Puasa Tanpa Makan Sahur, Hukumnya Sah atau Tidak? 

Makan sahur atau makan bersama keluarga.
Sumber :
  • pixabay/skeeze

VIVA – Bulan Ramadhan umat muslim di seluruh dunia diwajibkan untuk berpuasa selama satu bulan penuh. Saat menjalankan ibadah ini, uman Muslim tidak diperbolehkan makan dan minum seharian mulai dari waktu imsak hingga Azan Maghrib tiba. 

Puasa Selesai, Saatnya Panaskan Ranjang dengan Gaya Baru Ini!

Karena tidak diperbolehkan mengkonsumsi makan dan minum, seharian, untuk itu, umat Muslim melakukan sahur, yakni makan di waktu subuh sebelum waktu imsak. Ini dilakukan agar mereka yang menjalani puasa seharian bisa mendapatkan pasokan energi agar kuat menjalani puasa hingga bedug Azan Maghrib tiba. 

Seperti diketahui, sahur menjadi salah satu syarat menunaikan ibadah puasa. Namun, menjalani sahur saat sebelum imsak bukanlah hal yang mudah dijalani untuk sebagian orang, lantaran susah untuk bangun sebelum waktu subuh. 

Haram Hukumnya Berpuasa pada Hari Raya Idul Fitri, Ini Penjelasannya

Karena hal tersebut, sebagian besar orang melewatkan makan sahur. Lalu dari sini, banyak pertanyaan muncul, apakah sah menjalani puasa tanpa makan sahur? Seperti apa hukumnya? 

Anjuran Rasulullah dan Hukum Puasa Tanpa Makan Sahur

Arab Saudi dan UAE Tetapkan Idul Fitri Jatuh pada Rabu 10 April 2024

Nah ayah dan bunda, pernahkah berpuasa tanpa makan sahur? Umumnya, sahur terlewatkan lantaran aktivitas yang begitu padat sehingga kelelahan dan ketiduran hingga bangun kesiangan. Akhirnya, sahur terlewatkan. 

Meski tak sahur, banyak orang memilih untuk tetap berpuasa. Apakah hal ini dibolehkan dalam Islam? 

Dikutip dari laman NU Online, Nabi Muhammad SAW sebetulnya sangat menganjurkan umatnya untuk makan sahur sebelum melaksanakan puasa. Menurut Nabi Muhammad, makanan yang dihidangkan saat sahur mengandung berkah. Dia bersabda: 

"Dari Abu Sa'id Al Khudri RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, ' Sahur sepenuhnya mengandung berkah. Maka itu, jangan kalian meninggalkannya meskipun kalian hanya meminum seteguk air karena Allah dan malaikat bershalawat untuk mereka yang bersahur, " (HR Ahmad).

"Bersantap sahurlah kalian, karena dalam sahur itu ada keberkahan." (HR al-Bukhari). 

Hukum Puasa Tanpa Sahur, Tetap Sah

Meski sahur sangat dianjurkan Rasulullah SAW, namun tak ada dalil yang menyebut bahwa sahur adalah syarat sah puasa. Sehingga, meski seseorang melewatkan makan sahur, maka puasanya tetap sah di hadapan Allah SWT. 

Lalu, seperti apa hadisnya? Ingin tahu lebih lengkap, simak penjelasannya dengan klik tautan ini.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya