SBY Cemas Demokrat Mau Diambil Alih, Kapolri Tindak Tegas Pembocor Hasil Putusan MK

Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono
Sumber :
  • Twitter Ossy Dermawan @OssyDermawan

VIVA Round Up – Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), menanggapi isu Mahkamah Agung (MA) akan mengabulkan upaya peninjauan kembali atau PK yang diajukan kepengurusan kubu Moeldoko. SBY menyinggung ada tangan politik yang ganggu Demokrat menuju 2024.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Menurut dia, tangan politik itu mengganggu Demokrat agar tak bisa berkontestasi di Pemilu 2024. Bagi SBY, jika benar, maka itu sebagai kemunduran demokrasi.

Berita mengenai ketakutan SBY dengan adanya upaya pengambilalihan Partai Demokrat itu menjadi berita terpopuler di kanal News VIVA sepanjang Senin 29 Mei 2023. Kemudian ada juga berita lainnya yang tidak kalah menarik untuk dibaca.

Wow! Ada Senjata HS Kaliber 9 Mm di Dalam Mobil Polisi yang Tewas di Mampang Jaksel

Berita yang juga banyak dibaca oleh para pembaca VIVA yakni mengenai Menko Polhukam Mahfud MD yang menanggapi pernyataan Denny Indrayana soal adanya informasi mengenai putusan MK terkait judicial review sistem pemilu di Indonesia. Mahfud bereaksi cukup keras terkait pernyataan Denny Indrayana itu.

Mahfud MD meminta agar pihak kepolisian sigap untuk mencari tahu kebenaran pernyataan Denny. Dia meminta polisi memeriksa Denny dan mencari tahu pembocor putusan Mahkamah Konstitusi (MK) kepada Mantan Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) itu.

Polisi Periksa 13 Saksi Kasus Tewasnya Anggota Polresta Manado di Mampang Jakarta Selatan

VIVA telah merangkum berita yamg masuk dalam jajaran berita terpopuler di kanal News sepanjang Senin 29 Mei 2023 kemarin, berikut daftarnya:

1. SBY Cemas PK Moeldoko Dikabulkan MA: Jangan-jangan Ini Serius, Demokrat akan Diambil Alih?

Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono

Photo :
  • Twitter Ossy Dermawan @OssyDermawan

Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), menanggapi isu Mahkamah Agung (MA) akan mengabulkan upaya peninjauan kembali atau PK yang diajukan kepengurusan kubu Moeldoko.

SBY menyinggung ada tangan politik yang ganggu Demokrat menuju 2024. Menurut dia, tangan politik itu mengganggu Demokrat agar tak bisa berkontestasi di Pemilu 2024. Bagi SBY, jika benar, maka itu sebagai kemunduran demokrasi.

SBY mengaku dirinya dapat telepon dari seorang mantan menteri yang menyampaikan pesan politikus senior. Tapi, kata dia, politikus senior itu bukan dari Partai Demokrat. Selengkapnya baca di sini.

2. Kapolri Tindak Tegas Pembocor Hasil Putusan MK ke Denny Indrayana

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari

Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menegaskan akan melakukan rapat terkait kebocoran putusan Mahkamah Konstitusi (MK), yang akan memutuskan sistem proporsional tertutup pada Pemilu 2024 mendatang. 

Hal tersebut diungkap oleh Listyo Sigit usai acara Rapat Koordinasi (Rakornas) Sinergitas Pemerintah Dalam Menjaga Stabilitas Politik dan Keamanan untuk menyukseskan Pemilu Tahun 2024 di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Kapolri memastikan bahwa pihaknya akan menindak tegas jika dalam pembocoran putusan MK tersebut terdapat unsur pidana. Selengkapnya baca di sini.

3. Mahfud MD Minta Polisi Selidiki Pembocor Putusan MK ke Denny Indrayana

Menko Polhukam RI Mahfud MD

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Kemenko Polhukam

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD meminta agar pihak kepolisian untuk mencari tahu pembocor putusan Mahkamah Konstitusi (MK) kepada Mantan Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) Denny Indrayana.

Mahfud menegaskan, penyelidikan tersebut perlu dilakukan agar tidak menimbulkan fitnah atas putusan MK nantinya. Selengkapnya baca di sini.

4. Anas Urbaningrum Jawab Cuitan SBY soal MK: Tidak Elok Bikin Kecemasan dan Kegaduhan

Mantan ketua umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum berbicara kepada wartawan usai acara Halalbihalal dan Silaturahmi Nasional III Jaringan Indonesia (Jari) di Hotel Bidakara, Jakarta, Minggu malam, 21 Mei 2023.

Photo :
  • ANTARA/Fath Putra Mulya

Cuitan Presiden RI ke-6 yang juga Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono, mendapat tanggapan dari eks Ketua Umum Demokrat, Anas Urbaningrum.

Unggahan SBY di akun twitternya itu, menanggapi cuitan dari mantan Wamenkumham Denny Indrayana, yang menyebut kalau dia mendapatkan informasi dari orang berintegritas di MK bahwa mahkamah akan memutuskan sistem proporsional tertutup pada Pemilu 2024 nanti.

Selain itu, SBY juga mengaitkan dengan proses peninjauan kembali atau PK, yang dilakukan Moeldoko terkait dengan kepengurusan Partai Demokrat. Selengkapnya baca di sini.

5. Bocah 2 Tahun di Korea Utara Dihukum Penjara Seumur Hidup Karena Baca Alkitab

Alkitab.

Photo :
  • Pixabay/congerdesign

Seorang anak berusia dua tahun di Korea Utara dijatuhi hukuman penjara seumur hidup setelah para pejabat menemukan sebuah Alkitab milik orang tua balita itu, ketika rezim totaliter terus "mengeksekusi" dan "menyiksa" para penganut agama.

Sebanyak 70.000 orang Kristen dipenjarakan di Korea Utara, menurut Laporan Kebebasan Beragama Internasional baru oleh Departemen Luar Negeri AS, melansir Radio Free Asia, Senin, 29 Mei 2023. Selengkapnya baca di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya