5 Ide Kegiatan Seru di Tengah Larangan Mudik 2021

Ilustrasi memasak.
Sumber :
  • Pexels/rawpixel.com

VIVA – Pemerintah secara resmi melarang masyarakat untuk mudik Lebaran 2021 selama 6-17 Mei 2021. Larangan mudik tahun ini dilakukan demi mencegah penularan virus corona COVID-19.

Ramadan, Bulan Menjaga Lisan

Peraturan larangan mudik Lebaran 2021 ini tertuang dalam Surat Edaran Kepala Satgas Penanganan COVID-19 No. 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik pada Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri. Larangan ini diberlakukan untuk moda transportasi darat, laut dan udara.

Selanjutnya, pemerintah juga telah menetapkan aturan terkait larangan pengoperasian seluruh moda transportasi darat, laut, udara, dan kereta api pada 6-17 Mei 2021.

Mudik di Desa Penari

Dengan adanya larangan mudik 2021 ini tentu membuat masyarakat bingung untuk mengisi waktu libur tersebut. Maka dari itu ada beberapa alternatif kegiatan yang bisa dilakukan bersama keluarga di rumah dari VIVA.co.id. Mungkin, hal ini bisa jadi solusi, supaya libur Lebaran 2021 tetap berkesan dan penuh makna. 

1. Liwetan 

Ada Subvarian Omicron BA2, Luhut: Pemerintah Semakin Berhati-hati

Menikmati waktu bersama keluarga di tengah larangan mudik bisa dilakukan dengan menggelar makan bersama. Anda bisa mencoba untuk membuat liwetan di rumah. Untuk membuat kegiatan ini menjadi lebih seru coba lakukan kegiatan ini dengan menggelarnya di sekitar pekarangan rumah. Anda bisa menikmati sensasi makan liwetan dengan pemandangan pekarangan rumah dan angin sepoi-sepoi. 

2. Memasak bersama

Sebelum menikmati liwetan bersama keluarga, tidak ada salahnya untuk membuat nasi liwetan tersebut bersama keluarga. Anda bisa berbagi tugas bersama anggota keluarga lainnya. Mulai dari bagian yang memasak nasi, memasak ayam, menyiapkan sambal lalapan hingga menyiapkan daun pisang sebagai wadah makanan. 

3. Menonton film bersama keluarga 

Tidak ada salahnya untuk mencoba menikmati waktu dengan menonton film bersama keluarga di rumah. Anda bisa menggunakan layar proyektor untuk membuat suasana menonton film layaknya seperti di sebuah bioskop.

4. Rapi-rapi Rumah

Memasuki bulan Ramadhan tidak ada salahnya untuk mengganti suasana rumah dengan mengubah warna cat tembok rumah. Anda bisa melibatkan anggota keluarga di rumah untuk mendekorasi cat rumah sesuai dengan keinginan mereka. Dengan begitu diharapkan Anda sekeluarga bisa lebih fresh menyambut hari Lebaran.

Photo :
  • Pixabay

5. Camping

Larangan ke luar kota bukan berarti kamu dan keluarga tidak bisa menciptakan momen seru. Saat di rumah, bisa mencoba membuat mini camping di area rumah. Siapkan tenda dan beberapa alas serta alat BBQ sederhana. Anda sekeluarga bisa mencoba BBQ sejumlah makanan mulai dari jagung bakar, daging hingga sate. Biar makin seru jangan lupa gunakan hiasan lampu di sekitar tenda. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya