Razia Moge, 'Operasi Superman 2024' hingga Kritik Isu Kompor Listrik

Dokumen operasi Superman 2024
Dokumen operasi Superman 2024
Sumber :
  • istimewa

VIVA Round Up – Polrestabes Makassar melakukan razia motor gede (moge). Usai razia, Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polrestabes Makassar Ajun Komisaris Besar Polisi Zulanda menegaskan, pihaknya akan menindak tegas para pemilik moge yang tidak mendaftarkan kendaraannya ke Samsat.

Hal itu dia sampaikan setelah menduga beberapa moge yang terjaring razia belum terdaftar. Dalam video yang beredar, Zulanda memberikan waktu 7 hari kepada para pemilik moge untuk mendaftarkan kendaraannya.

Namun, tak berselang lama, Zulanda malah memohon maaf kepada para pemilik moge. Dia mengaku khilaf lantaran tidak tahu jika moge yang terkena razia sudah terdaftar di Samsat Makassar.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polrestabes Makassar AKBP Zulanda

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polrestabes Makassar AKBP Zulanda

Photo :
  • TikTok: henky_chan_story

Berita tentang Zulanda tersebut menjadi berita terpopuler di kanal News VIVA, Kamis, 22 September 2022.

Selain itu, kabar tentang Bupati Purwakarta Anne Ratna juga menarik perhatian pembaca VIVA.
Anne menggugat cerai suaminya, politikus dan anggota DPR dari Fraksi Golkar, Dedi Mulyadi. 

Gugatan itu terdaftar di Pengadilan Agama (PA) Purwakarta. Sidang pertama dijadwalkan pada Rabu, 5 Oktober 2022.

Tak hanya dua berita tersebut, sejumlah berita lainnya juga menjadi menarik perhatian pembaca. Berikut ini lima berita terpopuler di kanal News VIVA pada Kamis, 22 September 2022 yang dirangkum dalam tulisan round up:

1. Kelar Razia Moge, Kasat Lantas Polrestabes Makassar Malah Minta Maaf

VIVA Trending - Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polrestabes Makassar AKBP Zulanda tengah menjadi sorotan warganet setelah pernyataannya soal motor gede atau moge dan permintaan maafnya usai merazia moge. 

Dalam video yang beredar, Zulanda menyebut pihaknya akan memberikan waktu 7x24 jam kepada pemilik moge untuk segera mendaftarkan kendaraan mereka ke Samsat. Hal ini dia sampaikan setelah menduga beberapa moge yang terjaring razia belum terdaftar.

“Minggu depan saya akan razia besar-besaran terkait moge. Kalau saya dapati moge tersebut tanpa surat-surat, saya pastikan saya akan tegak lurus,” kata AKBP Zulanda pada saat konferensi pers penindakan knalpot brong di Polrestabes Makassar Minggu 18 September 2022 malam, dikutip dari video yang diunggah akun TikTok henky_chan_story, dilihat Rabu 21 September 2022. Baca berita selengkapnya di sini.

2. Profil Anne Ratna, Bupati Purwakarta yang Gugat Cerai Dedi Mulyadi

VIVA Nasional - Nama Bupati Purwakarta, Anne Ratna baru-baru ini menjadi perbincangan publik. Namun, kali ini bukan karena prestasinya melainkan berita tentang ia yang menggugat cerai sang suami, politikus dan anggota DPR dari Fraksi Golkar, Dedi Mulyadi.  

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika

Photo :
  • Pemkab Purwakarta

Kabar ini dibenarkan oleh Humas Pengadilan Agama (PA) Purwakarta, Asep Kustiwa. Gugatan itu terdaftar dengan nomor 1662/Pdt.G/2022/PA.Pwk tertanggal 19 September 2022. Tertulis nama penggugat adalah  Hj. Anne Ratna Mustika dan nama tergugat adalah H. Dedi Mulyadi

"Untuk sidang pertama dijadwalkan pada Rabu, 05 Oktober 2022," kata Asep Kustiwa kepada wartawan, Rabu, 21 September 2022. Hingga kini belum diketahui alasan Anne Ratna Mustika menggugat cerai Dedi Mulyadi. Simak berita selengkapnya di sini.

3. Beredar Dokumen 'Operasi Superman 2024' yang Serang Jenderal Polisi

VIVA Nasional - Institusi Polri kembali menjadi sasaran pihak yang tidak bertanggung jawab. Setelah muncul bagan konsorsium 303 yang beredar di kalangan wartawan hingga media sosial, kali ini ada lagi soal bagan operasi superman untuk Pilpres 2024. 

Sebuah pesan singkat dengan nomor tidak dikenal masuk ke WhatsApp redaksi VIVA. Dalam pesan itu memuat sebuah dokumen yang berisi strategi pemenangan Pilpres 2024.

Dokumen yang diberi judul laporan hasil mapping operasi superman 2024 ini, memuat banyak nama penting. Mulai dari jenderal Polri, TNI, pensiunan Polri hingga sejumlah nama pengusaha penting lainnya. 

Di dalam dokumen tersebut pula, menjabarkan rangkuman penyelidikan, skema operasi superman 2024, skema operasi cyber superman 2024 (dalam negeri), skema operasi cyber superman 2024 (luar negeri), cara menghindari tracking yang digunakan dalam operasi superman 2024, pendanaan operasi hingga daftar pejabat dan mantan pejabat pendukung operasi. Baca berita selengkapnya di sini.

4. Sosok Suami Tengku Zanzabella, Perwira Polisi Pernah Kena OTT Pungli

VIVA Nasional – Nama Tengku Zanzabella tengah menjadi perbincangan publik setelah menyentil Najwa Shihab. Diketahui, Najwa Shihab yang berprofesi sebagai jurnalis dan presenter ternama memberikan kritikan terhadap pihak kepolisian.  

Sahabat Polisi Indonesia, Tengku Zanzabela

Sahabat Polisi Indonesia, Tengku Zanzabela

Photo :
  • Instagram @zanzabellaa

Sebagai Direktur Sosial dan Budaya Sahabat Polisi Indonesia, Tengku Zanzabella meminta supaya dia memberikan pernyataan yang objektif. Ia menganggap bahwa Najwa Shihab sebagai provokator supaya publik membenci institusi Polri. 

Menurut dia, cara komunikasi yang dilontarkan Najwa Shihab kepada publik bisa membuat masyarakat menjadi lebih liar. Wanita yang akrab disapa Zanzabella atau Zanza itu pun mulai banyak dicari oleh publik dan banyak yang penasaran dengan sosoknya. Baca berita selengkapnya di sini.

5. Kritik Isu Kompor Listrik, Dahlan: Kurang Sentuh Kepentingan Nasional

VIVA Bisnis - Dahlan Iskan ikut menyampaikan pandangannya terkait program konversi kompor gas ke kompor listrik. Mantan Direktur Utama PLN itu mengkritik penonjolan isu yang kurang simpatik dari awal munculnya program tersebut.  

Mantan Menteri BUMN, Dahlan Iskan.

Mantan Menteri BUMN, Dahlan Iskan.

Photo :
  • VIVA.co.id/Nur Faisal (Surabaya)

"Sayang, program pergantian elpiji ke kompor listrik dimulai dari isu yang kurang simpatik: untuk mengatasi kelebihan listrik di Jawa," ujar Dahlan dalam catatannya di Disway.id, dikutip Kamis, 22 September 2022

Menurutnya, dengan isu itu, seolah program konversi itu hanya untuk kepentingan PLN. Agar PLN tidak merugi. "Agar PLN tidak dituduh salah dalam membuat perencanaan, sampai terjadi kelebihan. Atau jangan-jangan motif utamanya memang itu," kata eks Menteri BUMN itu. Baca berita selengkapnya di sini.