Penjemputan Haris Azhar-Fatia hingga Jadwal ASN Pindah ke Kaltim

Masker silang yang dipakai Haris Azhar-Fatia Maulida di Polda Metro
Sumber :
  • VIVA / Foe Peace

VIVA – Selamat pagi VIVAnians. Kali ini VIVA akan merangkum berita terpopuler di kanal news sepanjang Selasa, 18 Januari 2022. 

Terpopuler: Timnas Indonesia Bekuk Australia, Rangking FIFA di Atas 8 Negara Eropa

Artikel tentang penjemputan Direktur Lokataru Haris Azhar dan Koordinator Kontras Fatia Maulidiyanti oleh polisi menjadi yang paling menyedot perhatian. Polisi mengatakan, penjemputan paksa kedua orang itu sudah sesuai prosedur.

Menurut polisi, alasan keduanya tidak hadir ke kantor polisi tidak wajar. Sehingga penjemputan sesuai dengan mekanisme Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP). Selanjutnya, artikel menarik lainnya adalah tentang 10 suku terbesar di dunia yang jarang diketahui. 

Terpopuler: Netizen Serang Wasit Nasrullo Kabirov, Ivar Jenner Sebut Qatar Badut

Tak kalah menarik, rencana pindah ke Ibu Kota baru di Kaltim dan jadwal pemindahan Aparatur Sipil Negara (ASN). Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) pun sudah disahkan menjadi Undang-Undang. Otomatis sejumlah ASN pemerintahan pusat di Jakarta pun bersiap untuk pindah ke Kaltim.

Selanjutnya, kabar tentang lima polisi di Medan dipecat karena penggelapan uang. Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak menjelaskan, pemecatan itu karena mereka diduga menggelapkan uang Rp1,5 miliar dari sebuah rumah yang dicurigai sebagai rumah bandar narkoba di Kota Medan.

Panglima TNI Geram Danramil Ditembak OPM, Iran Punya Hak Balas Dendam ke Israel

Berikut selengkapnya berita terpopuler di kanal news yang dirangkum VIVA dalam Round Up

1. Polisi: Penjemputan Haris Azhar dan Fatia Sesuai KUHAP

Direktur Lokataru Haris Azhar dan Koordinator KontraS Fatia Maulida.

Photo :
  • Istimewa/VIVA.co.id/Foe Peace Simbolon

Polisi berdalih penjemputan paksa Koordinator Kontras Fatia Maulidiyanti dan Direktur Lokataru, Haris Azhar, sudah sesuai prosedur. Sebab, keduanya disebut polisi sudah dua kali tak hadir pemanggilan.

Menurut polisi, alasan keduanya tidak hadir tidak wajar. Hal tersebut diungkap Ditektur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Auliansyah Lubis. Kata dia, hal tersebut sesuai dengan mekanisme Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana. 

"Untuk kepentingan penyidikan, saksi HA dan FA dua kali tidak hadir dengan alasan yang tidak patut dan wajar, dan sesuai mekanisme pada KUHAP," kata dia kepada wartawan, Selasa, 18 Januari 2022.

Baca selengkapnya di sini

2. 10 Suku Terbesar di Dunia yang Jarang Diketahui, No 9 dari Indonesia

Ilustrasi wayang jawa

Photo :
  • Pixabay/ lanlanee

Ternyata ada beberapa suku terbesar di dunia yang mungkin tidak banyak diketahui oleh orang-orang. Diketahui bahwa di dunia ada lebih dari lima ribu suku yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Setiap suku ini tentu saja mempunyai budaya dan tradisi yang unik untuk menambah keindahan di dunia. Perbedaan dari beberapa suku di dunia ini justru dianggap sebagai keberkahan yang wajib dihargai. 

Baca selengkapnya di sini

3. Simak Jadwal ASN yang Bakal Pindah ke Ibu Kota Baru di Kaltim

Desain Garuda untuk Istana Negara di Ibu Kota Negara Baru.

Photo :
  • Tangkapan kamera @suharsomonoarfa.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo akan memindahkan Ibu Kota Baru ke Penajam Panser Utara, Kalimantan Timur.  Dengan pindahnya Ibu Kota Baru, maka secara otimatis para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di wilayah Provinsi DKI Jakarta akan ikut pindah juga ke Kaltim.  Lalu, bagaimana strategi pada PNS di Jakarta dipindahkan ke Penajam Panser Utara tersebut.

Baca selengkapnya di sini

4. Lima Polisi di Medan Dipecat karena Penggelapan Uang dan Narkoba

Kepala Polda Sumatera Utara Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak

Photo :
  • VIVA/Putra Nasution

Kepala Polda Sumatera Utara Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak mengaku telah memecat lima personel Satuan Reserse Narkoba Kepolisian Resor Kota Besar Medan yang diduga menyalahgunakan wewenang dan narkotika. Kelima personel yang diberhentikan, antara lain Bripka Rikardo Siahaan, Iptu Toto Hartono, Aiptu Matredy Naibaho, Aiptu Dudi Efni, dan Aipda Marjuki Ritonga. Mereka diduga melakukan menggelapkan uang Rp1,5 miliar dari sebuah rumah yang awalnya dicurigai sebagai rumah bandar narkoba di Kota Medan.

Baca selengkapnya di sini

5. Haris Azhar dan Fatia Kontras Mau Dijemput Paksa Polisi

Direktur Lokataru Haris Azhar datangi Polda Metro Jaya.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Foe Simbolon

Ketua Advokasi Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI), M. Isnur, menyebut Koordinator Kontras Fatia Maulidiyanti mau dijemput paksa polisi, Selasa, 18 Januari 2022, pagi. Ada lima polisi yang mendatangi kediamannya. 

"Pagi ini, sekitar pukul 08.00 ada lima polisi datang ke tempat tinggal Fatia Maulidiyanti (Koordinator Kontras) mau jemput dan bawa ke Polda Metro Jaya. Alasan mau jemput paksa untuk pemeriksaan," kata dia kepada wartawan, Selasa 18 Januari 2022.

Baca selengkapnya di sini

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya