Nelangsa Pensiunan Polri Si Manusia Silver hingga Luhut vs Haris Azhar

Aipda (purn) Agus Dartono (61), terpaksa menjadi manusia silver
Sumber :
  • ANTARA/ HO-Humas Polda Jateng

VIVA – Seorang pria paruh baya bernama Agus Dartono mendadak menjadi viral di media sosial setelah terjaring razia Satpol PP saat mengemis dengan mencat sekujur tubuhnya dengan cat berwarna perak atau lebih dikenal dengan sebutan ‘manusia silver’.

Tim Saber Pungli Depok Beraksi, Amankan 4 Orang dari Terminal Depok

Lelaki berusia 61 kelahiran Kabupaten Batang itu belakangan diketahui merupakan pensiunan Polri dengan pangkat terakhir ajun inspektur polisi dua. Sebelum pensiun dia berdinas di Pos Lalu Lintas Tembalang, Semarang, Jawa Tengah.

Mengemis dengan menjadikan dirinya sebagai ‘manusia silver’ bukan merupakan pilihan terbaik. Dia menjalaninya karena memang telah terdesak kebutuhan ekonomi agar tetap dapat menafkahi keluarganya, bahkan meski risikinya diciduk oleh aparat Satpol PP.

Pembongkaran Pasar Kutabumi Diwarnai Kerusuhan, Sejumlah Orang Mengalami Luka-luka

Bagaimana latar belakang Agus Dartono selama sebagian besar hidupnya sebagai anggota Polri kemudian pensiun hingga akhirnya mengemis? Ulasan profilnya menjadi salah satu artikel terpopuler di VIVA sepanjang hari kemarin.

Simak ulasan singkat perjalanan hidupnya, di samping empat artikel pilihan lainnya yang juga banyak dibaca dan menarik perhatian publik, berikut ini:

Panglima TNI Putuskan untuk Mengubah Sebutan KKB Menjadi OPM

1. Jalan tol pakai bambu

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kembali melakukan inovasi dan terobosan baru dalam konstruksi jalan tol di Indonesia, salah satunya adalah penggunaan bahan bambu sebagai sistem matras jalan tol. Baca di sini.

2. Mantan polisi jadi manusia silver

Sosok Aipda Agus Dartono (61 tahun), purnawirawan Polri mendadak viral di media sosial lantaran dirinya terjaring razia Satpol PP lantaran mengemis dengan menjadi manusia silver. Berdasarkan riwayat yang didapat VIVA dari Polda Jawa Tengah, Agus lahir di Batang, Jawa Tengah, pada 10 Oktober 1960. Baca di sini.

3. Bayi dicat warna perak

Bayi berusia 10 bulan yang dicat warna perak alias manusia silver di kawasan Pamulang, Tangerang Selatan, ternyata bukanlah anak kandung perempuan yang ditangkap Satpol PP. Bayi itu merupakan anak seorang ibu muda berinisial NK, 21 tahun. Baca di sini.

4. Pesan Luhut untuk Haris Azhar dan Fatia

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta jangan jadikan hak asasi manusia dan kebebasan berekspresi sebagai alasan untuk memfitnah orang lain. Dia melaporkan Direktur Lokataru, Haris Azhar, dan Koordinator KontraS, Fatia Maulida, untuk membuktikan bahwa tudingan kedua orang itu tidak benar. Baca di sini.

5. Anggota KKB mantan prajurit TNI meninggal dunia

Anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang terlibat sejumlah teror berdarah di Dekai, Ibu kota Kabupaten Yahukimo, Senaf Soll alias Ananias Yaluka, meninggal di RS Bhayangkara, Jayapura, Papua, pada Minggu malam, 26 September 2021. Baca di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya