Sultan HB X Sebut Nama Soeharto hingga Jenderal Polisi Palsu

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X.
Sumber :
  • VIVA/Cahyo Edi

VIVA – Polemik mengenai Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 2 tahun 2022 tentang Hari Penegakan Kedaulatan Negara yang ditandatangani Presiden Joko Widodo atau Jokowi masih menjadi pemberitaan yang paling banyak dibaca para pembaca VIVA.co.id kanal news. Kali ini viral video dari Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengkubowono X yang menyebut nama mantan Presiden Kedua RI Soeharto dalam Serangan Umum 1 Maret 1949.

Fakta-fakta Dua Helikopter AL Malaysia Tabrakan di Udara, 10 Orang Tewas

Ada juga pemberitaan mengenai kecelakaan di Tol Dupak Surabaya, Jawa Timur. Kecelakaan ini disebabkan oleh penumpang yang hendak merebut kendali sopir. Akibat kecelakaan ini, tiga orang meninggal dunia.

Berita selanjutnya yang menarik adalah tertangkapnya seseorang bernama Yusuf Daiman yang mengaku sebagai jenderal polisi berpangkat bintang tiga. Aksi yang dilakukan pelaku berhasil menipu seorang perempuan sebesar Rp1 miliar.

2 Helikopter AL Malaysia Tabrakan saat Latihan, Menhan Minta Video Kecelakaan Tak Disebarluaskan

Kemudian ada berita mengenai evakuasi jenazah karyawan PT Palapa Timur Telekomunikasi (PTT) yang menjadi korban penembakan Kelompok Separatis Teroris (KST) di Kabupaten Puncak, Papua.

Berita-berita terpopuler pada Minggu, 6 Maret 2022 selengkapnya di bawah ini dan sudah dirangkum dalam round up:

Suci Winata Istri Ke-4 Ari Sigit Melahirkan Cicit Soeharto

1. Penumpang yang Rebut Kemudi Bus hingga Celaka di Tol Juga Tewas

Kecelakaan maut yang melibatkan sebuah bus pariwisata dengan truk bermuatan bijih plastik terjadi di KM 4.100 Tol Dupak Surabaya, Jawa Timur, pada Sabtu, 5 Maret 2022.

Akibatnya, sopir dan kernet truk tewas di lokasi kejadian. Sempat dirawat di rumah sakit, seorang penumpang bus bernama Burniat juga meninggal dunia. Total korban meninggal dalam peristiwa ini tiga orang.

Kepala Satuan Patroli Jalan Raya Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Jawa Timur Ajun Komisaris Besar Polisi Dwi Sumrahadi menjelaskan, peristiwa maut itu terjadi sekira pukul 11.45 WIB.

Berita selengkapnya di sini

2. Beredar Video Sultan HB X Sebut Nama Soeharto Terkait SU 1 Maret 1949

Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Hari Penegakan Kedaulatan Negara yang ditandatangani Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 24 Februari 2022 terus menuai kontra dari publik.

Keppres tersebut menjadi kontroversi lantaran mencantumkan Soekarno-Hatta sebagai penggerak Serangan Umum (SU) 1 Maret 1949.

Padahal, sejak 19 Desember 1948, Soekarno-Hatta ditangkap Belanda dan diasingkan. Barulah pada  6 Juli 1949, Soekarno-Hatta yang ditangkap Belanda tersebut kembali ke Yogyakarta.

Masih mengenai itu, kini, beredar pidato Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengkubuwana (HB) X terkait sejarah Serangan Umum 1 Maret 1949. 

Simak berita lengkapnya di sini

3. Jenderal Polisi Palsu yang Tipu Rp1 Miliar Diusut Adik Andika Perkasa

Reskrim Polsek Duren Sawit Jakarta Timur menangkap seorang Jenderal gadungan berpangkat bintang tiga yang bernama Yusuf Daiman (58), Sabtu 5 Maret 2022.

Penangkapan pelaku Jenderal gadungan tersebut hasil polisi menindaklanjuti laporan adanya penipuan hingga merugikan korban sebesar Rp1 miliar.

Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Budi Sartono mengatakan, pihaknya memastikan pelaku yang tertangkap tersebut adalah seorang Jenderal gadungan.

Selanjutnya lihat di sini

4. Evakuasi Jenazah Karyawan PTT Korban KST Papua Dilanjutkan Senin

Evakuasi terhadap delapan jenazah karyawan PT Palapa Timur Telematika (PTT) yang ditembak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) atau Kelompok Separatis Teroris (KST) di Kabupaten Puncak direncanakan akan dilakukan pada Senin, 7 Maret 2022.

Demikian disampaikan Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri. Ia mengatakan, jenazah karyawan PTT belum bisa dievakuasi karena masih menunggu 17 warga dari Beoga yang akan membantu proses evakuasi tiba di lokasi kejadian yang berada di perbatasan Kabupaten Puncak dengan Kabupaten Intan Jaya. Lokasi kejadian memang sulit dijangkau.

“Ke-17 Warga dari Beoga itu merupakan bantuan dari Bupati Puncak yang akan berjalan kaki selama dua hari hingga ke TKP yang merupakan camp PT. PTT,” ucap Kapolda Mathius Fakiri.

Baca selengkapnya di sini

5. Trik Yusuf Daiman Ngaku Jenderal Polisi dan Nipu Cewek Rp1 Miliar

Polsek Duren Sawit Jakarta Timur menangkap seorang pria yang melakukan penyamaran sebagai polisi berpangkat Komisaris Jenderal atau bintang tiga untuk melancarkan aksi penipuan, Sabtu 5 Maret 2022.

Pelaku diketahui bernama Yusuf Daiman (58) ditangkap setelah diduga menipu seorang perempuan inisial I (34) hingga mengalami kerugian Rp1 miliar.

Kapolsek Duren Sawit, Kompol Suyud mengatakan, saat pihaknya mengamankan Jenderal gadungan tersebut, pelaku tidak menunjukan KTA tanda dirinya adalah seorang Jenderal.

Cek berita lengkapnya di sini

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya