CCTV Pengawal Irjen Sambo, Ahok Vs Kamaruddin, Jasad Brigadir J Utuh

Irjen Pol Ferdy Sambo
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Round Up– Pemberitaan mengenai penembakan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J masih menjadi perhatian VIVAnians sepanjang Rabu 27 Juli 2022. Yang menariknya, satu persatu mengenai misteri penembakan Brigadir J ini mulai terkuak dengan diperiksanya sejumlah CCTV di sekitar rumah Kadiv Propam nonaktif Irjen Ferdy Sambo di kawasan Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan.

Tersangka Penembakan di Bandara Kuala Lumpur Coba Kabur dari Malaysia dengan Identitas Palsu

Selain soal CCTV, ada pula proses autopsi ulang jenazah Brigadir J yang dilakukan tim forensik di rumah sakit Jambi pada Rabu pagi. Bukan hanya ahli forensik, perwakilan keluarga juga turut menyaksikan autopsi ulang ini. Hal tersebut dilakukan demi memenuhi hak-hak keluarga yang menganggap meninggalnya Brigadir J penuh kejanggalan.

Kadiv Propam Polri, Inspektur Jenderal Polisi Ferdy Sambo

Photo :
  • Istimewa
Seorang Pendeta Ditikam saat Sedang Pimpin Upacara Ibadah di Sebuah Gereja

Dua berita tadi menjadi bagian informasi yang paling banyak dibaca di kanal News. Berikut lima berita yang turut menjadi perhatian VIVAnians, di antaranya:

1. CCTV Rekam Pengawal Irjen Ferdy Sambo Lagi Mundurin Motor Pakai Kaki

2 Tersangka Penembakan di Rumah Aktor Salman Khan Ditangkap Polisi

Irjen Ferdy Sambo dan Brigadir Yosua

Photo :
  • tvOne

Berdasarkan informasi dari sumber, ada CCTV yang merekam petugas pengawal Sambo naik motor sempat melintas di depan rumahnya yang menjadi TKP baku tembak antara Brigadir J dengan Bharada E pada Jumat, 8 Juli 2022.

Saat itu, Sambo berangkat dari tempat tinggalnya di Jalan Saguling, Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan mau pergi main badminton bersama mantan Kapolri Jenderal (Purn) Idham Azis. Selain Sambo, Idham juga mengundang Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Pejabat Utama Mabes Polri main bulu tangkis dalam rangka HUT ke-76 Bhayangkara.

Pasti, kata sumber, Sambo selalu melintasi rumahnya yang jadi TKP baku tembak kalau mau bepergian dari Jalan Saguling. Begitu lewat rumah yang jadi TKP baku tembak, Sambo ditelepon istri yang teriak tolong. Akhirnya, Sambo meminta supir untuk berhenti dan mundur kembali ke rumah yang disinggahi istrinya itu, atau TKP baku tembak. 

Lalu, sumber menyebut dari rekaman CCTV itu terlihat petugas pengawal Ferdy Sambo yang mengendarai sepeda motor ikut berhenti. Melihat mobil yang ditumpangi pimpinannya itu mundur, petugas pengawal Sambo juga mundur dengan cara mendorong motornya pakai kaki. "Yang terekam itu pengawalnya aja yang naik motor di CCTV sekitar TKP. Pengawalnya itu dorong motor pakai kaki mundur, bukan balik kanan muter ke rumah yang jadi TKP baku tembak," katanya.

Selengkapnya di sini

2. Susno Duadji: Autopsi Ulang Akan Ubah Alur Cerita Kematian Brigadir J

Mantan Kabareskrim, Komjen (Purn) Susno Duadji.

Photo :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

Mantan Kabareskrim Polri Komjen Pol (purn) Susno Duadji menilai proses ekshumasi atau penggalian kembali jenazah yang telah dikuburkan dan autopsi ulang Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J menjadi sangat penting mengungkap polemik penyebab kematian Brigadir J. 

Menurut Susno, proses ekshumasi dan autopsi sekaligus visum yang dilakukan pagi ini di RSUD Sungai Bahar, Jambi, akan menentukan jalan cerita dari kasus kematian Brigadir J yang awalnya disebut tewas karena tembak-menembak di rumah Kadiv Propam Polri nonaktif Irjen Ferdy Sambo. 

"Ini akan menentukan apakah jalan ceritanya atau kasusnya berubah atau tetap. Kan kasusnya ini adalah kasus tembak-menembak. Kemudian apakah menjadi kasus penganiayaan? Apakah kasus pelecehan seksual? Jadi akan berubah, tergantung hasil pemeriksaan," kata Susno dalam perbincangan di tvOne, Selasa malam, 27 Juli 2022. Selengkapnya di sini

3. Jenazah Brigadir J Diangkat dari Makam, Keluarga: Jasadnya Masih Utuh

Peti jenazah Brigadir J selesai diangkat dari makam untuk dilakukan autopsi

Photo :
  • FB Rohani Simanjuntak

Proses ekshumasi atau penggalian kembali makam jenazah Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J selesai dilakukan. Proses penggalian makam dimulai pada Rabu, 27 Juli 2022, pukul 07.30 Wib dihadiri tim forensik, pihak pengacara keluarga korban dan disaksikan keluarga Brigadir J, tentunya pengawalan ketat aparat Kepolisian.  

Dari siaran langsung yang diunggah keluarga korban, proses penggalian makam berlangsung sekitar 1 jam. Tim penggali dengan hati-hati menggali makam Brigadir J yang berlokasi di tempat pemakaman umum di Desa Sukamakmur, RT 8, Simpang Unit 1, Sungai Bahar, Kabupaten Muaro Jambi. Selengkapnya di sini

4. Kamaruddin Tak Mau Minta Maaf, Begini Reaksi Ahok

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Photo :
  • vstory

Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok buka suara usai tidak adanya permohonan maaf dari pengacara keluarga Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias J, Kamaruddin Simanjuntak.

Sebelumnya, pihak Ahok berencana melaporkan Kamaruddin atas ucapannya yang menyinggung hubungan antara Ahok dengan sang istri, Puput Nastiti Devi saat tengah membahas motif dibalik pembunuhan Brigadir J. Ucapan Kamaruddin ini dinilai mencemarkan nama baik keluarga Ahok. 

"Terkait (rencana) laporan polisi beliau menyampaikan akan diputuskan minggu depan untuk jadi buat laporan polisi atau tidak," ujar Kuasa hukum Ahok, Achmad Ramzy saat dihubungi, Rabu, 27 Juli 2022.

Selengkapnya di sini

5. Mahfud Md Sebut Ada Perintah Jokowi dalam Penanganan Kasus Brigadir J

Menko Polhukam Mahfud MD.

Photo :
  • Instagram @mohmahfudmd

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud Md angkat bicara mengenai penanganan kasus Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, yang disebut tewas dalam baku tembak dengan sesama polisi di rumah Kepala Divis Profesi dan Pengamanan Polri Irjen Pol Ferdy Sambo. 

Mahfud menyebut kasus itu menjadi perhatian khusus Presiden Joko Widodo dan Kepala Negara telah memberikan perintah agar kasus itu ditangani secara profesional dan transparan. Mahfud juga menegaskan agar kebenaran kasus Brigadir J bisa diungkap. Selengkapnya di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya