Waspada 13 Amalan Makruh Saat Puasa Wajib Dihindari

Striker Real Madrid, Karim Benzema, jalani terapi bekam.
Sumber :
  • https://www.instagram.com/karimbenzema

VIVA – Selama bulan suci ramadhan, umat Muslim di seluruh dunia diwajibkan menjalankan puasa selama satu bulan. Bukan sekadar menahan haus dan lapar serta menjaga hawa nafsu, saat berpuasa ada banyak pahala yang bisa diraih dan nilai esensi ibadahnya juga perlu diketahui. Seperti apa pahala dan nilai esensi ibadah yang bisa diterima Allah? Salah satu yang sulit dihindari, mungkin sesuatu amalan yang makruh saat puasa. 

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Apa Itu Makruh?
Makruh merupakan bagian dari hukum Islam. Dalam bahasa Arab, makruh adalah mubghadh atau sesuatu yang dibenci Allah SWT. 

Jumhur ulama mengungkapkan makruh sebagai sebuah larangan terhadap perbuatan. Namun sifat larangannya tidak bersifat pasti. Dengan kata lain, larangan itu tidak diharuskan untuk ditinggalkan sama sekali karena tak ada dalil yang menunjukkan haramnya perbuatan itu.  

Puasa Selesai, Saatnya Panaskan Ranjang dengan Gaya Baru Ini!

"Menurut para ahli ilmu, makruh adalah sesuatu yang selayaknya ditinggalkan akan tetapi pelakunya tidak mendapat dosa, tetapi perbuatan itu tetap dibenci," (Fatwa Syaikh Bin Baz no.7265)

Dari pengertian itu, bisa diketahui bahwa makruh puasa merupakan hal-hal yang sebenarnya tidak membatalkan puasa, tapi hal itu dibenci oleh Allah. Karena dibenci Allah, akan lebih baik perbuatan yang menyebabkan makruh di bulan puasa dihindari. 

Haram Hukumnya Berpuasa pada Hari Raya Idul Fitri, Ini Penjelasannya

Makruh bukan cuma dibenci Allah tetapi juga dijelaskan dalam hadis Rasulullah bahwa makruh mengurangi nilai pahala. 

"Betapa banyak orang yang berpuasa, tetapi tidak ada yang didapatkannya kecuali rasa lapar. Betapa banyak juga orang yang melakukan ibadah (Ramadhan) lainnya di malam hari, tetapi tidak mendapatkan apa-apa kecuali hanya bergadang." (HR. Ahmad)

Lalu, apa saja yang termasuk amalan makruh saat berpuasa?? 

  1. Mencicipi Makanan
  2. Tidur Terlalu Lama
  3. Bekam
  4. Menggosok Gigi
  5. Membicarakan Orang
  6. Berkumur dan membasuh hidung berlebihan
  7. Memandangi lawan jenis terlalu lama

Masih ada enam hal lagi perilaku yang memiliki hukum makruh. Yuk simak pembahasannya lebih lengkap dengan klik tautan ini. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya