TGB Bela Jokowi, Bantuan Rp1 Juta dan Ratusan Balita Terjangkit Covid

Mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA – Beragam sajian berita, menjadi pusat perhatian pembaca news VIVA sepanjang Kamis kemarin 22 Juli 2021. Ada lima berita, yang ramai dicari dan mendapat perhatian khusus pembaca, hingga menjadi terpopuler.

Video Anak Kecil Mengendarai Sepeda Motor, Ada Risiko Hukumnya

Untuk berita terpopuler pertama, terkait dengan penjelasan mantan Gubernur NTB Tuan Guru Bajang atau M.Zainul Majdi, terkait dengan 'muazin' dalam cuitan akun media sosial Presiden Joko Widodo saat Idul Adha.

Masih mengenai 'muazin' yang sejumlah pihak menyalahkan cuitan Kepala Negara itu dengan alasan tidak ada azan saat Idul Adha, sehingga tidak ada muazin. Kali ini, yang memberi penjelasan adalah Majelis Ulama Indonesia (MUI). Ini bertengger sebagai berita terpopuler kedua.

Lindungi Kesehatan Pekerja, Kemnaker Ajak Perusahan Aktif Tanggulangi Tuberkolosis di Tempat Kerja

Terpopuler ketiga, adalah mengenai bantuan pemerintah terhadap pekerja yang terdampak PPKM Level 4. Yakni sebesar Rp1 juta. Namun ada syarat-syaratnya untuk mereka bisa memperoleh bantuan tersebut.

Deretan terpopuler keempat, adalah mengenai mereka yang terjangkit COVID-19. Bukan lagi orang dewasa atau anak-anak. Bahkan ada ratusan balita, yang ikut terpapar virus ini.

JK Sebut Golkar Partai Terbuka, Tak Masalah Jika Jokowi-Gibran Gabung

Sementara berita terpopuler kelima, adalah penegasan Menaker Ida Fauziah mengenai bantuan Rp1 juta untuk pekerja tersebut. Dia harap, tidak ada PHK setelah bantuan ini diberikan.

Kelima berita terpopuler tersebut, kami rangkum dalam Round-Up. Berikut lima berita terpopuler news VIVA sepanjang 22 Juli 2021:


1. TGB Bela Jokowi soal Muazin: Jangan Gampang Menyalahkan Orang

Photo :
  • VIVA/Satria Zulfikar

Mantan Gubernur NTB Muhammad Zainul Madji atau yang akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB), turut memberikan penjelasan perihal kata muazin yang telah diunggah oleh Presiden Joko Widodo saat Idul Adha 1442 Hijriah.

Lanjut membaca di sini.


2. Penjelasan MUI Soal Muazin yang Diunggah Jokowi di Medsos

Photo :
  • Dokumen BNPB

Majelis Ulama Indonesia atau MUI memberikan penjelasan terkait kata muazin yang dituliskan dilaman media sosial Presiden Jokowi dalam pelaksanaan salat Idul Adha 1442 Hijriah. 

Sekretaris Komisi Fatwa MUI, Asrorun Niam Sholeh mengatakan, bahwa muazin itu dari bahasa arab, isim fail dari fiil adzdzana yuadzdzinu. Artinya orang yang menyeru. 

Lanjutkan baca di sini


3. Syarat Pekerja Gaji di Bawah Rp3,5 Juta Dapat BSU Rp1 Juta

Photo :
  • Dokumentasi Kemnaker.

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah menyampaikan angin segar dari Pemerintah di tengah himpitan pandemi kepada para pekerja dan buruh. Khususnya yang terdampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat. 

Lengkapnya di sini.


4. Ratusan Balita di Bangka Terjangkit COVID-19

Photo :
  • ANTARA/Sumarwoto

Satuan Gugus Tugas (Satgas) COVID-19 Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatat angka terakhir sebaran kasus COVID-19 pada usia balita di daerah itu mencapai 225 anak.

Baca lengkapnya di sini.


5. Pekerja Bakal Dapat BSU, Menaker Ida Minta Perusahaan Jangan Ada PHK

Photo :
  • Dokumentasi Kemnaker.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah memastikan, Pemerintah akan memberikan Bantuan Subsidi Upah (BSU) bagi pekerja tahun ini. Bantuan ini diharapkan dapat mencegah terjadinya PHK sebagai akibat Pandemi COVID-19. 

Berita lengkapnya di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya