Polri Diminta Pecat Irjen Napoleon hingga Hoax Pengobatan Ida Dayak

Mantan Kadiv Hubinter Polri Irjen Napoleon Bonaparte
Sumber :
  • VIVA/Yeni Lestari

VIVA Round Up – Pemberitaan dari institusi Polri, banyak menyedot perhatian masyarakat pada Kamis 1 Juni 2023 kemarin. Berita yang mengulas mengenai calon pengganti Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono yang akan memasuki masa pensiun pada bulan ini, Juni 2023 ini menjadi berita terpopuler di Kanal News VIVA.

BBM Ini Bukan Pengganti Pertalite, Petugas SPBU Salah Sebut

Diketahui, sejumlah nama Jenderal bintang 3 Polri berpeluang menggantikan kursi orang kedua di institusi Polri itu. Namun belum diketahui siapa yang akan berjodoh mengemban tugas menjadi Wakil Kapolri itu. 

Sebelumnya, Komisioner Kompolnas RI, Poengky Indarti mengatakan calon Wakapolri pengganti Komisaris Jenderal Gatot Eddy Pramono merupakan kewenangan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo serta Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti). Dari catatan VIVA, Kamis, 1 Juni 2023, ada 5 nama Jenderal bintang 3 Polri yang berpeluang menjadi Wakapolri dari Komjen Ahmad Dhofiri sampai Purwadi Arianto

Jokowi Hadir ke Pernikahannya, Rizky Febian: Tidak Tau Lagi Cara Luapin Rasa Cinta Saya ke Bapak

Selain mengenai pengganti Komjen Gatot sebagai Wakapolri, berita yang ramai dibaca juga mengenai nasib sejumlah perwira polisi yang tersangkut kasus. Seperti nasib mantan Kapolda Sumatera Barat, Irjen Teddy Minahasa yang berakhir sebagai anggota Korps Bhayangkara setelah dijatuhi sanksi berat berupa pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) alias dipecat

Kemudian setelah itu, kini masih ada dua jenderal Polri yang belum jalani sidang komisi etik meski sudah dijatuhi vonis penjara oleh pengadilan negeri. Kedua perwira tinggi itu adalah mantan Kepala Divisi Hubungan Internasional Polri, Irjen Napoleon Bonaparte; dan eks Karo Korwas PPNS Bareskrim Polri Brigjen Prasetijo Utomo.

Polri Sebut Bus Maut yang Bawa Rombongan SMK Asal Depok Sudah Pindah Tangan, Kok Bisa?

Selain itu, kemudian ada juga berita mengenai harga BBM Pertamina non subsidi yang mengalami penurunan harga. Berita tersebut juga menjadi berita terpopuler sepanjang Kamis 1 Juni 2023.

Berikut daftar berita terpopuler sepanjang Kamis 1 Juni 2023:

1. 5 Jenderal Bintang 3 Polri yang Berpeluang Jadi Wakapolri Gantikan Komjen Gatot

Komjen. Pol. Prof. Dr. Gatot Eddy Pramono, M.Si.

Photo :

 Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono akan memasuki masa pensiun pada bulan ini, Juni 2023. Sejumlah nama Jenderal bintang 3 Polri pun berpeluang menggantikan kursi orang kedua di institusi Polri itu. Namun belum diketahui siapa yang akan berjodoh mengemban tugas menjadi Wakil Kapolri itu.

Sebelumnya, Komisioner Kompolnas RI, Poengky Indarti mengatakan calon Wakapolri pengganti Komisaris Jenderal Gatot Eddy Pramono merupakan kewenangan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo serta Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti). Baca selengkapnya di sini.

2. Polri Diminta Jangan Diskriminasi, Pecat Juga Irjen Napoleon dab Brigjen Prasetijo

Irjen Napoleon Bonaparte

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari

Nasib mantan Kapolda Sumatera Barat, Irjen Teddy Minahasa bakal berakhir sebagai anggota Korps Bhayangkara. Teddy dijatuhi sanksi berat berupa pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) alias dipecat merujuk hasil sidang komisi etik.

Kini, masih ada dua jenderal Polri yang belum jalani sidang komisi etik meski sudah dijatuhi vonis penjara oleh pengadilan negeri. Kedua perwira tinggi itu adalah mantan Kepala Divisi Hubungan Internasional Polri, Irjen Napoleon Bonaparte; dan eks Karo Korwas PPNS Bareskrim Polri Brigjen Prasetijo Utomo.

Irjen Napoleon dihukum 4 tahun penjara serta denda Rp100 juta karena terbukti bersalah menerima suap terkait penghapusan red notice Djoko Tjandra. Baca selengkapnya di sini

3. Hari Lahir Pancasila, BBM Pertamina Turun: Cek Harganya

Nozzle BBM Pertalite dan Pertamax di pom bensin

Photo :
  • ANTARA PHOTO/M Agung Rajasa/ss/aww.

 Pertamina (Persero) kembali menyesuaikan harga BBM nonsubsidi yang berlaku mulai hari ini, Kamis, 1 Juni 2023. Melalui website Mypertamina.id, tertera bahwa harga Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamina Dex dan Dexlite turun mulai 1 Juni.

Berikut penyesuaian harga BBM nonsubsidi tersebut; Baca selengkapnya di sini.

4. Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila, Jokowi: Saya Ajak Semuanya Menolak Politisasi Identitas

Presiden Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Photo :
  • Sekretariat Presiden

Presiden RI Jokowi menjadi pemimpin upacara di Hari Lahir Pancasila yang digelar di Monas, Jakarta Pusat, 1 Juni 2023. Jokowi mengenakan pakaian adat Kesultanan Deli.

Pantauan VIVA, Jokowi hadir bersama Ibu Negara Iriana tiba di lokasi upacara sekitar pukul 8.15 WIB. Dalam sambutannya, Jokowi menyinggung beberapa persoalan seperti upaya di era pemerintahannya dalam mewujudkanpembangunan yang adil dan merata hingga menolak politisasi identitas jelang Pemilu 2024. Selengkapnya baca di sini

5. Bikin Hoax Pengobatan Ida Dayak, Narapidana Kasus Pencabulan di Sambas Ditangkap

Ida Dayak dan aksinya yang ajaib

Photo :
  • Istimewa

Polda Kalimantan Barat mengamankan seorang narapidana yang meringkuk di Rutan Kelas IIB Sambas. Narapidana bernama Khairil Anwar diduga membuat hoax dengan menyinggung isu SARA melalui media sosial.

Penjelasan Direktorat Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus) Polda Kalbar, Khairil Anwar diduga membangun isu SARA melalui media sosial. Cara pelaku dengan membuat meme Ibu Ida Dayak, Pesulap Merah dan Ustaz Hatoli melalui narasi unsur SARA pada 23 April 2023.

Postingan berawal dari akun Facebook tersebut tersebar di grup-grup WhatsApp masyarakat. Selengkapnya baca di sini

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya