Shinzo Abe Ditembak, Mas Bechi Serahkan Diri, Muhammadiyah Idul Adha

Mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, tertembak di dada saat pidato di Nara, Jepang.
Sumber :
  • NHK Jepang

VIVA Round Up – Selamat akhir pekan VIVAnians. Mengawali akhir pekan VIVA.co.id akan menyajikan lima berita terpopuler kanal news pada Jumat, 8 Juli kemarin. Beberapa berita terpopuler tersebut menarik para pembaca. Pertama mengenai tertembaknya mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe. Ia ditembak di sebuah acara di Kota Nara saat sedang berpidato.

Kemudian ada juga mengenai detik-detik anak Kiai Jombang, Moch Subchi Azal Tsani atau Mas Bechi yang menyerahkan diri usai dikepung ratusan polisi. Mas Bechi diburu lantaran menjadi buronan kasus pencabulan.

Drama Saipul Jamil dan Ivan Gunawan: Maaf Diterima, Netizen Tetap Geram

Selanjutnya ada berita mengenai Muhammadiyah yang akan merayakan hari raya Idul Adha pada hari ini, Sabtu, 9 Juli 2022. Dengan begitu, ada sejumlah wilayah yang akan melaksanakan salat Idul Adha.

Berikut beberapa berita terpopuler VIVA.co.id kanal news yang sudah dirangkum dalam round up. Selamat membaca !!!

Viral Candaan dengan Igun, Saipul Jamil: Kalau Mau Jaga Perasaan Korban Jangan Diungkit Lagi

1. Penampakan 2 Anggota Paspampres Jepang Hantam Penembak Shinzo Abe

Mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe pingsan setelah ditembak di sebuah acara di Kota Nara saat dia sedang berpidato.

Kasus Pelecehannya Jadi Bahan Candaan, Saipul Jamil: Siapa yang Bangga dengan Kejahatan?

Abe ditembak dari belakang dan langsung pingsan di tengah pidatonya di salah satu jalanan di Nara. Abe kemudian terjatuh dan tampak memegangi dadanya yang berlumuran darah, menurut laporan penyiar media televisi NHK.

Menurut orang-orang yang menyaksikan pidato Abe, ada suara tembakan dua kali. Setelah itu tampak asap mengepul dari belakang Abe dan mantan PM itu kolaps. Tak lama setelah penembakan itu, penyerangnya ditahan oleh pihak kepolisian setempat. Dua petugas pengamanan semacam paspampres tampak melumpuhkan penembak dengan tangan kosong. Dua petugas tersebut mengenakan jas lengkap namun tak menggunakan senjata saat melumpuhkan pria bersenjata yang belakangan disebut bernama Tetsuya.

Baca selengkapnya di sini

2. Detik-detik Mas Bechi Menyerahkan Diri ke Polisi

Moch Subchi Azal Tsani atau Mas Bechi akhirnya menyerahkan diri pada Kamis malam, 7 Juli 2022. Tindakan itu setelah sejak pagi ratusan personel Polda Jatim dan Polres Jombang mencarinya di lingkungan Pesantren Shiddiqiyah, Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang.

Buronan kasus pencabulan itu pun dibawa ke Polda Jatim. Proses pencarian tersangka dilakukan aparat kepolisian sejak pagi sekira pukul 08.00 WIB.

Ketegangan sempat terjadi setelah jemaah pengikut Kiai MM, ayah dari Mas Bechi mengadang dan menghalang-halangi petugas melakukan pencarian. Polisi juga bernegosiasi dengan Kiai MM namun tak kunjung berhasil membawa Mas Bechi. Mas Bechi akhirnya menyerahkan diri sekira pukul 23.00 WIB.

Baca selengkapnya di sini

3. Saat Emak-emak Jemaah Pesantren Ikut Adang Polisi Cari Mas Bechi

Upaya pencarian dan penangkapan tersangka pencabulan, Moch Subchi Azal Tsani atau Mas Bechi di Pesantren Shiddiqiyah, Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang, Jawa Timur diwarnai ketegangan pada Kamis, 7 Juli 2022.

 Aparat Kepolisian Daerah Jawa Timur dan Kepolisian Resor Jombang diadang oleh Jemaah yang terdiri dari laki-laki dewasa, remaja, hingga emak-emak. Santri pesantren asuhan Kiai MM itu mengadang laiknya tameng.

Aparat mulai mendatangi pesantren sejak Kamis pagi. Ratusan personel Dalmas dan Brimob diterjunkan. Gang jalan menuju pesantren ditutup. Menurut penuturan Kepala Bidang Humas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto, pesantren berdiri di area seluas sekira lima hektare. Lingkungan pesantren dikelilingi pagar tembok. Ada pintu besi berwarna putih di pintu utama masuk.

Baca selengkapnya di sini

4. Ditembak di Dada, Begini Kondisi Terakhir Shinzo Abe

Mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, mengalami gagal jantung setelah tampaknya ditembak selama pidato kampanye, pada Jumat 8 Juli 2022, di Jepang barat.

Dalam foto yang dibagikan oleh AP, Jumat 8 Juli 2022, terlihat Abe yang tergeletak dengan luka tembak di dadanya.

Penyiar NHK menayangkan rekaman yang menunjukkan Abe pingsan di jalan, dengan beberapa penjaga keamanan berlari ke arahnya. Abe memegangi dadanya ketika dia pingsan, dengan bajunya berlumuran darah dan dilarikan ke rumah sakit.

Baca selengkapnya di sini

5. Muhammadiyah Idul Adha Sabtu Besok, Cek Lokasi Salat di Jadetabek

Organisasi Muhammadiyah, jauh hari telah memutuskan bahwa 10 Zulhijah 1443 H atau pelaksanaan Salat Idul Adha, digelar pada 9 Juli 2022. Berbeda dengan yang diputuskan pemerintah melalui Kementerian Agama beberapa waktu lalu, yang memutuskan 10 Juli 2022.

Dihimpun dari laman resmi Muhammadiyah, muhammadiyah.or.id beberapa lokasi Salat Idul Adha di wilayah Jakarta, Depok, Bekasi dan Tangerang, telah disiapkan:

Baca selengkapnya di sini

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya