3 dari 10 Syarat Muslimah Jadi Tetangga Rasulullah Kelak

Source : Republika
Source : Republika
Sumber :
  • republika

REPUBLIKA.CO.ID, Setiap umat Islam mendambakan ingin dekat dengan Rasulullah SAW, apalagi bisa berdekatan di surga yang hidup kekal di dalamnya. Untuk bisa menggapai tujuan itu, tentu saja tidak mudah. 

Banyak persyaratan yang harus dilakukan. DR Akram Ridha menguraikan panjang lebar lewat bukunya setebal 182 halaman berjudul Wanita Tetangga Rasulullah SAW di Surga.

Dalam buku yang diterbitkan Gema Insani Press ini, Akram menyebutkan sedikitnya ada sepuluh akhlak yang harus dimiliki seorang wanita Muslimah yang ingin menjadi tetangga Rasulullah SAW kelak di surga. 

Antara lain, yang pertama mampu mencegah kejahatan. Dalam kaitan ini Rasulullah SAW bersabda, ""Orang Muslim adalah orang yang selamat dari gangguan lidah dan tangannya."" (Hadis riwayat Bukhari).

Mencegah kejahatan tak sekadar terhadap tetangga tetapi juga kepada lingkungan termasuk binatang yang ada di sekitarnya. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari, Rasulullah SAW pernah bersabda, ""Seorang wanita disiksa dalam neraka karena kucing yang ia kurung mati kelaparan."" Lalu beliau bersabda, ""Wallahu "alam, kamu tidak memberinya makan dan minum ketika mengurungnya. Kamu juga tidak melepaskannya agar ia bisa memakan serangga tanah.""   

Kedua, yang juga menjadi persyaratan mutlak agar seorang Muslimah menjadi tetangga Rasulullah SAW kelak di surga adalah memiliki rasa malu. 

Rasa malu merupakan perhiasan wanita yang paling indah. Bahkan Rasulullah SAW menganggap malu sebagai cabang dari iman. Yang membedakan Rasulullah SAW dengan yang lainnya adalah rasa malunya yang sangat tinggi. Orang yang sudah tidak memiliki rasa malu, maka ia akan berbuat sesukanya.