Bambu Sebagai Matras Tol Hingga RI Masuk 10 Besar Negara Pengutang

Tumpukan Bambu yang dipakai PUPR untuk membangun Jalan Tol.
Sumber :
  • instagram @kemenpupr

VIVA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kembali berinovasi dan melakukan terobosan baru dalam konstruksi jalan tol di Indonesia, melalui penggunaan bahan bambu sebagai sistem matras Jalan Tol Semarang-Demak. Bambu dijadikan sebagai bahan baku sistem matras jalan tol Semarang-Demak, yang sekaligus juga merupakan tanggul laut.

Rasio Utang Pemerintah 2025 Ditargetkan Naik Jadi 40 Persen, Kemenkeu Buka Suara

Inovasi dari Kementerian PUPR ini menjadi berita paling banyak dibaca di kanal News, Selasa 12 Oktober 2021. Adapula berita soal Indonesia masuk 10 besar negara dengan utang terbesar di dunia. 

Laporan Bank Dunia menyebutkan bahwa Indonesia masuk ke dalam jajaran peminjam atau Top 10 negara-negara berpendapatan rendah dan menengah yang memiliki utang terbesar pada periode 2019-2020, selain China. Dalam laporan ini, total stok utang eksternal RI tercatat sebanyak US$417,53 miliar pada 2020 naik dari 2019 sebesar US$402,10 miliar.

Ini Penyebab Aset PLN Nusantara Power Melesat Jadi Rp 350 Triliun

Simak 5 berita paling banyak dibaca di kanal News dirangkum dalam round-up, Selasa 12 Oktober 2021.

1. Menakar Kekuatan Bambu, Sang Penakluk Tanah Lunak Konstruksi Jalan Tol

Terpopuler: Beberapa Selebgram Ditangkap Polres Jaksel, hingga Daftar Harga Tiket Konser Sheila On 7

Tumpukan Bambu yang dipakai PUPR untuk membangun Jalan Tol.

Photo :
  • instagram @kemenpupr

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kembali berinovasi dan melakukan terobosan baru dalam konstruksi jalan tol di Indonesia, melalui penggunaan bahan bambu sebagai sistem matras Jalan Tol Semarang-Demak. Hal tersebut dilakukan karena konstruksi jalan tol Semarang-Demak itu sekaligus juga merupakan tanggul laut. Baca selengkapnya di sini. 

https://www.viva.co.id/berita/bisnis/1412840-menakar-kekuatan-bambu-sang-penakluk-tanah-lunak-konstruksi-jalan-tol?medium=terpopuler-widget

2. Indonesia Masih Masuk 10 Besar Negara dengan Utang Terbesar di Dunia

Gedung Bank Dunia.

Photo :
  • Simone D. McCourtie / World Bank

Bank Dunia mengumumkan data utang terbaru dalam International Debt Statistics (IDS) 2022 yang dipublikasikan hari ini, Senin, 11 Oktober 2021. Hasilnya, Indonesia masih masuk negara dengan utang jumbo. Baca selengkapnya di sini. 

3. Pengakuan Azis Syamsuddin: Hanya Punya Satu Orang Dalam di KPK

Azis Syamsuddin Resmi Ditahan KPK

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa mantan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin hari ini. Penyidik meminta penjelasan Azis terkait delapan orang dalam yang ada di KPK. Baca selengkapnya di sini. 

4. Pemasok Ganja di Kampus USU Ternyata Seorang Mahasiswi Asal Aceh

BNNP Sumut dan Pimpinan USU saat memberikan keterangan pers

Photo :
  • VIVA/Putra Nasution

Hasil penyelidikan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Utara pada kasus 'pesta narkoba' di Kampus Universitas Sumatera Utara (USU). Bahwa ganja yang dikonsumsi puluhan orang itu, dipasok oleh seorang mahasiswi berinsial DM (23). Baca selengkapnya di sini. 

5. Pria Terjun dari Atap Mal di Bekasi, Ternyata Punya Cicilan 2 Motor

Ilustrasi garis polisi.

Photo :
  • Pixabay

Seorang pria berinisial RA (42) tewas buntut nekat terjun bebas dari rooftop di salah satu mal di wilayah Pekayon, Bekasi Selatan. Usut punya usut, RA diduga sempat disatroni debt collector sebelum melakukan aksinya. Baca selengkapnya di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya