Kaya Serat dan Rendah Gula, Ini Resep Es Timun Suri untuk Buka Puasa

Penjualan Timun Suri Turun di Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

VIVA – Timun suri menjadi salah satu primadona saat ramadhan tiba. Bukan tanpa alasan, timun suri memiliki khasiat yang sangat baik bagi kesehatan sehingga tepat untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Jadwal Imsakiyah, Waktu Sholat dan Buka Puasa di Seluruh Indonesia Selasa 9 April 2024

Dituturkan dokter spesialis gizi klinis, dr.Putri Sakti DP, M.Gizi , SpGK, dalam acara Hidup Sehat, TvOne, saat berbuka puasa sebaiknya konsumsi buah dan minuman. Sebab, pencernaan akan butub waktu menyerap makanan usai berpuasa selama berjam-jam.

Nah, timun suri bisa menjadi pilihan yang tepat. Dalam timun suri, terbukti kaya akan vitamin C, Kalium, Kalsium hingga Fosfor. Serat dan air di dalamnya pun sangat tinggi. Lantas, apa saja ya khasiat timun suri? Berikut fakta-faktanya.

Jadwal Imsakiyah, Waktu Sholat dan Buka Puasa di Seluruh Indonesia Senin 8 April 2024

Redakan panas dalam

Di dalam timun suri mengandung air yang sangat banyak. Cairan itu yang akan membantu menetralkan suhu tubuh dengan harapan tidak mengalami panas dalam.

Jadwal Imsakiyah, Waktu Sholat dan Buka Puasa di Seluruh Indonesia Minggu 7 April 2024

"Tanda panas dalam yaitu tenggorkan nyeri dan bibir pecah-pecah. Dengan vitamin c dan cairan di timun suri, diharapkan meredakan panas dalam," tuturnya.

Kesehatan usus

Kandungan serat yang tinggi membuat timun suri mampu menjaga kesehatan usus. Terlebih, usus menunjang 80 persen imunitas secara menyeluruh. Serta, kaya akan vitamin dan mineral yang memberikan kesehatan usus lebih optimal.

Diabetes

"Pada orang diabetes, konsumsi timun suri sangat bagus karena rendah gula. Asal, saat membuat es untuk berbuka dengan tambahan gula lain," ujarnya.

Bagaimana pengolahan timun suri yang tepat untuk berbuka puasa ya?

Bahan

Timun suri

Rumput laut

Agar-agar dan nata de coco

Biji selasih

Pengolahan

Belah timun suri, buang bijinya. Lalu serut atau ambil dengan sendok, sesuai keinginan.

Tambah bahan lain seperti tumput laut yang kaya akan serat dan mampu meningkatkan imunitas.

Tambahkan dengan agar-agar dan nata de coco untuk tambahan serat

Tuang es batu secukupnya untuk memberikan kuah. Olahan es timun suri siap untuk berbuka puasa!

Tips memilih timun suri

Pertama, lihat pada kulitnya. Paling bagus yang banyak pecahan atau tekstur seperti guratan yang menandakan matang di pohon. Lalu, cium aromanya. Timun suri matang akan memberi aroma yang harum.

Kemudian, lihat tekstur di dalamnya saat dibelah. Apabila lebih renyah dan tak mudah hancur, artinya masih sangat tinggi serat dan vitamin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya