Mantu Luhut di Basis KKB, Risma Disindir Gubernur Gorontalo

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak di Posko Apter Intan Jaya Papua
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Papua jadi pusat perhatian publik se antero negeri lantaran adanya pembukaan pekan olahraga nasional (PON) yang dibuka langsung oleh Presiden Jokowi. Impian Papua jadi tuan rumah ajang olahraga besar se Indonesia itupun berwujud.

Perubahan Kebijakan dan Ketegasan Pemerintah Diperlukan untuk Tumpas OPM, Menurut Pengamat

Meski digelar saat pandemoi Covid-19, namun pelaksanaannya tetap sesuai protokol kesehatan dan semua yang hadir wajib vaksin. Selain berita soal PON, ada juga aksi Menteri Sosial Tri Rismaharini yang disindir oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie lantaran memarahi anak buahnya. Risma datang ke sana dalam kegiatan kunjungan kerja.

Selain dua berita tadi, ada juga berita menarik lainnya sepanjang Sabtu 2 Oktober 2021 yang disorot pembaca VIVA, di antaranya:

Dikompori Agar Debat Lawan Hotman Paris, Rocky Gerung: Cincin Beliau Lebih Berkilau dari Otaknya

1. Momen Mantu Luhut Mayjen Maruli Datangi Basis KKB Papua

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak melakukan kunjungan kerja ke Pos Aparat Teritorial (Apter) Kodim Persiapan Intan Jaya, Papua. Kehadirannya di sana untuk memberikan motivasi kepada anggotanya yang bertugas di Kodim Persiapan.

Danramil Aradide Korban Tewas Penembakan OPM Dimakamkan di Nabire

Kegiatan ini dilakukan mantu Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan itu untuk mengetahui kondisi anak buahnya. Perhatian nya pun juga diberikan kepada anak-anak Papua.

"Saya datang ke sini untuk memberikan motivasi agar selalu siap, waspada dan bersemangat atas kepercayaan yang diberikan oleh negara serta jangan lupa tetap jaga kesehatan," ucap Maruli dalam keterangan persnya, Sabtu 2 Oktober 2021. Baca selengkapnya di sini

2. BPN Bogor Akui Ada Tanah SHM Warga yang Diklaim Sentul City

Kantor Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Bogor mengakui ada data aduan yang masuk terkait lahan warga yang memiliki Setifikat Hak Milik (SHM) namun diklaim oleh PT Sentul City. Saat ini lahan tersebut sedang dicek lebih lanjut oleh BPN.

“(Banyak tanah warga yang diserobot oleh Sentul city melalui BPN?) Ada data data yang masuk. (Luasnya berapa dan berapa rumah?) Kalau luasan saya enggak tahu,” ujar Kepala Kantor ATR BPN Kabupaten Bogor Sepyo Achanto diwawancarai VIVA, dikutip Sabtu 2 Oktober 2021.

Dia menyatakan, untuk kasus rincinya bisa ditanyakan kepada Kepala Bidang Pertanahan Dinas Pemukiman Kawasan Perumahan dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor Eko Mujiarto. Menurutnya, memang ada kasus lain selain dengan Rocky Gerung. Selengkapnya di sini

3. BPN Jelaskan Status Lahan Sengketa Sentul City dan Rocky Gerung

Kantor Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dan Pemda Kabupaten Bogor akan memediasi sengketa lahan antara PT Sentul City dan pengamat politik Rocky Gerung yang berada di Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang.

Meski begitu, BPN menjelaskan secara singkat riwayat status lahan yang jadi sengketa antara Sentul City dan Rocky Gerung. 

Kepala Kantor ATR BPN Kabupaten Bogor, Sepyo Achanto menjelaskan, dari data yang dimiliki BPN, Sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) di lokasi Rocky Gerung merupakan milik PT Sentul City Tbk. Selengkapnya di sini

4. Risma Marahi Warga Gorontalo, Gubernur Rusli: Saya Tak Terima!

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengaku tersinggung dengan sikap Menteri Sosial Tri Rismaharini yang memarahi warganya saat melakukan kunjungan kerja di Gorontalo. Aksi Risma yang marah-marah dan menunjuk-nunjuk warga viral di media sosial.

Menurut Rusli, sikap Risma tidka patut dicontoh. Terlebih Risma merupakan seoarang ibu dan juga berpangkat menteri telah memberi contoh buruk bagaimana seorang pejabat negara bersikap.

“Saya saat melihat video itu sangat prihatin. Saya tidak memprediksi seorang ibu menteri, sosial lagi, memperlakukan seperti itu. Contoh yang tidak baik,” ucap Rusli di website Pemda Gorontalo yang dikutip VIVA, Sabtu 2 Oktober 2021. Selengkapnya di sini

5. Update COVID-19 Nasional 2 Oktober 2021: Sembuh Tambah 2.380 Pasien

Kurva penanganan kasus COVID-19 di Tanah Air hingga Sabtu, 2 Oktober 2021, memperlihatkan peningkatan. Jumlah kasus harian sembuh juga terus bertambah.

Data Satuan Tugas Penanganan COVID-19 mencatat, kasus harian sembuh per hari ini sebanyak 2.380 orang. Dengan demikian, total sementara pasien sembuh COVID-19 sejauh ini sudah mencapai 4.042.215 orang.

Sementara untuk jumlah kasus positif harian per hari ini tercatat sebanyak 1.414 orang, sehingga total secara keseluruhan menjadi 4.218.142 kasus. Selengkapnya di sini

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya