Bacaan Doa Qunut Saat Salat Subuh dan Witir di Bulan Ramadhan

Ilustrasi salat malam.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Doa Qunut dibaca saat melaksanakan salat subuh, salat witir di Bulan Ramadhan. Dalam itu,  Rasulullah SAW mendoakan umat Islam yang mengerjakan salat Subuh sekaligus sebagai pembuka rahmat.

Imam Sholat Subuh Pakai Qunut, Makmum Ikut atau Tidak? Ini Kata Ustaz Adi Hidayat

Qunut memiliki banyak arti di antaranya adalah berdiri. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, "salat yang paling utama adalah yang lama berdirinya." (HR. Muslim).

Dikutip dari laman islam.nu.or.id, doa Qunut adalah doa yang dilakukan pada saat berdiri tegak dari ruku’, hukum doa Qunut sendiri adalah sunnah karena bukan termasuk salah satu syarat maupun rukun shalat

Viral Sekelompok Remaja di Makassar Serang Jemaah Masjid Saat Salat Subuh, 4 Pelaku Ditangkap

Dalam doa Qunut, Rasulullah SAW memohon petunjuk, ampunan, dan keselamatan kepada Allah SWT. Berikut ini doa Qunut yang dibaca Rasulullah SAW.

"Allâhummahdinî fîman hadait, wa ‘afinî fîman ‘âfait, wa tawallanî fîman tawallait, wa bârik lî fîmâ a‘thait, wa qinî syarramâ qadhait. Fa innaka taqdhî wa lâ yuqdhâ ‘alaik, wa innahû lâ yadzillu man wâlait, wa lâ ya‘izzu man ‘âdait. Tabârakta rabbanâ wa ta‘âlait. Fa lakal hamdu ‘alâmâ qadhait. Astaghfiruka wa atûbu ilaik. 

Tenteng Sajam, Gerombolan Remaja Serang Jemaah Salat hingga Korban Sembunyi Samping Imam

Artinya, “Ya Allah, kumpulkan aku bersama orang-orang yang menerima petunjuk-Mu, selamatkan diriku ke dalam kelompok orang yang Kau lindungi dari bala dunia dan akhirat, sertakan daku bersama mereka yang Kau pelihara dari dosa, turunkan berkah-Mu untukku dalam semua anugerah-Mu, jauhkan diriku dari dampak buruk yang Kau gariskan. Karena sungguh Engkau yang memutuskan, bukan menerima putusan. Sungguh tiada hina orang yang Kaubimbing. Dan tiada mulia orang yang Kaumusuhi. Hai Tuhan kami, Engkau Maha Suci dan Maha Tinggi. Segala puji bagi-Mu atas segala putusan-Mu. Aku memohon ampun dan bertobat kepada-Mu.”

(s.id/nuonline) dan versi iOS (s.id/nuonline_ios). Akses dengan mudah fitur Al-Qur'an, Yasin & Tahlil, Jadwal Shalat, Kompas Kiblat, Wirid, Ziarah, Ensiklopedia NU, Maulid, Khutbah, Doa, dan lain-lain.

pentingnya menjaga lisan selama ramadhan

Ramadan, Bulan Menjaga Lisan

Puasa tidak hanya untuk menahan lapar dan haus saja, melainkan juga menahan segala hawa nafsu termasuk menjaga lisan.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024