Ganti Gorengan dengan Yogurt Sebagai Camilan Sehat Selama Puasa

Yogurt.
Sumber :
  • Pixabay/ponce_photography

VIVA – Agar ibadah puasa selama bulan Ramadhan bisa berjalan lancar, asupan makanan yang baik dan bergizi sangatlah penting. Apalagi di masa pandemi virus corona di mana daya tahan tubuh yang kuat sangat dibutuhkan.

Jarang Diketahui, 5 Makanan Sahur yang Bisa Membuat Puasa Tahan Lama

Menurut Ahli Gizi dan Direktur MesaAcademy, Emilia Achmadi, MS, RDN, ada beberapa tips untuk memenuhi asupan gizi selama bulan puasa agar tetap bisa fit dan memiliki daya tahan tubuh kuat.

"Pertama, minumlah dua gelas susu setiap hari; segelas susu saat sahur dan segelas susu setelah berbuka puasa. Susu mengandung kalsium, protein, dan berbagai vitamin yang baik untuk tubuh kita. Kedua, coba untuk memilih camilan yang lebih sehat seperti buah-buahan, yogurt dan keju saat berbuka puasa dan sebelum tidur. Coba untuk mengganti camilan yang mengandung kadar gula atau lemak yang berlebih, dengan camilan yang lebih bernutrisi dan bermanfaat untuk kesehatan," ujar Emilia dalam siaran pers Greenfields.

Viral Lomba Puasa Megang HP Bisa Dapat Rp158 Juta

Emilia menambahkan, yogurt adalah produk olahan susu yang telah difermentasi sehingga laktosa diubah menjadi asam laktat (lactic acid), dan yogurt memiliki kandungan-kandungan yang bermanfaat untuk tubuh. Yogurt memiliki bakteri baik yang masih hidup dan serat pangan yang bermanfaat untuk membantu fungsi pencernaan.

Selain itu, yogurt mengandung kalsium yang membantu memperkuat tulang dan gigi. Kandungan vitamin B6 dan B12, riboflavin, kalium, kalsium dan magnesium sangat baik untuk tubuh. Serta, probiotik yang dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh.

5 Makanan Sehat untuk Penderita Diabetes yang Dapat Menjaga Gula Darah Stabil

Yogurt adalah pilihan camilan yang lezat, segar, dan bergizi. Selain dinikmati sebagai camilan, yogurt juga bisa digunakan sebagai bahan masakan.

pentingnya menjaga lisan selama ramadhan

Ramadan, Bulan Menjaga Lisan

Puasa tidak hanya untuk menahan lapar dan haus saja, melainkan juga menahan segala hawa nafsu termasuk menjaga lisan.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024