Ahli: Hindari Minum Kopi di Waktu Ini saat Puasa Ramadhan

Ilustrasi kopi.
Sumber :
  • Freepik/freepik.diller

VIVA – Selama berpuasa di bulan Ramadhan, banyak kebiasaan yang harus diubah, terutama soal jam makan. Yang biasanya kita bisa dengan bebas makan kapan pun, saat berpuasa umat muslim hanya diperbolehkan makan saat berbuka sampai sahur.

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Namun, agar kesehatan dan puasa kamu tidak terganggu, jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi saat buka dan sahur juga harus diperhatikan. Tidak sembarang semua makanan atau minuman bisa kamu konsumsi.

Apalagi minuman yang mengandung kafein, seperti kopi. Banyak anggapan yang mengatakan, minum kopi tidak diperbolehkan saat sahur. Benarkah demikian? Apa alasannya?

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Spesialis penyakit dalam, Dr. dr. Irsan Hasan SpPD, KGEH, mengatakan, kopi memang dianjurkan untuk tidak dikonsumsi pada saat sahur. Tapi, bukan berarti dilarang sama sekali.

"Kopi di dalamnya ada kafein. Kafein ada sifat deuretik, mendorong untuk buang air kecil. Karena kafein itu menghambat penyerapan natrium. Nah, natrium dihambat, air jadi keluar," ujarnya melalui tayangan Hidup Sehat di tvOne baru-baru ini.

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Selain itu, dokter Irsan mengungkap, kafein yang terkandung dalam kopi, juga merelaksasi otot kandung kemih, sehingga menyebabkan ingin terus-menerus buang air kecil.

"Banyak teorinya. Tapi semua ahli sepakat bahwa kopi bisa merangsang buang air kecil lebih sering," ungkap dia.

Maka dari itu, jika kopi dikonsumsi pada saat sahur, air yang diminum pada saat berbuka puasa hingga sahur, akan lebih cepat keluar. Lalu, apa akibatnya?

Jadi, lebih cepet haus dan meningkatkan risiko dehidrasi juga," tutur dr. Irsan Hasan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya