Keutamaan dan Manfaat Sedekah di Bulan Ramadhan

Ilustrasi sedekah.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Sedekah merupakan amalan yang dilakukan dengan memberikan sesuatu kepada orang lain dengan ikhlas tanpa mengharapkan imbalan. Bentuknya tidak hanya memberikan harta dan benda, tapi amal kebaikan dan senyuman juga bernilai sedekah di mata Allah.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Dalam video yang diunggah pada 25 April 2020 di kanal YouTube Mustika Islam, Ustadz Abdul Somad (UAS) mengatakan begitu banyak keutamaan memperbayak sedekah, terlebih secara siri atau diam-diam, hal itu sama dengan menolak mati jelek, musibah buruk, malapetaka, dan bencana.

Menurut Ustaz Abdul Somad, keutamaan mensyukuri nikmat adalah dengan cara bersedekah. Di antaranya yaitu orang yang bersedekah akan mudah dikabulkan doanya oleh Allah SWT.

Meninggalnya Babe Cabita Ternyata Bikin Para Sahabat Iri, Kok Bisa?

“Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipat gandakan bagi siapa yang Dia hendaki, Dan Allah maha Luasa, Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah [2]: 261)

Ternyata selain mendapatkan balasan berlipat ganda, Rasulullah pun pernah berkata bahwa sedekah mempunyai keutamaan. Ustadz Abdul Somad, Lc., MA., menuturkannya di video berikut ini.

Fourtwnty Tutup Jakarta Lebaran Fair dengan Manis 

UAS menjelaskan keutamaan sedekah lainnya yakni menolak datangnya kematian dengan cara yang buruk. Sedekah juga dapat memadamkan kemurkaan Allah dan menjadi sebagai penghapus dosa baginya. Berikut lima keutamaan bersedekah di bulan Ramadhan:

1. Mencegah kematian buruk

Orang yang suka bersedekah akan dilindungi oleh Allah SWT dari kematian yang buruk.

2. Peredam murka Allah 

Sebagaimana Nabi Muhammas SAW bersabda :

"Sedekah sirri (secara rahasia) memadamkan murka Allah dan sedekah secara terang-terangan merupakan perisai dari neraka”.

3.Pahalanya akan dilipatgandakan

Orang yang bersedekah juga akan mendapatkan keutamaan lain. Keutamaan tersebut yakni Allah SWT akan melipatgandakan pahala orang yang bersedekah tersebut.

4. Akan diganti oleh Allah 

Sebagaimana Nabi Shallallahualaihiwasallam bersabda:

"Tidak ada suatu hari pun ketika seorang hamba melewati paginya kecuali akan turun (datang) dua malaikat kepadanya lalu salah satunya berkata; "Ya Allah berikanlah pengganti bagi siapa yang menafkahkan hartanya", sedangkan yang satunya lagi berkata; "Ya Allah berikanlah kehancuran (kebinasaan) kepada orang yang menahan hartanya (bakhil) ". (HR. Bukhari) [No. 1442 Fathul Bari] Shahih.

5. Sebagai penghapus dosa

Bagi orang yang bersedekah, akan mendapat ampunan atas dosa-dosa yang pernah mereka perbuat.

Penulis: Prima Nadia Rahayu

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya