5 Artikel Terpopuler: Kontroversi Ponpes Al Kafiyah hingga Sapi Jokowi Kalah Berat di Medan

Fakta-fakta Ponpes Al Kafiyah Mirip Al Zaytun Bikin Kontroversi
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA Round Up – Ada 5 artikel terpopuler dari kanal News VIVA.co.id yang menarik pembaca sepanjang Kamis (29/6/2023) yang bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha kemarin.

Soal Usulan Jokowi Jadi Penasihat Prabowo, Pengamat Bilang Begini

Lima artikel tersebut terkait MUI buka suara  soal wanita jadi iman salat laki-laki di Ponpes Al Kafiyah, jemaah haji terlantar, nasib pondok pesantren Al Zaytun, eks Spri Ferdy Sambo tak jadi dipecat, dan Berat Sapi Bawor kalahkan sapi milik Jokowi di Medan.

1.Viral Wanita Jadi Imam Salat Laki-laki di Ponpes Al Kafiyah, MUI Buka Suara

UKT Naik Dinilai Ancam Generasi Emas Indonesia, Jokowi Diminta Turun Tangan

Majelis Ulama Indonesia (MUI) buka suara soal viral munculnya berbagai kontroversi di sebuah pondok pesantren (ponpes) bernama Al Kafiyah. Bagaimana tidak, di ponpes tersebut, ada beberapa laki-laki yang diimami seorang perempuan bercadar saat melaksanakan gerakan menyerupai salat berjamaah. 

Tak hanya itu, terdapat lilin menyala di hadapan wanita bercadar yang menjadi imam tersebut. Sehingga diduga, yang dilakukan mereka adalah ritual, bukan sembahyang. 

Sri Mulyani Menghadap Jokowi Bahas Kasus Viral Bea Cukai

Terkait hal tersebut, Wakil Ketua MUI Anwar Abbas mengatakan bahwa setiap umat Islam harus mengikuti tuntunan Al-Qur'an dan As-sunah saat beribadah. Jika tidak mengikuti tuntutan tersebut, maka hukumnya haram.

Selengkapnya baca di sini

2. Kemenag Protes Keras ke Saudi Buntut Jemaah Haji Terlantar di Muzdalifah

Kementerian Agama RI menyampaikan protes keras terhadap Mashariq, penyediaan layanan di Arafah - Muzdalifah - Mina (Armina) Arab Saudi, atas insiden terlantarnya jemaah haji Indonesia di Muzdalifah selama berjam-jam, pada Rabu, 28 Juni 2023.  

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief

Photo :
  • Kemenag

Diketahui keberangkatan jemaah ke Mina mengalami keterlambatan akibat tidak adanya bus yang mengangkut jemaah pada waktu tersebut. Kini, layanan konsumsi di Mina juga tidak terdistribusi dengan baik dan lancar. Potensi lainnya adalah ketersediaan kasur yang tidak sesuai jumlah jemaah.

"Kita sudah sampaikan protes keras ke Mashariq terkait persoalan yang terjadi di Muzdalifah. Kita juga meminta agar tidak ada persoalan dalam penyediaan layanan di Mina," kata Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Hilman Latief di Mina, Kamis, 29 Juni 2023.

Selengkapnya baca di sini

3.Mahfud MD Bicara Nasib Ponpes Al Zaytun

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD memastikan Pemerintah akan mengevaluasi keberadaan Pondok Pesantren Al-Zaytun di Indramayu, Jawa Barat, terkait dugaan menyebarkan ajaran Islam yang dinilai menyimpang. 

Mahfud MD

Photo :
  • VIVA/ Natania Longdong

"Pondok pesantrennya kami akan evaluasi secara administratif, tindakan administratif itu apa? Melihat penyelenggaraannya, melihat kurikulumnya, melihat konten pengajarannya; sehingga hak untuk belajar bagi para santri dan murid-muridnya terus berjalan," kata Mahfud MD di Semarang, Jawa Tengah, Kamis. 

Menurut dia, Ponpes Al-Zaytun merupakan lembaga pendidikan yang harus dibina. Namun, pihak yang melakukan berbagai pelanggaran hukum harus ditindak secara tegas sesuai dengan laporan dan informasi konkret mengenai peristiwa yang terjadi di masyarakat.

Selengkapnya baca di sini

4.Polri Benarkan Eks Spri Ferdy Sambo, Kompol Chuck Tak Jadi Dipecat tapi Didemosi 1 Tahun

Kepolisian Negara Republik Indonesia angkat bicara perihal kabar mantan Spri Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo, Chuck Putranto bebas dari penjara dan tidak jadi dipecat dari Polri. 

Kompol Chuck Putranto

Photo :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigadir Jenderal Polisi Ahmad Ramadhan membenarkan kalau berdasarkan putusan bandingnya Chuck tidak jadi dipecat dari Korps Bhayangkara. 

"Putusan banding yang bersangkutan tidak di-PTDH (Pecat Tidak Dengan Hormat)," ujar Ramadhan kepada wartawan, Kamis 29 Juni 2023.


Mantan Kepala Bagian Penarangan Umum DivHumas Polri ini menambahkan, merujuk putusan banding tersebut maka Chuck masih anggota aktif Polri. Meski begitu, dia mengatakan Chuck tetap menerima sanksi. Dia disanksi demosi satu tahun.

Selengkapnya baca di sini

5.Penampakan Bawor Sapi Terberat di Sumut yang Akan Disembelih, Kalahkan Milik Jokowi

Seekor sapi berjenis Limousin dengan berat 1,3 ton menjadi hewan kurban terberat di Sumatera Utara, yang akan disembelih di Kota Medan pada Hari Raya Idul Adha 1444 Hijiriah, Kamis 29 Juni 2023. 

Sapi dengan berat 1,3 ton yang akan disembelih pada Idul Adha di Kota Medan

Photo :
  • Istimewa

Berdasarkan informasi diperoleh VIVA, Rabu 28 Juni 2023. Sapi ini, diberikan nama Bawor, yang akan dikurbankan oleh dr Arya Tjipta di Kota Medan. Hewan kurban ini, lebih berat dari sapi milik Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mempunyai berat 1,2 ton.

Sementara, hewan kurban milik Presiden Joko Widodo pada Idul Adha Tahun 2023 disembelih di Kota Medan. Lokasi pemotongan sapi milik orang nomor satu di Tanah Air di Masjid Agung, Jalan Pangeran Diponegoro, Kota Medan.

Selengkapnya baca di sini
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya