2 Kombes Disebut AKBP Achiruddin, Murad Ismail Dipecat hingga Harta Kadinkes Lampung Cuma Rp 2 M

AKBP Achiruddin Hasibuan, Mantan Kabag Binops Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumut
Sumber :
  • B.S. Putra (Medan)

VIVA Round Up – Pemberitaan mengenai AKBP Achiruddin Hasibuan, mantan Kabag Binops Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumatera Utara masih menarik dan menjadi terpopuler. Kali ini, pemberitaan mengenai AKBP Achiruddin terkait dengan terkuaknya tiga nama perwira menengah berpangkat Komisaris Besar (Kombes) saat rekonstruksi kasus penganiayaan yang dilakukan anaknya, Aditya Hasibuan.

Kembali Mencuat, Golkar Tak Ingin Berandai-andai Soal Kabar Jokowi Gabung

Kemudian berita terpopuler lainnya  terkait pemecatan Ketua PDIP Maluku, Murad Ismail. Ia dicopot lantaran sang istri ke Partai Amanat Nasional (PAN).

Lalu selanjutnya ada berita soal Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang heran lantaran harta kekayaan milik Kepala Dinas Kesahatan (Kadinkes) Lampung Reihana yang hanya Rp 2 miliar. Padahal ia menjabat Kadinkes selama 14 tahun.

Akui Kemenangan Prabowo-Gibran, Habib Bahar: Saya Ambil Hikmahnya PDIP Nyungsep

Berikut beberapa berita terpopuler VIVA.co.id kanal news sepanjang Rabu, 10 Mei 2023. Simak berita terpopuler lainnya yang sudah dirangkum dalam round up:

1. 3 Kombes yang Disebut-sebut AKBP Achiruddin

PDIP Bisa jadi Oposisi, Bantu Pemerintah Mengkoreksi Bukan Saling Berhadapan

AKBP Achiruddin Hasibuan

Photo :
  • VIVA/B.S Putra

Mantan Kabag Binops Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumut, AKBP Achiruddin Hasibuan mengungkapkan tiga nama Perwira Polisi berpangkat Kombes yang merupakan ayah dan paman dari teman anaknya yang saat ini terlibat kasus penganiayaan.

Hal ini disampaikan Achiruddin usai menjalani rekonstruksi di Mako Polda Sumut, Senin petang, 8 Mei 2023. Ketiga Kombes itu yakni Paman Ken Admiral (korban).

Kombes yang disebut-sebut Paman Ken itu saat ini tengah menjalani pendidikan di Sespimpti. Selain itu ada Kombes Hendra Salipu yang menjabat sebagai Dansat Brimob Polda Kepri dan sekarang mengikuti Pendidikan di Sespimti merupakan ayah dari Kazmal (saksi dalam kasus tersebut).

Terakhir ada  teman anaknya yang menjadi saksi juga dan mengaku anak dari Kombes Misbahul Munawir, Dir Samapta Polda Aceh.

Baca selengkapnya di sini

2. Megawati Pecat Gubernur Maluku Murad Ismail dari Jabatan Ketua PDIP Maluku

Gubernur Maluku Murad Ismail

Photo :
  • Crist Belseran (Ambon-Maluku)

Gubernur Maluku Murad Ismail secara resmi dipecat sebagai kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Sebelumnya Mantan Komandan Kakor Brimob Mabes Polri ini dicopot dari jabatan Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Maluku masa bakti 2019-2024.  Murad dicopot berdasarkan SK DPP PDI Perjuangan nomor 793 KPTS/DPP/V/2023.

Dalam SK yang ditandatangani Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dan Sekjen Hasto Kristiyanto, pada diktum satu, Murad Ismail dilarang melakukan kegiatan apapun mengatasnamakan struktural DPD PDI Perjuangan Provinsi Maluku.

Jafri Tahitu, Wakil Ketua Bidang Politik DPD PDI Perjuangan Maluku, kepada wartawan di kantor DPD, Karang Panjang, Ambon, mengatakan, kursi ketua DPD PDI Perjuangan Maluku yang ditinggalkan Gubernur Maluku saat ini ditempati Ketua DPRD Maluku, Benhur George Watubun.

Baca selengkapnya di sini

3. Proyek Gagal Lampu Pocong, Bobby Nasution Desak Kontraktor Kembalikan Rp 21 Miliar

Proyek gagal lampu pocong di Kota Medan.

Photo :
  • VIVA/B.S. Putra.

Lampu penerangan jalan atau disebut warga Kota Medan, lampu Pocong adalah proyek gagal. Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution mendesak kontraktor untuk mengembalikan uang digunakan untuk pembangunan lampu pocong tersebut senilai Rp 21 miliar.

Bobby menjelaskan lampu pocong merupakan proyek gagal berdasarkan hasil pemeriksaan Inspektorat Kota Medan didampingi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumut.

Menantu Presiden RI Joko Widodo itu memerintahkan Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Kontsruksi (SDABMBK) Kota Medan untuk menagih seluruh uang yang digunakan untuk pembangunan proyek lampu jalan.

Baca selengkapnya di sini

4. Debat Panas Syahganda vs Deddy Sitorus, Jokowi Disebut Presiden Paling Kacau

Debat panas Deddy Sitorus dengan Syahganda Nainggolan di Catatan Demokrasi tvOne

Photo :
  • Tangkapan layar akun Youtube tvOne

Aktivis yang juga pengamat sosial Syahganda Nainggolan, menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah Presiden paling kacau dalam menggunakan kekuasaan. Pernyataan itu dibuat Syahganda karena melihat sejumlah tindakan yang dilakukan oleh Presiden Jokowi termasuk langkah Jokowi yang mengundang Ketua Umum Parpol Koalisi pendukung Pemerintah di Istana Kepresidenan.

"Presiden Jokowi ini adalah Presiden yang paling kacau dalam hal kekuasaan," kata Syahganda saat menjadi narasumber dalam program Catatan Demokrasi tvOne, Selasa 9 Mei 2023.

Mendengar hal tersebut membuat Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP, Deddy Yevri Sitorus yang juga hadir sebagai narasumber di acara terebut berang. Deddy meminta kepada Syahganda agar hati-hati dalam berbicara karena Syahganda sedang berbicara di ruang publik.

Baca selengkapnya di sini

5. KPK Heran Harta Kekayaan Reihana Cuma Rp 2 M, Padahal Jadi Kadinkes Lampung 14 Tahun

Kadinkes Lampung Reihana Diperiksa KPK

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menilai bahwa harta kekayaan yang dimiliki Reihana saat ini ada kejanggalan. Pasalnya, harta kekayaan dia cuma senilai Rp 2 Miliar padahal sudah menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) selama 14 tahun.

Reihana tercatat punya harta kekayaan sebanyak Rp 2,7 miliar dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dilaporkan pada tahun 2022. KPK pun merasa ada sebuah kejanggalan jika dibandingkan dengan jangka waktu pendapatan Reihana selama bekerja.

"Kecil lah 14 tahun jadi (kepala) dinas masa hartanya cuman Rp 2 miliar. Yang bener-bener aja," ujar Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan kepada wartawan, Rabu 10 Mei 2023.

Baca selengkapnya di sini

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya