Pagi tvOne’, Sabtu, 6 Maret 2021.

Baca selengkapnya di sini.

3. Max Sopacua Dukung KLB, Sang Anak Tetap Loyal pada AHY

Perbedaan haluan antara politisi Partai Demokrat Max Sopacua dan anaknya Ferro Sopacua mencuat usai Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di Hotel The Hill Sibolangit, Deliserdang, Sumatera Utara, Jumat, 5 Maret 2021, kemarin. Ferro tidak mengakui KLB yang dihadiri ayahnya tersebut.

Photo :
  • VIVA/ Putra Nasution

Sikap Ferro Sopacua yang merupakan kader Partai Demokrat DPD Jawa Barat dan Wakil Ketua DPC Kota Bogor itu disampaikan akun Twitternya @ferroxv.

"Menyikapi dinamika @PDemokrat saya Ferro Sopacua menyampaikan bahwa saya setia pada konstitusi partai dan tetap loyal pada AHY," tulisnya.

Baca selengkapnya di sini.

4. Pengamat: Moeldoko Punya Hak Jadi Ketum Demokrat

Sejumlah kader Partai Demokrat menginisiasi digelarnya Kongres Luar Biasa (KLB) partai tersebut di Deli Serdang, Sumatera Utara. Hasilnya, forum tersebut memilih Kepala Staf Presiden Moeldoko sebagai ketua umum yang baru.

Apakah ini artinya era SBY, juga AHY, yang merupakan anaknya berakhir?

Ninoy Karundeng, yang aktif sebagai pengamat politik, pegiat media dan media sosial, menuturkan sepak terjang SBY sejak menjadi politikus memang terkenal ugal-ugalan. Dia mengatakan kekuasaan bagi SBY ditempatkan pada titik tertinggi.

Baca selengkapnya di sini.

5. SBY Menyesal Pernah Beri Jabatan ke Moeldoko: Saya Mohon Ampun

Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengungkapkan rasa penyesalannya sebab saat masih menjabat sebagai Presiden RI, SBY telah memberikan kepercayaan kepada Moeldoko untuk mengisi posisi penting. Salah satunya SBY menunjuk Moeldoko sebagai Panglima TNI tahun 2013 silam.

Photo :
  • PDemokrat

"Termasuk rasa malu dan rasa bersalah saya yang dulu beberapa kali memberikan kepercayaan dan jabatan kepadanya. Saya memohon ampun kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala Tuhan yang maha kuasa atas kesalahan saya itu," ujar SBY dalam konferensi pers, Jumat malam, 5 Maret 2021.

Baca selengkapnya di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya