Brigjen Junior Dibela, Ayah Dituduh Perkosa Anak, Menteri Minta Maaf

VIVA Militer: Brigjen TNI Junior Tumilaar saat menjabat Irdam XIII/Merdeka
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Seorang perwira tinggi TNI, Brigjen TNI Junior Tumilaar, dicopot dari jabatannya sebagai Inspektur Komando Daerah Militer XIII/Merdeka gara-gara dia menyurati Kepala Polri untuk membela seorang Babinsa menyangkut sengketa lahan di Sulawesi Utara. Junior disebut melanggar hukum disiplin militer dan hukum pidana milter.

Dikompori Agar Debat Lawan Hotman Paris, Rocky Gerung: Cincin Beliau Lebih Berkilau dari Otaknya

Meski dianggap melanggar disiplin militer, tindakan Junior menuai pujian sebagian kalangan dan bahkan seorang anggota Komisi I DPR menyebutnya sebagai aksi atas dasar hati nurani. Junior diyakini telah mengetahui memahami risiko atas tindakannya setelah melihat ketidakadilan terhadap koleganya.

Benar atau salah langkah yang ditempuh Junior, begitu pula kasus sengketa lahan yang dinilai mencederai hak masyarakat, tetap perlu penyelidikan yang merupakan wewenang Pusat Polisi Militer TNI Angkatan Darat. Namun, kasus itu membuktikan satu hal bahwa masih ada tumpang tindih antara aparat TNI dan Polri dalam fungsinya melayani masyarakat.

Rocky Gerung Prediksi Megawati Berani Pilih jadi Oposisi: PDIP Selama Ini Terlalu Pragmatis

Polemik dan kehebohan berkaitan dengan tindakan Junior Tumilaar itu menjadi salah satu artikel terpopuler di VIVA sepanjang hari kemarin, sebagaimana telah dikompilasi oleh tim redaksi. Aksinya mengundang banyak simpati masyarakat karena dia dianggap berani membela kepentingan prajurit TNI bahkan di lapisan terbawah.

Selain itu, ada empat artikel lainnya yang menarik dan tak kalah heboh dibanding kasus Junior Tumilaar, di antaranya kelanjutan sengketa lahan antara Sentul City dengan Rocky Gerung, blakblakan ayah yang dituduh memerkosa tiga anaknya, Ibas putra SBY melontarkan kritik atas proyek Kereta Cepat, dan foto yang diklaim jalan tol di Indonesia padahal di Turki.

Cocok Buat Healing, 3 Curug Ini Terletak di Sentul City

Simak ulasannya dalam artikel-artikel berikut ini:

1. Brigjen TNI Junior dibela

Aksi Brigjen TNI Junior Tumilaar yang menyurati Kepala Polri dan membela salah seorang Babinsa atas kasus sengketa lahan di Sulawesi Utara membuatnya dicopot dari jabatannya sebagai Inspektur Komando Daerah Militer XIII/Merdeka. Seorang politikus PDIP yang juga anggota DPR membela aksi Junior dan menganggapnya sebagai tindakannya berdasarkan panggilan nurani. Baca di sini.

2. Sentul City vs Rocky Gerung

Presiden Komisaris PT Sentul City Tbk Basaria Panjaitan menyatakan bahwa perusahaannya berkomitmen untuk mengembangkan kawasan bisnis properti dengan konsep Green Living di kawasan Sentul City, sesuai dengan master plan yang telah disahkan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor. Dia menyebut visi Sentul City ternyata selaras dengan gagasan Rocky Gerung. Baca di sini.

3. Pengakuan ayah dituduh perkosa anak

Sufyan Arsyad tak habis pikir dengan sikap mantan istrinya yang melaporkannya kepada polisi dengan tuduhan keji, yakni memerkosa tiga buah hatinya. Pria yang berprofesi sebagai aparatur sipil negara di Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, itu terang-terangan membantah tudingan tersebut. Baca di sini.

4. Kritik Ibas terhadap proyek Kereta Cepat

Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas menyoroti membengkaknya biaya proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung dari Rp27,17 triliun menjadi 113,9 triliun. Kemudian muncul usulan agar ada aliran dana tambahan sebesar Rp4,1 triliun yang bersumber dari Penyertaan Modal Negara (PMN) 2022. Baca di sini.

5. Foto Tol Cisumdawu padahal jalan di Turki

Menteri Tjahjo Kumolo membuat heboh jagat media sosial setelah mengunggah foto yang tidak benar mengenai Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) di Provinsi Jawa Barat. Dia mengunggah foto sebuah jalan tol yang mulanya dia tulis Tol Cisumdawu di Jawa Barat tetapi belakangan diketahui bahwa itu sebuah jalan di Turki. Baca di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya