Khasiat Buah Tin dan Zaitun saat Puasa, Jaga Imun hingga Cegah Stroke

Buah Tin atau Ara
Sumber :
  • Viva.co.id/Anisa Widiarini

VIVA – Buah-buahan terbukti memiliki kandungan yang baik bagi tubuh, terlebih saat berpuasa Ramadhan. Termasuk pilihan buah tin dan zaitun yang memberikan khasiat kesehatan bagi tubuh, seperti menjaga imunitas, saluran pencernaan hingga mencegah penyakit stroke.

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Dituturkan dokter spesialis gizi, dr. Feni Nugraha, SpGK, dalam acara Hidup Sehat, tvOne, kedua buah tersebut memiliki kandungan serat, vitamin, mineral, hingga antioksidan yang baik bagi kesehatan.

Beragam zat aktif di dalamnya tersebut mampu mencegah berbagai penyakit dan membuat puasa terasa lebih nyaman.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

"Buah tin dan zaitun bisa jadi pilihan buah selama puasa. Konsumsi kedua buah ini saat sahur dan buka sangat baik karena kandungan serat, vitamin, dan antioksidan bagus untuk jaga tubuh," ujar Feni.

Untuk buah tin, disarankan mengonsumsinya sekitar 50 gram atau satu porsi buah. Feni menganjurkan agar mengonsumsi buah tin dalam keadaan segar dan bukan dikeringkan lantaran kandungan gulanya bisa meningkat hingga 3 kali lipatnya atau sekitar 24 gram.

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Buah tin yang dikeringkan juga mengandung tinggi kalori sehingga memicu dampak buruk pada tubuh.

Sementara, buah zaitun dianjurkan sekitar 10 biji per hari. Konsumsinya, kata Feni, boleh langsung buah segarnya atau olahan minyak zaitunnya. Namun, mengolah minyak zaitun harus berhati-hati.

"Hati-hati mengolah minyak zaitun, kalau suhunya kepanasan malah berubah jadi lemak trans yang berisiko sumbat pembuluh darah. Disarankan konsumsinya langsung ditaburkan di atas salad, misalnya," tutur Feni.
 
Lantas, apa saja khasiat buah tin dan zaitun bagi tubuh? Berikut rangkumannya.

1. Melancarkan buang air besar saat puasa

Buah tin mengandung serat yang sangat tinggi untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan selama berpuasa. Serat ini yang membantu melancarkan proses buang air besar. Selain itu, buah tin memiliki kandungan ph 4-5, yang tak terlalu asam. Hal ini baik untuk menjaga kesehatan lambung.

2. Cegah kanker

Karena buah tin memiliki antioksidan yang tinggi, tak heran khasiatnya sangat baik mencegah kanker. Antioksidan buah tin ada pada warna ungu di buah segarnya. Pewarna alami itu mengandung antosianin yang membantu mencegah radikal bebas pemicu kanker.

3. Jaga kesehatan jantung

Buah zaitun memiliki kandungan asam lemak tak jenuh rantai tunggal atau omega 9. Zat ini yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik sehingga membuat kondisi jantung lebih sehat.

4. Cegah diabetes

Omega 9 dalam buah zaitun juga baik untuk memperbaiki kerja insulin. Kita tahu, insulin berperan besar dalam mengatur atau mengontrol kadar gula darah. Dengan gula darah yang stabil, diharapkan risiko diabetes lebih kecil.

5. Cegah stroke

Kadar kalium di kedua buah ini mampu memberi efek relaksasi pada pembuluh darah. Selain itu, buah tin dan zaitun membuat pembuangan natrium lebih maksimal.

Peran penting magnesium di dalam buah ini juga berkhasiat melebarkan pembuluh darah sehingga mampu mencegah stroke.

6. Jaga imunitas

Imunitas tubuh juga dapat dijaga dengan konsumsi rutin kedua buah ini.  Misal, buah tin yang difermentasi, sangat baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan lantaran memiliki kadar probiotik yang membuat imunitas meningkat.

"Imunitas juga bisa dijaga oleh buah tin dan zaitun karena buah tin mengandung vitamin A,C,E, kemudian ada seng, kalium, antioksidan. Pada zaitun ada selenium dan zat besi. Kandungan ini bisa menjaga daya tahan tubuh selama puasa," pungkas Feni.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya