Kedubes Saudi Surati Puan, Sabu di Vila hingga Garuda Jadi Zombie

Jemaah haji Indonesia ibadah Arbain di Masjid Nabawi pada 2019
Sumber :
  • MCH 2019/Darmawan

VIVA – Heboh berita terkait klarifikasi Kedutaan Besar (Kedubes) Arab Saudi kepada Puan Maharani soal kuota haji untuk Indonesia menjadi berita terpopuler dalam news and tranding VIVA.co.id sepanjang Jumat 4 Juni 2021.

Terpopuler: Philippe Troussier Mualaf, Timnas Portugal Keok dengan Cristiano Ronaldo

Dalam berita itu, Kedubes Arab Saudi mengklarifikasi secara resmi terkait penyataan tidak benar bahwa Indonesia tidak mendapatkan kuota haji tahun ini yang diucapkan Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco.

Kemudian, berita terkait 22 orang ditangkap Satres Narkoba Polres Metro Jakarta Utara di sebuah vila kawasan Cipanas Bogor Jawa Barat saat pesta narkoba jenis sabu berkedok family gathering juga menarik pembaca VIVA

Bubarkan Tawuran, 2 Polisi di Padang Malah Ditabrak Ambulans yang Sopirnya Positif Sabu

Lalu, berita terpopuler VIVA lainnya yaitu Juru Bicara UAH, Fahd Pahdepie yang mau melaporkan pihak yang membuat narasi fitnah terhadapnya Ustaz Adi Hidayat (UAH) soal donasi bantuan Palestina.

Dan tak kalah heboh adalah Polri beberkan alasan di balik mutasi Kombes Margiyanta dan peluang maskapai Garuda Indonesia menjadi perusahaan zombie karena besarnya utang banyak dibaca pembaca VIVAnian.

Terpopuler: Timnas Indonesia Bantai Vietnam, Kata Philippe Troussier

Berikut rincian dari berita-berita tersebut:

1. Kedubes Saudi Surati Puan Maharani Luruskan Kekeliruan soal Haji

Photo :
  • MCH 2019/Darmawan

Kedutaan Besar (Kedubes) Arab Saudi mengirimkan surat kepada Ketua DPR Puan Maharani terkait pernyataan Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad yang menyebutkan bahwa Arab Saudi tidak memberikan kuota jemaah haji untuk Indonesia. Kemudian juga mengenai pernyataan wakil ketua Komisi VIII Ace Hasan Syadzily yang menyebut ada 11 negara yang telah memperoleh kuota haji.

Duta Besar Pelayan Dua Kota Suci Untuk Republik Indonesia, Essam Bin Ahmed Abid Althaqafi menyebut bahwa apa yang disampaikan oleh DPR terkait kuota ibadah haji bukan merupakan pernyataan resmi Arab Saudi. Informasi yang disebutkan Ace dan Dasco kata dia merupakan informasi keliru.

Baca berita selengkapnya di sini

2. Berkedok Family Gathering, 22 Orang Ditangkap Saat Pesta Sabu

Photo :
  • VIVA/Andrew Tito

Puluhan orang ditangkap Satres Narkoba Polres Metro Jakarta Utara di sebuah vila kawasan Cipanas Bogor Jawa Barat. Sebanyak 22 orang diciduk saat melakukan pesta narkoba jenis sabu dengan berkedok family gathering. 

Lima bandar narkoba kelas besar yang menadah narkoba di Kampung Bahari Jakarta Utara ikut diringkus. Ketiga bandar tersebut berinisial HS, AR, MS, IR, dan AL. Mereka memiliki lapak jual beli narkoba di wilayah Bahari, Jakarta Utara.

Baca berita selengkapnya di sini

3. Fahd Pahdepie Beberkan Akun yang Fitnah UAH soal Donasi Palestina

Photo :
  • Youtube Adi Hidayat Official

Penceramah Ustaz Adi Hidayat (UAH) mau melaporkan pihak yang membuat narasi fitnah terhadapnya soal donasi bantuan Palestina. Juru Bicara UAH, Fahd Pahdepie mengatakan ada banyak akun media sosial yang membangun narasi provokatif usai acara simbolis penyerahan donasi ke Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Dia menyampaikan rencana UAH melaporkan ke polisi sebenarnya bukan niat lagi tapi tengah berproses. Kata Fahd, tim UAH sedang mengumpulkan materi-materi yang diperlukan untuk membuat laporan.

Baca berita selengkapnya di sini

4. Polri Beberkan Alasan Dibalik Mutasi Kombes Margiyanta

Photo :
  • VIVA / Vicky Fazri (Jakarta)

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigadir Jenderal Polisi Rusdi Hartono mengatakan Divisi Propam Polri masih menyelidiki dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh eks Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Aceh, Komisaris Besar Polisi Margiyanta dan eks Kapolres Aceh Tenggara, Ajun Komisaris Besar Polisi Eko Sulistyo.

"Kami masih melihat itu semua kesalahan-kesalahan tersebut," ucap dia kepada wartawan, Kamis 3 Juni 2021.

Baca berita selengkapnya di sini

5. Garuda Indonesia Berpotensi Jadi Perusahaan Zombie?

Photo :
  • Garuda Indonesia

Kinerja keuangan Garuda Indonesia sebagai sebuah perusahaan maskapai penerbangan, terbilang sangat babak belur jika dilihat dari segi besarnya jumlah utang yang mereka miliki.

Bahkan, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso, sempat mengungkapkan soal adanya fenomena 'debt overhang', yang bisa menyebabkan sebuah perusahaan menjadi zombie akibat penambahan jumlah utang yang justru menjadi kontra produktif terhadap pertumbuhan ekonomi.

Baca berita selengkapnya di sini
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya