Pidato Anies, Sampai Adiguna Sutowo Meninggal Dunia

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam dialog pemimpin C40 Cities
Sumber :
  • Facebook Anies Baswedan

VIVA - Sejumlah pemberitaan mewarnai kanal news di portal VIVA.co.id sepanjang Minggu, 18 April 2021. Berita yang terpopuler ditempati oleh kabar dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Rupiah Mulai Menguat ke Level Rp 16.172 per Dolar AS

Anies mengikuti forum dialog bersama Sekjen PBB dan pimpinan C40 Cities yang digelar secara daring, Jumat malam, 16 April 2021. Dalam kesempatan itu, mantan Rektor Universitas Paramadina tersebut menyampaikan pidato.

Di sinilah, disebutkan bahwa Sekjen PBB Antonio Gutteres terpukau atas pidato Anies.

Lebih Rendah dari Vietnam dan Filipina, Ekonomi Indonesia Diramal IMF Tumbuh Cuma 5 Persen

Berita terpopuler kedua ditempati oleh cerita mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli soal IMF pada 1998. Rizal menyebut IMF pernah menjerumuskan Indonesia pada krisis ekonomi yang parah.

Sementara itu, berita yang terpopuler ketiga ditempati oleh kabar mengenai THR para PNS yang bakal cair H-10 Idul Fitri. Pemerintah mendorong mereka untuk berbelanja.

Pria di Tebing Tinggi yang Ngaku Nabi Mau Bubarkan Islam jadi Tersangka dan Ditahan

Selain tiga berita tersebut masih ada dua berita lain yang juga menjadi perhatian pembaca. Pertama adalah soal seorang pria bernama Jozeph Paul Zhang yang melakukan penistaan terhadap agama Islam.

Selain mengaku nabi ke-26, ia juga menghina Nabi Muhammad SAW sebagai sosok yang cabul. Polisi menegaskan bahwa mereka akan memburu pria tersebut meskipun ia sudah meninggalkan RI sejak 2018.

Kemudian kedua, adalah kabar duka dari keluarga artis cantik Dian Sastrowardoyo. Mertuanya, Adiguna Sutowo, meninggal dunia pada Minggu pagi.

Berikut 5 berita terpopuler di kanal news VIVA.co.id sepanjang Minggu, 18 April 2021:

1. Pidato 2 Menit Anies Baswedan Bikin Sekjen PBB Terpukau

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mampu meyakinkan Sekjen PBB Antonio Gutteres atas usulan DKI Jakarta dalam program mengatasi dampak perubahan iklim dan upaya dalam pengurangan emisi karbon.

Photo :
  • Instagram Anies Baswedan

Dalam forum dialog bersama Sekjen PBB dan pimpinan C40 Cities yang digelar secara daring, Jumat malam, 16 April 2021, Anies didapuk sebagai salah satu pembicara. Ia mengatakan pemerintah setiap kota memiliki tugas untuk menyediakan lingkungan tempat tinggal yang layak huni bagi warganya.

Hal ini termasuk dengan mengatasi dampak perubahan iklim dengan berupaya mengurangi emisi karbon yang dihasilkan oleh kota.

Baca selengkapnya di sini.

2. Rizal Ramli Ungkap Pengalaman Indonesia dengan IMF pada 1998

Tokoh nasional Rizal Ramli mengingatkan kembali sejarah kelam Indonesia saat berurusan dengan International Monetary Fund (IMF). Bukannya keluar dari krisis moneter tahun 1998, Indonesia malah terjerumus ke dalam krisis ekonomi hingga mematik kerusuhan di bidang politik dan keamanan.

Saat-saat paling buruk, kata Rizal, ketika IMF diundang ke Indonesia oleh Widjojo Nitisastro untuk mendikte pemerintah di era 1998.

Photo :
  • VIVAnews/Andry Daud

Rizal masih mengingat bahwa kala itu dia menjadi salah satu ekonom yang diundang pemerintah untuk bertemu dengan petinggi IMF di Jakarta. Alih-alih pemerintah berharap dukungan dari Rizal Ramli, mantan anggota Tim Panel Ekonomi PBB itu justru menentang keras kehadiran IMF.

Baca selengkapnya di sini.

3. THR PNS Bakal Cair H-10 Idul Fitri, Ini Harapan Pemerintah

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian memastikan bahwa saat ini upaya pencairan tunjangan hari raya (THR) bagi para pegawai negeri sipil (PNS), masih digodok oleh pihak Kementerian Keuangan.

"Pada Rakortas Menteri beberapa hari yang lalu, Ibu Menkeu (Sri Mulyani) juga sudah menyampaikan kepada Pak Menko (Airlangga) bahwa saat ini sedang proses penyelesaian aturan/dasar hukum pemberian THR tersebut," kata Sekretaris Kemenko Perekonomian, Susiwijono Moegiarso, saat dihubungi VIVA, Sabtu 17 April 2021.

Photo :
  • vstory

Dia mengatakan bahwa sebagaimana disampaikan oleh Menko Airlangga, dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi terutama di kuartal II-2021 untuk Lebaran kali ini, masyarakat harus tetap didorong untuk berbelanja Lebaran meskipun di tengah kebijakan peniadaan mudik.

Baca selengkapnya di sini.

4. Sudah Tinggalkan RI Sejak 2018, Bareskrim Tetap Buru Jozeph Paul Zhang

Badan Reserse Kriminal Polri (Bareskrim Polri) sudah bergerak mengusut kasus video viral pria mengaku nabi ke-26 bernama Jozeph Paul Zhang. Video viralnya yang diduga menista agama sedang didalami Kepolisian.

"Sedang didalami, lengkapi dokumen penyidikannya," kata Kabareskrim Mabes Polri Komjen Pol. Agus Andrianto dikutip Antara, Minggu, 18 April 2021.

Photo :
  • Youtube

Berdasarkan data perlintasan Imigrasi, Jozeph Paul Zhang telah meninggalkan Indonesia sejak Januari 2018. Penyidik Bareskrim Polri sejak awal telah menduga Jozeph Paul Zhang tidak berada di Indonesia.

Baca selengkapnya di sini.

5. Adiguna Sutowo Mertua Dian Sastro Meninggal Dunia

Mertua Dian Sastrowardoyo yaitu Adiguna Sutowo dikabarkan meninggal dunia. Pengusaha itu dikabarkan meninggal pagi tadi, Minggu, 18 April 2021.

"Innalillahi wa Innalillahi Rojiun... telah meninggal dunia dengan tenang, teman kita Adiguna Sutowo di RSPP, mohon maafkan dia, semoga diterima amal ibadahnya dan ditempatkan di sisi Allah SWT, Aamiin," demikian tulis pesan berantai yang dikutip VIVA.

Photo :
  • VIVAnews/Stella Maris

Kabar tersebut juga disampaikan oleh Head of Business Growth MRA Media, Iwet Ramadhan. Lewat media sosialnya, dia mengatakan, Adiguna Sutowo yang juga merupakan Founder MRA Group meninggal dunia pada pagi tadi pukul 04.04 WIB.

Baca selengkapnya di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya