VIDEO: Tradisi Tabuh Bedug di Masjid Menara Kudus

Menara Masjid Kudus.
Sumber :
  • U-Report

VIVA - Salah satu peninggalan penting dalam sejarah penyebaran Islam di Pulau Jawa adalah Masjid Menara Kudus. Masjid yang terletak di Desa Kauman, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, tersebut dibangun oleh Syekh Jafar Sodiq atau Sunan Kudus pada 1549 M.

Cuan Banget, Inilah Kenapa Live Selling Disarankan Buat Para Penjual Online

Di masjid tersebut terdapat menara setinggi 18 meter yang berarsitektur Hindu Jawa. Ketika Sunan Kudus berdakwah, ia memadukan tradisi Islam dan Hindu serta Budha agar dapat diterima masyarakat.

Menara yang menjadi ciri khas masjid tersebut menjadi tempat mengumandangkan adzan. Di bulan Ramadhan ini, ada tradisi yang dilakukan di atas menara yaitu tabuh bedug. Tradisi tersebut menandakan awal Ramadhan.

Anies Berkunjung ke Rumah Dinas Cak Imin: Tradisi Lebaran Kita Saling Berkumpul

Banyak peziarah yang setiap tahun mengunjungi Masjid Menara Kudus untuk menyaksikan tradisi tabuh bedug. Namun, di masa pandemi ini, jumlah peziarah yang datang tidak seramai tahun-tahun sebelumnya.

Lihat video selengkapnya di bawah ini.

Riset: Kebiasaan Belanja Orang Indonesia, Bandingin Harga di Situs Online dan Toko Offline
Telingaan Aruu khas Suku Dayak

4 Kebiasaan Unik Suku Dayak, Dari Telingaan Aruu hingga Panggil Arwah Leluhur

Suku Dayak, salah satu suku asli Kalimantan, menyimpan kekayaan budaya yang menarik untuk ditelusuri. Bukan hanya Tak hanya tarian hudoq dan kancet papatai yang terkenal.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024