Khasiat Habbatussauda, Cegah Kematian COVID-19 dan Jaga Imunitas

Habbatussauda.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Bulan suci Ramadan telah tiba. Meskipun masih berada di tengah situasi pandemi, umat Muslim di Indonesia tetap antusias dalam menjalankan ibadah puasa

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), Dr. (Cand.) dr. Inggrid Tania, M.Si (Herbal) menjelaskan, bahwa selama berpuasa, kekebalan tubuh seseorang dapat menurun akibat berkurangnya asupan nutrisi dan dehidrasi.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Agar ibadah puasa berjalan dengan lancar, masyarakat disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang saat sahur dan berbuka puasa.

"Komposisi menu sahur dan berbuka yang baik adalah mengandung karbohidrat, protein dan lemak yang disesuaikan dengan angka kecukupan gizi (AKG) masing-masing. Jangan lupa konsumsi banyak sayur dan buah untuk memenuhi kebutuhan serat harian," tutur dokter Inggrid dalam acara virtual peluncuran Antangin Habbatussauda.

Lebih lanjut dr. Inggrid memaparkan bahwa konsumsi herbal habbatussauda, meniran dan jahe juga bisa menjadi alternatif bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan nutrisi dan meningkatkan imunitas di bulan Ramadan. Habbatussauda atau jinten hitam sudah dikenal khasiatnya sebagai penyembuh segala penyakit di kalangan umat Muslim.

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

"Habbatussauda kaya akan nutrisi antara lain karbohidrat, protein, lemak serta vitamin A, B1, B6, C dan E," tutur Inggrid.

Tak hanya itu, habbatussauda juga termasuk dalam kelompok yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Salah satu kandungannya yang sangat berkhasiat adalah thymoquinone.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

"Habbatussauda termasuk dalam kelompok imunostimulan fitogenik dengan kandungan thymoquinone yang berfungsi membentuk dan memperkuat sistem kekebalan tubuh," katanya lagi.

Dengan banyaknya kandungan habbatussauda, tak heran dapat berfungsi sebagai pencegah penyakit. Bahkan, terbukti habbatussauda bisa mencegah kematian pada pasien COVID-19.

"Meredakan gejala, percepat clearance virus, dan mencegah kematian pada pasien COVID-19 gejala sedang-berat. Ada fungsi preventif juga dalam hal tingkatkan imunitas," ujarnya.

Sejalan dengan itu, Chief Business Development and R&D PT Deltomed Laboratories, apt. Drs. Victor S. Ringoringo, S.E., M.Sc., mengatakan bahwa kehadiran Antangin Habbatussauda merupakan bentuk komitmen Deltomed dalam mendukung kesehatan dan daya tahan tubuh masyarakat di bulan suci Ramadan.

Antangin Habbatussauda mengandung 100 persen herbal habbatussauda, meniran dan jahe yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengatasi masuk angin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya