Petani Sawit Hancur Lebur, Kaesang Tertawai Bobby, Netizen Cari Giring

Petani kelapa sawit memanen tandan buah kelapa sawit saat banjir di Kabupaten Kampar, Riau (Fotoi ilustrasi).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hadly V

VIVA – Halo VIVAnians, sejumlah berita menarik dan populer sepanjang hari Selasa, 26 April menghiasi kanal news VIVA.co.id. Berita terpopuler pertama yakni tanggapan Ketua Umum DPP Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Gulat ME Manurung soal keputusan Presiden Joko Widodo yang melarang ekpsor minyak goreng sawit atau MGS

Kemudian ada juga berita Food Estate yang dicanangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang disebut gagal. Selanjutnya ada kelakuan anak Presiden Jokowi Kaesang Pangarep yang menertawai kakak iparnya, sekaligus Wali Kota Medan Bobby Nasution yang diancam akan dipatahkan lehernya.

Anak Buah Bobby Nasution Ditunjuk Jadi Pj Bupati Deli Serdang

Lalu ada pengakuan pria yang mengancam Bobby Nasution yang tak tahu bahwa Bobby yang ia ancam dipatahkan lehernya adalah Wali Kota. Terakhir ada berita suara-suara netizen yang mencari Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha usai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendampingi Jokowi melihat sirkuit Formula E.

Berikut lima berita terpopuler yang sudah dirangkum dalam round up:

Luhut Ungkap Rencana China Tanam Ratusan Hektare Padi di Kalimantan

1. CPO Ternyata Boleh Diekspor, Petani Sawit: Kami Terlanjur Hancur Lebur

Keputusan Presiden Joko Widodo yang melarang ekpsor minyak goreng sawit atau MGS dinilai menandakan situasi di Indonesia sudah genting. Apalagi keputusan itu dibuat dalam rapat koordinasi terbatas dua menko dan digelar akhir pekan.

Bobby Nasution akan Jalin Komunikasi dengan NasDem dan PKB untuk Pilgub Sumut

Menanggapi hal tersebut Ketua Umum DPP Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Gulat ME Manurung mengatakan, sebenarnya Petani sangat memahami maksud Presiden Jokowi tersebut, yaitu untuk kepentingan masyarakat Indonesia. Namun kebijakan itu harusnya cepat diantisipasi para menteri terkait, melalui otoritas masing-masing kementerian.

"Kejadian seperti saat tidak perlu terjadi, jika Kementerian terkait langsung mengantisipasi, sebab sawit itu tidak sama dengan kasus batu bara atau nikel. Harga TBS (tandan buah segar) itu harian, kami petani sawit terlanjur hancur-lebur," ujar Gulat dikutip dari keterangannya, Selasa, 26 April 2022. 

Baca selengkapnya di sini

2. Food Estate Jokowi di NTT Gagal Total, Ini Faktanya

Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, Gela Lay Rade memberikan klarifikasi terkait pemberitaan yang menyebutkan bahwa program food estate jagung di Belu yang dicanangkan Presiden Jokowi gagal total.

Gela mengatakan faktanya, dari luas 53 hektar food estate Rotiklot saat kunjungan terdapat 37 hektar pertanaman belum panen. Di mana sisanya seluas 16 hektar sudah diolah lahan dan siap sarana dan prasarana produksinya.

“Jadi perlu dipahami bersama, seluas 16 hektar memang belum ditanam karena air belum tersedia dari sprinkle. Perlu diketahui pengoperasian sprinkle butuh biaya Rp2,5 juta per hari, sehingga perlu dilakukan pertanaman dengan pola irigasi kocor selang. Kalau menunggu tanam nanti saat musim hujan masih agak lama yaitu Oktober-Desember baru ada hujan,” ujar Gela dalam keterangan, Senin 25 April 2022.

Baca selengkapnya di sini

3. Bobby Nasution Diancam Lehernya Dipatahkan, Kaesang Malah Tertawa

Kaesang Pangarep menertawakan abang iparnya, Muhammad Bobby Afif Nasution yang merupakan Wali Kota Medan, lantaran diancam mau dipatahkan lehernya oleh seorang pengemudi mobil berinsial RP (27).

Putra bungsu dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini menertawakan Bobby Nasution lantaran memosting sebuah video yang tengah viral di media sosial, yakni RP menolak bayar parkir secara nontunai kepada petugas e-parking.

"Pelaku diamankan bukan karena mengancam diri saya, melainkan karena yang bersangkutan diduga telah melukai petugas parkir. Kemudian atas apa yang dialami oleh jukir, dia berinisiatif sendiri membuat laporan polisi. Selanjutnya masalah ini sudah diproses oleh pihak kepolisian," tulis @bobbynst dikutip VIVA, Senin malam, 25 April 2022.

Baca selengkapnya di sini

4. Pria Ancam Patahkan Leher Pikir Bobby yang Dimaksud Adalah Preman

Pengemudi mobil, RP (27) yang ancam patahkan leher Bobby Nasution mengaku tidak tahu bahwa yang nama disebutkan petugas e-parking itu adalah Wali Kota Medan. Dia mengira Bobby yang dimaksud petugas e-parking adalah seorang preman yang mengawasi lokasi parkir tersebut.

Hal itu diungkapkan oleh RP dalam jumpa pers di Mako Polrestabes Medan, Senin sore 24 April 2022. Pria berkacamata itu juga langsung meminta maaf kepada Bobby Nasution disaksikan Kapolda Sumut, Irjen Pol. RZ Panca Putra Simanjuntak.

"Saya merasa bersalah, karena saya tidak tahu namanya pak Bobby. Dalam benak saya pak Bobby, saya kira preman," kata RP dengan nada sedih.

Baca selengkapnya di sini

5. Anies Dampingi Jokowi Lihat Sirkuit Formula E, Netizen: Kemana Giring

 Presiden Jokowi menyempatkan diri melihat pembangunan sirkuit Formula E yang berada di kawasan Ancol, Jakarta Utara pada Senin siang, 25 April 2022. Pada kesempatan ini, Jokowi didampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Anies bahkan sempat sopiri Jokowi menggunakan mobil golf atau buggy car. Tak hanya Anies, Jokowi disambut oleh Kapolda Metro Jaya dan Pangdam Jaya di lokasi tersebut.

Baik Jokowi maupun Anies sama-sama memposting agenda keliling sirkuit Formula E tersebut di akun Instagram resminya masing-masing. Banyak komentar dari netizen, mulai dari bangganya punya lokasi Formula E hingga yang menjadi perhatian yakni menyindir Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha.

Baca selengkapnya di sini

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya