Jemaah Masjid Al-Marzuqiyah Cipinang Puasa Ramadhan Hari Rabu

Masjid Al-Marzuqiyah
Sumber :
  • VIVA.co.id/Foe Simbolon

VIVA – Pemerintah secara resmi mengumumkan jika hari ini 13 April 2021 merupakan 1 Ramadhan 1442 H. Dengan begitu, mayoritas masyarakat Indonesia yang beragam islam mulai menjalankan ibadah puasa hari ini. Hampir semua masjid juga sudah melaksanakan salat tarawih pada Selasa malam.

Viral Imam Masjid di Turki Ajak Main Anak-anak di Masjid, Warganet: di Indo Mah Boro-boro

Namun, ada juga sebagian masyarakat khusus yang tinggal di kawasan Cipinang Muara tepatnya jemaah masjid Al-Marzuqiyah, baru mulai menjalankan ibadah puasa pada esok hari, Rabu 14 April 2021.

Pengumuman awal puasa Ramadhan di kepada jemaah ini disampaikan pada Jumat kemarin saat warga menjalankan ibadah salat Jumat.

Deretan Negara Ini Ternyata Tidak Miliki Masjid, Ada Negara Tak Terduga!

"Salah satu pengurus masjid menyampaikan jika puasa mulai Rabu, bukan Selasa. Itu disampaikan saat sebelum salat Jumat dimulai," ujar salah satu warga kepada VIVA.

Perbedaan awal mula puasa Ramadhan ini bukan pertama kali terjadi, faktanya sudah beberapa kali terjadi. Namun tetap menghormati keputusan pemerintah. Pada tahun 2019 silam, Jemaah masjid Al Marzuqiyah juga menggelar salat idul Adha yang berbeda dari Pemerintah. Jemaah menggelar salat satu hari dari penetapan hari raya yang ditentukan pemeritah.

Daud Kim Diduga Lakukan Penipuan Donasi Masjid, Komunitas Muslim Korea Ungkap Fakta Mencengangkan

Seperti diketahui, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan bahwa hasil sidang isbat penentuan awal bulan Ramadhan 1442 Hijriyah jatuh pada Selasa, 13 April 2021. Menurut dia, ada 13 orang disumpah telah melihat hilal.

"Keputusan sidang isbat tanpa ada perbedaan bersepakat dan menetapkan bahwa 1 Ramadhan jatuh pada tanggal 13 April 2021," kata Yaqut pada Senin, 12 April 2021.

Menurut dia, sidang isbat dihadiri oleh perwakilan organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam termasuk Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan beberapa perwakilan negara sahabat.

Oleh karena itu, Gus Yaqut mempersilakan kepada seluruh umat Islam untuk bisa mendirikan Salat Tarawih pada malam ini dan dilanjutkan makan sahur pada Selasa dini hari nanti.

Baca juga: Habib Rizieq Bongkar Isi Pertemuan dengan Anies di Petamburan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya