Pesan UAS hingga Jawaban Sri Mulyani soal Pajak Sembako

Ustaz Abdul Somad dengan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Putra Nasution

VIVA – Sejumlah berita nasional hingga bisnis mengisi daftar terpopuler di kanal news VIVA.co.id sepanjang Kamis 10 Juni 2021. Yang cukup menyedot perhatian adalah berita terkait pesan Ustaz Abdul Somad (UAS) kepada Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi hingga berita soal kenaikan PPN dan pajak sembako yang akhirnya membuat Menkeu Sri Mulyani memberi penjelasan.

Zulhas Enggan Revisi Aturan Barang Bawaan dari Luar Negeri: Bayar Pajak Dong!

Pesan dari UAS itu disampaikan saat bersilaturahmi ke rumah dinas Gubernur Edy. Dai kondang itu punya pesan untuk Gubernur Edy agar bisa memimpin roda Pemerintah Provinsi Sumut dengan adil dan amanah. UAS mengingatkan bahwa jabatan itu sementara, tidak lama. "Namun, akan diminta (pertanggungjawaban) hisab di akhirat dengan cukup lama," ujar UAS.

Selanjutnya, berita tentang Habib Rizieq Shihab (HRS) yang membuka cerita pertemuannya dengan sejumlah pejabat dalam negeri saat masih berada di Arab Saudi juga menarik perhatian.

Terpopuler: Philippe Troussier Mualaf, Timnas Portugal Keok dengan Cristiano Ronaldo

Pada posisi ketiga berita yang paling hits adalah soal Kementerian BUMN yang membongkar biang kerok pemborosan di Garuda Indonesia. Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, salah satu penyebab kondisi Garuda saat ini adalah ketidakefisienan dan pemborosan dalam hal penyewaan pesawat yang ugal-ugalan pada masa lalu. 

Selanjutnya, berita tentang Presiden Jokowi langsung menelepon Kapolri soal sopir kontainer yang dipalak preman juga menyedot atensi. Lalu, komentar Menkeu Sri Mulyani tentang isu kenaikan pajak pertambahan nilai atau PPN dari 10 persen menjadi 12 persen dan pajak sembako termasuk informasi yang menarik pembaca. 

Heboh THR Kena Sunat Pajak, Begini Itung-itungan Detailnya

Berikut selengkapnya 5 berita terpopuler di kanal news VIVA.co.id yang dirangkum dalam Round Up

1. Pesan UAS ke Edy Rahmayadi: Jabatan Tak Lama, Pimpin Sumut yang Adil

Photo :
  • VIVA.co.id/Putra Nasution

Penceramah kondang, Ustaz Abdul Somad (UAS) bersilaturahmi dengan Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi di rumah dinas Gubernur di Kota Medan, Rabu sore, 9 Juni 2021. Ada pesan khusus yang disampaikan UAS kepada mantan Pangkostrad itu.

"Sumut kampung halaman saya (Sumut), saya lahir di sini. Saya besar di sini dan saya sekolah di sini. Setiap 4 bulan sekali saya kemari (Sumut). Jadi, setahun 3 kali," ujar UAS di rumah dinas Gubernur Sumut.

Dalam safari dakwahnya, UAS mengatakan melakukan silaturahmi dengan pimpinan pemerintah di Sumut, tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama. Kemudian, melakukan ceramah di sejumlah daerah provinsi.

Baca selengkapnya di sini

2. HRS Bongkar Isi Kesepakatan dengan Budi Gunawan Saat di Arab Saudi

Photo :
  • VIVA / Kenny Putra (Jakarta)

Eks Pentolan Front Pembela Islam Habib Rizieq Shihab melalui pembacaan nota pembelaan atau pledoinya atas tuntutan jaksa dalam kasus swab test RS UMMI Bogor, mengungkap, bahwa adanya pertemuan antara dirinya dengan sejumlah pejabat dalam negeri. Pertemuan tersebut dilakukan saat dirinya masih berada di Arab Saudi. 

Awalnya Rizieq menyebutkan, bahwa pada tahun pertamanya di Arab Saudi, ia sempat dihubungi Jenderal (Purn) Wiranto yang kala itu masih menjabat Menko Polhukam. Komunikasi itu terjadi pada akhir Mei 2017.

Baca selengkapnya di sini

3. Kementerian BUMN Bongkar Biang Kerok Pemborosan Garuda Indonesia

Photo :
  • Fikri Halim/VIVAnews.

Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga menegaskan, saat ini maskapai penerbangan Garuda Indonesia tidak memiliki pilihan lain selain langkah restrukturisasi guna menyelamatkan bisnis perusahaan pelat merah tersebut.

Arya bahkan menegaskan bahwa publik pun sudah tahu bahwa salah satu penyebab kondisi Garuda Indonesia seperti saat ini, adalah karena adanya ketidakefisienan dan pemborosan dalam hal penyewaan pesawat yang ugal-ugalan pada masa lalu.

Baca selengkapnya di sini

4. Sopir Kontainer Ngeluh Dipalak Preman, Jokowi Langsung Telepon Kapolri

Photo :
  • Biro Setpres

Presiden Joko Widodo usai memantau kegiatan pelaksanaan vaksinasi, langsung menggelar dialog dengan para pekerja yang sehari - hari berada di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. 

Presiden ketika mendapati keluhan, datang dari sopir kontainer yang merasa sering mendapat pungutan liar di pelabuhan, bahkan hingga di luar pelabuhan sering mengalami 'dipalak' oleh oknum.

"Pak Kapolri, pagi. Saya di Tanjung Priok, banyak keluhan dari dari para driver kontainer yang berkaitan dengan pungutan liar, pungli," kata Presiden saat menghubungi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo lewat sambungan telepon, Kamis 10 Juni 2021.

Baca selengkapnya di sini

5. Pajak Sembako Vs Relaksasi Pajak Otomotif, Sri Mulyani: Hoax Bagus

Photo :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir/wsj.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menilai bahwa pihak yang membenturkan adanya rencana pemajakan terhadap sembako dengan relaksasi pajak otomotif merupakan pembuat hoax yang sangat bagus.

Sri menegaskan bahwa pembenturan itu dapat dikatakan bentuk hoax. Pasalnya pada saat ini pemerintah memang fokus hanya untuk memberikan insentif perpajakan terhadap masyarakat, tidak untuk pengenaan pajak tambahan.

"Dibentur-benturkan seolah-olah PPnBM untuk mobil diberikan, sembako dipajaki. Itu kan memang teknik hoax yang bagus banget memang. Jadi kita perlu untuk menyeimbangkan," kata Sri Mulyani di ruang rapat Komisi XI DPR di Jakarta pada Kamis, 10 Juni 2021.

Baca selengkapnya di sini

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya