Rugi, Buka Puasa Cuma Sibuk Santap Makanan dan Minuman

Aneka menu buka puasa di Novotel dan Ibis Styles Jakarta Mangga Dua.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Waktu berbuka puasa merupakan momen yang sangat dinanti bagi setiap Muslim yang sedang menunaikan ibadah puasa, terlebih di bulan Ramadhan. Menyiapkan ragam makanan dan minuman jelang berbuka adalah rutinitas yang jamak dilakukan.

Jadwal Imsakiyah, Waktu Sholat dan Buka Puasa di Seluruh Indonesia Senin 8 April 2024

Kesibukan berlanjut ketika azan Magrib berkumandang. Semua bersegera berbuka dengan ragam kudapan yang tersedia, tapi jangan lupa berdoa. Sebab, waktu berbuka puasa merupakan waktu paling mustajab untuk memanjatkan doa.

Keutamaan doa saat berbuka puasa sebagaimana hadits Nabi Muhammad SAW yang berbunyi 'Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya' (HR Bukhori-Muslim)

Jadwal Imsakiyah, Waktu Sholat dan Buka Puasa di Seluruh Indonesia Minggu 7 April 2024

Pimpinan Majelis Zikir Ar-Raudhoh, Surakarta, Habib Novel Alaydrus mengatakan diantara kebahagian orang yang berbuka puasa adalah doanya diterima dan dikabulkan Allah Swt. Seakan-akan Allah menyampaikan kepada hambaNya yang sudah berpuasa seharian, silakan minta apa saja maka akan dikabulkan.

"Sayangnya disaat Allah Swt menawarkan 'Minta apa Aku kasih' kita sibuk makan macam-macam, banyak makan kita lupa minta kepada Allah, diantaranya minta ibadahnya diterima, dimasukan ke dalam surga, diampuni dosa-dosanya dan kalau punya hajat apapun minta kepada Allah Swt, minta apapun yang kita inginkan yang diridhoi Allah Swt," kata Habib Novel.

Jadwal Imsakiyah, Waktu Sholat dan Buka Puasa di Seluruh Indonesia Sabtu 6 April 2024

Habib Novel menyayangkan siapa yang lalai karena disibukkan dengan menyantap makanan dan minuman saat berbuka tapi lupa berdoa padahal waktu tersebut paling mustajab. 

"Itulah makanan dan minuman yang kita santap (yang melalaikan), mari kita fokus ibadah, takjilnya cukup sederhana yang penting bisa membatalkan puasa, kemudian pada doanya agar kita bisa melakukan ibadah, selanjutnya salat Magrib berjamaah, Isya berjamaah, Tarawih dan seterusnya," ujarnya.

Jemaah umrah yang buka puasa dan sahur di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi.

Jadwal Imsakiyah, Waktu Sholat dan Buka Puasa di Seluruh Indonesia Selasa 9 April 2024

Berikut jadwal imsakiyah dan buka puasa di seluruh Indonesia Selasa, 9 April 2024 atau 29 Ramadhan 1445 Hijriyah

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024