Jadwal Imsak dan Buka Puasa di Jakarta Hari Ini, 26 April 2021

Ilustrasi makan sahur.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Umat muslim Indonesia sudah memasuki masa puasa Ramadhan hari ke-14 pada Senin, 26 April 2021 atau 1442 Hijriyah. Terdapat sedikit pergeseran waktu imsakiyah dan salat dibandingkan hari sebelumnya.

Puasa Selesai, Saatnya Panaskan Ranjang dengan Gaya Baru Ini!

Mengutip jadwal imsakiyah Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama berikut ini rincian jadwal waktu imsakiyah dan salat maupun berbuka bagi umat Islam pada hari ini:

Untuk di wilayah DKI Jakarta, hari ini ditetapkan Imsakiyah pada pukul 04.26 WIB, Subuh 04.36 WIB, Duha 06.18 WIB, Duhur 11.54 WIB, Ashar 15.14 WIB, Maghrib 17.51 WIB dan Isya' pukul 19.01 WIB.

Haram Hukumnya Berpuasa pada Hari Raya Idul Fitri, Ini Penjelasannya

Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas telah menerbitkan Surat Edaran terkait pelaksanaan ibadah amaliyah di bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah di tengah situasi pandemi COVID-19.

Dia menjelaskan, selama bulan Ramadhan, untuk ibadah-ibadah menyertainya akan dilakukan pembatasan-pembatasan dengan mengikuti protokol kesehatan, misalnya seperti untuk salat tarawih.

Arab Saudi dan UAE Tetapkan Idul Fitri Jatuh pada Rabu 10 April 2024

Namun, kata dia, aturan ini tidak berlaku untuk daerah yang masih dinyatakan zona merah dan zona orange dari penularan virus corona. Jadi, bagi wilayah yang masih zona merah dan zona orange tidak diperbolehkan melaksanakan ibadah amaliyah Ramadhan secara massal.

Sementara Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH. Abdullah Jaidi mengajak umat Islam untuk bersyukur kepada Allah SWT karena tahun ini wilayah zona hijau dan zona kuning diperbolehkan melaksanakan ibadah Salat Tarawih dan Salat Idul Fitri 1442 Hijriyah.

Baca juga: Resep Buka Puasa dan Sahur Bergizi, Tumis Sawi Jamur dan Ayam Popcorn

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya