Biaya Pembangunan Tol Getaci hingga Aturan Tata Laksana Ibadah

Jalan Tol Getaci (Gede Bage-Tasik Malaya-Cilacap).
Sumber :
  • Instagram @pupr_bpjt

VIVA – Rencana pembangunan ruas jalan tol yang akan melintas di Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah akan menghabiskan dana investasi sebesar Rp58 triliun. Pembangunan tol ini akan dimulai di wilayah Gegebage, Tasikmalaya hingga Cilacap Jawa Tengah.

Kemenkumham Jatim Terapkan One Stop Service untuk Calon Jemaah Haji 2024, Apa Itu?

Berita mengenai pembangunan tol yang disebut dengan Getaci (Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap) ini menjadi berita yang terpopuler dan menarik pembaca VIVA.co.id.

Berita lainnya yang menjadi perhatian yakni mengenai hilangnya polisi wanita (polwan) cantik bernama Briptu Christy sejak tiga bulan lalu. Briptu Christy yang tercatat sebagai anggota Polres Manado ini terancam dipecat.

Menag Yaqut: Haji 2024 Jadi yang Terbaik Sepanjang Kepemimpinan Presiden Jokowi

Selain itu, ada juga berita penangkapan warga yang memukul petugas PLN di Bantul. Petugas PLN menjadi korban pemukulan usai mencopot meteran warga yang belum membayar tagihan listrik.

Selanjutnya ada berita terpopuler lainnya yang datang dari Maskapai Transnusa. Maskapai ini siap beroperasi kembali usai melakukan uji terbang pesawat Airbus.

Meriah, Puluhan Ribu Jemaah Saksikan Peragaan Batik dan Launching Senam Haji Indonesia

Terakhir ada berita mengenai Kementerian Agama (Kemenag) yang membuat aturan tata laksana ibadah agama pasca meningkatnya kasus Covid-19 varian Omircon di Indonesia.

Semua berita terpopuler sepanjang hari Minggu, 6 Februari 2022 akan dirangkum dalam round up:

1. Sambungkan Jabar dan Jateng, Tol Getaci Telan Dana Rp56 Triliun

Rencana pembangunan ruas jalan tol yang akan melintasi provinsi Jawa Barat  dan Jawa Tengah, menghabiskan dana investasi senilai Rp56 triliun. Jalan tol penghubung dua provinsi itu menjadi ruas tol terpanjang di Indonesia.

Adapun titik awal pembangunan infrastruktur jalan tol dimulai dari Gedebage junction Kabupaten Bandung. Melewati Majalaya, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Pangandaran, hingga Cilacap Jawa Tengah.

Untuk total panjang tol secara keseluruhan mencapai 206,65 kilometer (km). Pada Jawa barat tol sepanjang 169,09 km, dan Jawa Tengah 37,56 km. Dengan menghabiskan waktu konsesi selama 40 tahun.

Baca selengkapnya di sini

2. Polisi Cantik Briptu Christy yang Hilang 3 Bulan Terancam Dipecat

Polda Sulawesi Utara akhirnya buka suara mengenai hilangnya salah satu anggotanya seorang polisi wanita Brigadir satu (Briptu) Christy Triwahyuni Cantika Sugiarto. Kabar hilangnya Christy ini viral di media sosial karena sudah tidak ada kabar sejak November 2021.

Kepala Bidang Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast, mengutarakan fakta terkait hilangnya Briptu Christy.

“Terkait kabar di media sosial tersebut, bahwa faktanya yang bersangkutan, (dia) itu desersi,” ujar Jules kepada wartawan.

Baca selengkapnya di sini

3. Polisi Tangkap Warga Pemukul Petugas PLN Copot Meteran di Bantul

Kasus pemukulan terhadap petugas PLN dikabarakan kini telah ditangani polisi. Seorang warga yang sempat viral terlihat melakukan aksi pemukulan berhasil tertangkap dan dibawa ke Polres Bantul Yogyakarta.

Kasus tersebut diketahui akibat warga yang marah lantaran petugas PLN mencopot alat meteran listrik yang berada di rumah warga yang nunggak pembayaran listrik.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Yogyakarta, Ahmad Mustaqir mengatakan sebelum melakukan pemutusan meteran listrik di rumah warga tersebut, pihaknya sudah melakukan sosialisasi hingga berkali kali kepada warga yang bersangkutan untuk segera lunasi tagihan listrik. 

Baca selengkapnya di sini

4. Siap Beroperasi Kembali, Maskapai Transnusa Uji Terbang Pesawat Airbus

Maskapai penerbangan Transnusa, dengan pesawat Airbus A320 Neo PK-TLA nomor penerbangan 8B 532 telah melakukan uji operasional (proving flight), pada pekan ini. Hal itu dilakukan dari Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) berhasil mendarat di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA).

“Kesuksesan uji operasional ini merupakan tonggak dari proses re-sertifikasi operator penerbangan atau AOC sebelum Transnusa beroperasi kembali dengan armada pesawat dan sejumlah rute yang baru,” kata Direktur Utama Transnusa Bayu Sutanto dalam keterangan di Jakarta, Sabtu, 5 Februari 2022.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Maskapai Penerbangan Nasional (INACA) ini menjelaskan, uji operasional sukses mendarat di landas pacu 11 YIA setelah menjalani penerbangan selama 1 Jam 25 menit dari Bandara Soekarno-Hatta.

Baca selengkapnya di sini

5. Omicron Melonjak, Kemenag Buat Aturan Tata Laksana Ibadah Agama

Kementerian Agama menerbitkan kebijakan terkait pelaksanaan kegiatan peribadatan atau keagamaan di rumah ibadah. Hal ini menyikapi meningkatnya kasus COVID-19 varian Omicron di Tanah Air belakangan ini.

Regulasi tersebut tertuang dalam Surat Edaran Menteri Agama Nomor SE. 04 Tahun 2022 tentang Pelaksanaan Kegiatan Peribadatan/Keagamaan di Tempat Ibadah Pada Masa PPKM Level 3, Level 2, dan Level 1 COVID-19, Optimalisasi Posko Penanganan COVID-19 di Tingkat Desa dan Kelurahan, serta Penerapan Protokol Kesehatan 5M.

“Kami kembali terbitkan surat edaran dalam rangka mencegah dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19 yang saat ini mengalami peningkatan dengan munculnya varian Omicron," kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam keterangan resmi, Minggu, 6 Februari 2022.

Baca selengkapnya di sini

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya