6 Doa Memohon Ampun dan Selamat Dunia Akhirat

Ilustrasi ramadhan/berdoa.
Sumber :
  • Freepik/jcomp

VIVA – Mulai hari umat muslim di seluruh penjuru dunia mulai melaksanakan ibadah puasa Ramadhan. Di bulan penuh berkah ini, umat muslim berebut pahala. 

Ceritakan Pengalaman Mistis, Inul Daratista Pernah Muntah Darah

Berbagai amalan mulai dari bersedekah, memberikan makanan untuk berbuka, hingga mengerjakan ibadah sunah seperti sholat malam dilakukan di bulan Ramadhan ini. Tidak hanya itu saja, momen Ramadhan di setiap tahunnya juga selalu dijadikan umat muslim untuk bertaubat. 

Sehingga setelah berakhirnya bulan Ramadhan dan seterusnya, kita sebagai hamba Allah bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan hidup kita bisa menjadi lebih berkah. Tentu saja sejumlah doa pun harus dipanjatkan. Berikut ini beberapa doa memohon ampun dan keselamatan di dunia dan akhirat. 

Deretan Negara Ini Ternyata Tidak Miliki Masjid, Ada Negara Tak Terduga!

1. Doa selamat dari Api Neraka

Dilansir dari laman Kemenag, umat muslim bisa memanjatkan doa surat Al Baqarah ayat 201 sesudah salat fardhu dan solat sunah. Berikut ini lafalnya.?

5 Negara Muslim Ini Secara Data Bisa Gilas Israel, Nomor 3 Tak terduga!

Robbana aatina fi dunya hasanah wa fil aakhiroti hasanah wa qina’adzabannar.

Artinya: Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan perliharalah kami dari siksa neraka." (QS. Al Baqarah: 201).

2. Doa memohon Perlindungan dari Api Neraka

Wa izaa surifat absaaruhum tilqooa'a Ashaabin Naari qoolo Rabbanaa laa taj'alnaa ma'al qawmiz zaalimniin

Dan apabila pandangan mereka dialihkan ke arah penghuni neraka, mereka berkata, "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau tempatkan kami bersama-sama orang-orang zhalim itu." (QS. Al-A’raf Ayat 47) 

3. Doa memohon keselamatwn

Rabbanâ lâ taj‘alnâ fitnatal lil qaumidh dhâlimîn wa najjinâ birahmatika minal qaumil kâfirîn

Artinya: “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami sasaran fitnah bagi kaum yang zalim, dan selamatkanlah kami dengan rahmat-Mu dari (tipu daya) orang-orang kafir.” (QS Yunus ayat 85-86).

4. Doa memohon perlindungan

Rabbi inniii a'uuzu bika an as'alaka maa laisa lii bihii 'ilmunw wa illaa taghfir lii wa tarhamniii akum minal khaasiriin

Dia (Nuh) berkata, "Ya Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu untuk memohon kepada-Mu sesuatu yang aku tidak mengetahui (hakikatnya). Kalau Engkau tidak mengampuniku, dan (tidak) menaruh belas kasihan kepadaku, niscaya aku termasuk orang yang rugi." (QS. Hud ayat 47).

5. Doa Permohonan Ampunan

Rabbanagh fir lii wa liwaalidaiya wa lilmu'miniina Yawma yaquumul hisaab

Artinya "Ya Tuhan kami, ampunilah aku dan kedua ibu bapakku dan semua orang yang beriman pada hari diadakan perhitungan (hari Kiamat)." (QS. Ibrahim ayat 41).

6. Doa terhindar dari godaan syaitan

Wa qur rabbi a'??u bika min hamaz?tisy-syay???n Wa a'??u bika rabbi ay ya??ur?n

"Dan katakanlah: "Ya Tuhanku aku berlindung kepada Engkau dari bisikan-bisikan syaitan. Dan aku berlindung (pula) kepada Engkau ya Tuhanku, dari kedatangan mereka kepadaku". (QS Al Muminun ayat 97-98).
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya