Nelangsa Pensiunan Polri Si Manusia Silver hingga Luhut vs Haris Azhar

Aipda (purn) Agus Dartono (61), terpaksa menjadi manusia silver
Aipda (purn) Agus Dartono (61), terpaksa menjadi manusia silver
Sumber :
  • ANTARA/ HO-Humas Polda Jateng

VIVA – Seorang pria paruh baya bernama Agus Dartono mendadak menjadi viral di media sosial setelah terjaring razia Satpol PP saat mengemis dengan mencat sekujur tubuhnya dengan cat berwarna perak atau lebih dikenal dengan sebutan ‘manusia silver’.

Lelaki berusia 61 kelahiran Kabupaten Batang itu belakangan diketahui merupakan pensiunan Polri dengan pangkat terakhir ajun inspektur polisi dua. Sebelum pensiun dia berdinas di Pos Lalu Lintas Tembalang, Semarang, Jawa Tengah.

Mengemis dengan menjadikan dirinya sebagai ‘manusia silver’ bukan merupakan pilihan terbaik. Dia menjalaninya karena memang telah terdesak kebutuhan ekonomi agar tetap dapat menafkahi keluarganya, bahkan meski risikinya diciduk oleh aparat Satpol PP.

Bagaimana latar belakang Agus Dartono selama sebagian besar hidupnya sebagai anggota Polri kemudian pensiun hingga akhirnya mengemis? Ulasan profilnya menjadi salah satu artikel terpopuler di VIVA sepanjang hari kemarin.

Simak ulasan singkat perjalanan hidupnya, di samping empat artikel pilihan lainnya yang juga banyak dibaca dan menarik perhatian publik, berikut ini:

1. Jalan tol pakai bambu

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kembali melakukan inovasi dan terobosan baru dalam konstruksi jalan tol di Indonesia, salah satunya adalah penggunaan bahan bambu sebagai sistem matras jalan tol. Baca di sini.