Kabar Kapolres Disuap, Kasus Satelit Kemhan hingga Geger Koper Hitam

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Sumber :
  • dok Polri

VIVA – Kabar tentang dugaan suap sebesar Rp300 juta dari istri bandar narkoba kepada beberapa anggota Polri di Polrestabes Medan, tengah menjadi perhatian publik.

Lion Air Buka Suara soal 2 Pegawainya Ditangkap Kasus Penyelundupan Narkoba

Informasi ini terkuak dalam persidangan kasus kepemilikan narkoba, di Pengadilan Negeri Medan. Uang itu diduga dibagi-bagikan ke Kasat Narkoba Polrestabes Medan hingga Kanit Narkoba Polrestabes Medan.

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo angkat bicara soal kabar tersebut. Listyo mengatakan, pihaknya selalu komitmen untuk menindak oknum anggota jika melakukan pelanggaran. Dia pun memastikan akan mengusut dugaan suap tersebut. 

Angka Kecelakaan Menurun Selama Mudik Lebaran, Kapolri dan Anak Buahnya Dapat Apresiasi

Berita tentang respons Kapolri terhadap dugaan suap di Polrestabes Medan itu menjadi berita terpopuler di kanal News VIVA, Minggu, 16 Januari 2022.

Selain itu, berita tentang kasus proyek satelit Kementerian Pertahanan pada 2015 juga menarik perhatian pembaca VIVA. 

2 Pegawai Lion Air Ditangkap Terlibat Penyelundupan Narkoba, Begini Modusnya

Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD menyebutkan, pemerintah akan melawan untuk menyelesaikan kasus pelanggaran prosedur yang mengakibatkan kerugian negara dalam proyek Satelit Kementerian Pertahanan pada tahun 2015. 

Tak hanya dua berita tersebut. Sejumlah berita lainnya juga menjadi berita terpopuler, kemarin. Berikut ini lima berita terpopuler di kanal News VIVA, Minggu, 16 Januari 2022 yang dirangkum dalam tulisan round up:

1. Jawaban Kapolri Ditanya Kabar Kapolres Terima Suap dari Bandar Narkoba

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo angkat bicara perihal kasus dugaan suap sebesar Rp300 juta dari istri bandar narkoba kepada sejumlah anggota polisi di Medan. Suap ini juga menyeret nama Kapolrestabes Medan, Komisaris Besar Polisi Riko Sunarko.  

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

Photo :
  • Istimewa

Listyo memastikan Korps Bhayangkara akan mengusut dugaan suap ini. Dia mengatakan, tidak akan pernah berubah dan selalu komitmen untuk menindak oknum anggota jika melakukan pelanggaran. Maka itu, ia menekankan sejumlah pejabat Polrestabes Medan itu akan jalani pemeriksaan. Baca berita selengkapnya di sini.

2. Soal Kasus Satelit Kemhan, Mahfud MD Sebut Pemerintah Akan Melawan

Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD menyebutkan, pemerintah akan melawan untuk menyelesaikan kasus pelanggaran prosedur yang mengakibatkan kerugian negara dalam proyek Satelit Kementerian Pertahanan pada tahun 2015.  

Mahfud menyebutkan, semula pemerintah berusaha menyelesaikan kasus tersebut secara baik-baik, namun sampai saat ini kasus itu tak kunjung selesai. 

Menko Polhukam Mahfud MD.

Photo :
  • VIVA.co.id/Irfan

"Pada akhirnya kita ambil keputusan karena kita sudah divonis, kita harus bayar dan kalau bayar berarti kita bodoh, karena dibodohi ya kan, akhirnya apa kita minta audit ke BPKP," kata Mahfud dalam sebuah dialog berjudul "Blak-blakan Mahfud MD Bongkar Mafia di Kemhan" Minggu, 16 Januari 2022. Baca berita selengkapnya di sini.

3. Prajurit TNI AD Tewas Dikeroyok di Penjaringan Jakut

Seorang prajurit TNI AD berinisial S (23), harus meregang nyawa akibat menjadi dikeroyok  sekelompok orang tak dikenal pada Minggu 16 Januari 2022. Peristiwa itu terjadi di Jalan Rusun Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara (Jakut). 

Dalam informasi yang beredar, sekelompok orang yang mengeroyok S membawa senjata tajam yang digunakan untuk mengeroyok korban. Sampai saat ini petugas kepolisian dari Polsek Metro Penjaringan masih melakukan penyelidikan mengenai kasus tersebut. Baca berita selengkapnya di sini.

4. Sindir Keras Habib Kribo, Fadli Zon: Janganlah Pertontonkan Kebodohan

Pernyataan Zen Assegaf alias Habib Kribo yang menyinggung Arab tidak memiliki budaya dan tak melahirkan intelek viral di media sosial. Habib Kribo menuai protes dan hujatan karena dianggap merendahkan orang Arab. 

Anggota DPR Fraksi Gerindra Fadli Zon ikut menanggapi ucapan Zen. Melalui cuitannya, ia setuju dengan bantahan sejarawan dalam suatu artikel terkait pernyataan si Habib Kribo. 

Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon

Photo :
  • VIVAnews/Lilis Khalis

VIVA mengkonfirmasi Fadli soal cuitannya. Dia pun mempersilakan untuk mengutipnya. Menurut Fadli, bicara Zen seperti asal menjeplak dan tak paham sejarah karena kurang membaca. Simak berita selengkapnya di sini.

5. Koper Hitam Bikin Geger Warga di Makassar, Ternyata Isinya Gamis

Tim Penjinak Bahan Peledak (Jihandak) Brimob Polda Sulawesi Selatan bertindak cepat dengan memasang perimeter di bagian utara Masjid Al Markaz Al-Islami, Jalan Sunu setelah warga setempat dikejutkan dengan adanya penemuan koper berwarna hitam. 

Kapolsek Bontoala Makassar Kompol Syamsuardi di Makassar, Minggu, mengatakan jika informasi mengenai adanya koper berwarna hitam yang ditinggalkan oleh seseorang dekat Masjid Al Markaz terjadi sekitar pukul 04.30 WITA. Simak berita selengkapnya di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya