Adik Brigadir J Dengar Bisikan Aneh, Pemilu RI Paling Rumit Sedunia, Dampak Ngeri Perubahan Iklim

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asyari dalam wawancara eksklusif dengan dengan VIVA pada program The Interview di Jakarta, Senin, 24 Oktober 2022.
Sumber :
  • VIVA/Ali Wafa

VIVA Round Up – Penilaian ilmuwan asing tentang pemilu di Indonesia sejak tahun 2004 paling rumit sedunia diamini kebenarannya oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dan, pemilu tahun 2024, menurut KPU, akan menjadi lebih rumit lagi dibanding pemilu-pemilu sebelumnya.

Sudaryono dan Hendi Bersaing Ketat dalam Survei LKPI untuk Pilgub Jateng

Pada tahun 2024, lima jenis pemilu digelar serentak untuk memilih presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPRD tingkat provinsi, anggota DPRD tingkat kabupaten/kota, dan anggota DPD RI ditambah memilih kepala daerah dan wakil kepala daerah.

Ragam kerumitan tidak hanya akan dialami oleh penyelenggara pemilu tetapi juga peserta pemilu, yaitu pasangan capres-cawapres, partai politik, calon perseorangan (DPD), pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah, tetapi juga masyarakat sebagai pemilih. Di tempat pemungutan suara nanti, pemilih akan dihadapkan pada enam jenis kertas suara dengan nama calon berbeda-beda.

Prabowo Pastikan Tak Ada Waktu Terbuang Sia-sia selama Masa Transisi Pemerintahan

Penjelasan ringkas KPU tentang gambaran kompleksitas pada pemilu 2024 itu menjadi salah satu artikel terpopuler di VIVA sepanjang hari kemarin. Tidak sedikit yang memperingatkan kerumitan itu akan membawa malapetaka bagi para petugas pemilu seperti yang terjadi pada 2019.

MK Mulai Sidangkan Sengketa Pileg 2024 Hari Ini, Dibagi 3 Panel Hakim

Selain tentang kerumitan pemilu itu, ada empat artikel terpopuler lainnya, di antaranya tentang pengakuan adik Brigadir J tentang bisikan aneh, daftar obat sirop aman yang dirilis BPOM, hasil survei termutakhir lembaga Polmatrix tentang elektabilitas sejumlah tokoh dalam bursa capres maupun cawapres, dan ramalan mengerikan Sri Mulyani akan dampak perubahan iklim.

Tim redaksi VIVA telah mengompilasi kelima artikel berita terpopuler itu. Simak ulasan lengkapnya dalam tautan-tautan berikut ini:

1. Adik Brigadir J dengar bisikan aneh

Mahareza dan Vera di sidang Bharada E

Photo :
  • VIVA/ Yeni Lestari.

Adik Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J, Mahareza Rizky Hutabarat, memang sempat tak dibolehkan melihat jasad kakak kandungnya saat berada di Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur. Dia mendengar bisikan aneh saat berdoa. Baca selengkapnya di sini.

2. Pemilu tahun 2024 akan lebih rumit daripada sebelumnya

Ketua KPU Hasyim Asyari

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Ilmuwan politik dan peneliti asing menilai sistem pemilu di Indonesia sejak tahun 2004 merupakan paling rumit di dunia yang diamini kebenarannya oleh KPU. Dan, pemilu tahun 2024, menurut KPU, akan lebih rumit lagi dibanding pemilu-pemilu sebelumnya. Baca selengkapnya di sini.

3. Daftar sirop yang aman digunakan

Obat sirup

Photo :
  • Pixabay/ Original_Frank

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengeluarkan daftar 64 obat sirop yang aman dikonsumsi. BPOM juga telah mengeluarkan daftar 133 obat yang aman untuk digunakan. BPOM menyebutkan, daftar 64 obat sirop ini tidak menggunakan propilen glikol, polietilen glikol, sorbitol atau gliserin dan gliserol. Baca selengkapnya di sini.

4. Hasil survei termutakhir capres-cawapres

Penghitungan Surat Suara Pemilu. (Foto Ilustrasi)

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Hasil survei Polmatrix menunjukkan elektabilitas Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan makin ketat dan ketiganya telah berada di atas 20 persen. Dalam bursa cawapres, AHY masih berebut posisi dengan Ridwan Kamil, dan Sandiaga Uno dalam kategori tiga besar. Baca selengkapnya di sini.

5. Dampak perubahan iklim pada 2100

Waspada cuaca ekstrem akibat perubahan iklim.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Jojon

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, isu perubahan iklim telah menjadi kekhawatiran luar biasa bagi semua negara di dunia. Sebab, diperkirakan akan terjadi kengerian pada tahun 2100. Sejumlah petinggi dunia sudah berkomitmen untuk mengambil bagian dalam Konferensi Perubahan Iklim PBB di Mesir dalam dua pekan mendatang. Baca selengkapnya di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya