Tren Mukena Organik, Bikin Muslimah Nyaman Beribadah

Tren mukena organik
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Industri mukena di Indonesia telah berkembang pesat dalam satu dekade terakhir. Sebagai negara muslim terbesar di dunia, tingginya permintaan akan mukena di Indonesia dijawab oleh inovasi yang berkembang baik dalam sisi penggunaan bahan maupun dalam segi desain.

Deretan Negara Ini Ternyata Tidak Miliki Masjid, Ada Negara Tak Terduga!

Salah satu merek mukena kenamaan di Indonesia, Zayana Organic, lahir pada 2018 dengan inovasi yang menjadi pembeda. Mereka mengklaim diri sebagai pionir sustainable fashion muslim.

Berdirinya Zayana Organic tak lepas dari semangat untuk menyampaikan pesan bahwa Beauty is not Pain. Artinya, Zayana ingin berpesan bahwa setiap wanita berhak untuk cantik tanpa harus mengorbankan rasa nyamannya.

5 Negara Muslim Ini Secara Data Bisa Gilas Israel, Nomor 3 Tak terduga!

Sejak didirikan, Zayana ikut meramaikan industri mukena Indonesia dengan memproduksi hijab organik, baju organik, aksesoris organik, hingga produk best selling mereka: mukena organik.

“Seluruh produk Zayana menggunakan bahan kain organik yang terbuat dari serat alami. Pemilihan bahan ini tentunya lebih ramah lingkungan dan ramah untuk diri sendiri juga kesehatan kita,” kata CEO Zayana Organic, Tommy Surya Teja dalam rilis yang diterima.

Berkembang Pesat, Modest Fashion Indonesia Sudah Pantas Jadi Kiblat Fesyen Dunia?

Lantas, seperti apa kain organik yang dipakai Zayana? Mukena organik Zayana menggunakan bahan Viscose EcoVoile yang terbuat dari 100 persen rayon organik. Dengan begitu jangan heran jika mukena organik Zayana adem ketika dikenakan.

“Jika bahan polyester yang biasa digunakan produk oleh brand lain terasa panas dan menyebabkan bau, ini tidak berlaku di produk Zayana Organic. Bahan ini memiliki kecenderungan melepas hawa panas sehingga tidak terperangkap dan menyebabkan badan berkeringat. Serat alaminya juga efektif mencegah pertumbuhan bakteri yang menimbulkan bau,” jelas Tommy.

Sejak kelahirannya, Zayana memasang target untuk bisa bersaing dengan merek sejenis di panggung internasional. Untuk itu, mereka selalu memastikan untuk mampu menghadirkan produk muslim yang berkualitas, namun dengan harga terjangkau. Tak hanya itu, mereka juga memastikan bahwa seluruh sumber daya produksinya diambil dari Indonesia.

Dalam perjalanannya, Zayana cukup rutin merilis produk. Hingga kini mereka telah merilis sekitar 60 koleksi yang terdiri dari hijab, fashion, hingga mukena. 

Koleksi terbaru Zayana: Nabawi Series

Baru-baru ini Zayana merilis produk terbaru mereka, sebuah mukena dengan desain yang mencuri perhatian. Mereka menyebut koleksi terbarunya ini dengan nama Nabawi Series.

Ide daripada koleksi Nabawi Series, kata Tommy, bersumber dari pesona Masjid Nabawi di Madinah, yang keindahannya dipuja-puja karena dibuat langsung oleh Rasulullah SAW ketika pertama kali hijrah dari Makah ke Madinah.

Seiring berjalannya waktu, Masjid Nabawi sendiri telah mengalami beberapa renovasi yang tak hanya besar dan megah, namun sarat akan keindahan seni budaya Arab.

Lewat koleksi Nabawi Series, Zayana berharap dapat membawa penggunanya kembali fitrah di bulan suci Ramadan 2021. “Tak hanya itu, kami pun ingin mengajak pengguna Nabawi Series untuk merasakan pesona Masjid Nabawi sebagai masjid kedua terbesar di tanah suci,” ujar Tommy.

Nabawi Series organik sampai ke packaging

Sama  seperti produk Zayana lainnya, Nabawi Series pun menggunakan bahan organik yakni Viscose Eco Voile. Dalam proses pembuatannya, bahan tersebut ditenun dari serat alami, ditanam tanpa menggunakan pupuk kimiawi, pestisida, dan bahan berbahaya lainnya. 

“Kain kemudian dicetak secara digital di Zalmon Fabric menggunakan tinta yang sudah tersertifikasi OEKO-TEX. Kain yang sudah menjadi mukena Nabawi Series ini juga dikemas menggunakan packaging tanpa kandungan plastik, sehingga menjamin prosesnya ramah lingkungan sampai ke tangan konsumen,” ujarnya.

Didesain dengan tiga warna pilihan

Nabawi Series sendiri dirilis dengan satu desain eksklusif dengan tiga pilihan dengan filosofinya masing-masing. Yang pertama adalah warna hijau, yang dinamai Khalifah, karena terinspirasi dari perjuangan sahabat rasulullah dalam memperjuangkan Islam. Dalam desainnya, perjuangan Khalifah direfleksikan pada corak ukiran geometri. 

Selanjutnya adalah mukena warna coklat yang dinamai Raudhah, yang bermakna taman dari surga. Maka itu jangan heran jika dalam mukena yang hadir dalam potongan ibu dan anak ini terdapat deretan motif bunga cantik.

Yang terakhir ialah mukena warna abu yang dinamai hijrah. Mukena satu ini diharapkan dapat membantu penggunanya untuk menjadi pribadi yang lebih baik, kembali suci, dan bisa meraih kemenangan yang seutuhnya.

Proses kreatif pembuatan Nabawi Series memakan waktu yang lebih lama dari biasanya. Maka itu, jika dibandingkan, Nabawi Series memang memiliki corak yang unik dan terkesan eksklusif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya