Kisah Mualaf, Lahir Sebagai Kristen dan Tumbuh Sebagai Muslim

Ricky Joshua
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Seorang mahasiswa bernama Ricky Joshua Ronaldo memberikan kisah inspiratifnya yang lahir sebagai seseorang yang memeluk agama Kristen dan kini tumbuh dan memilih sebagai seorang muslim. Ya, Ricky memutuskan menjadi mualaf.

Daud Kim Diduga Lakukan Penipuan Donasi Masjid, Komunitas Muslim Korea Ungkap Fakta Mencengangkan

Melalui Youtube channel Cameo Project dalam konten “#Cerita Tentang” memperlihatkan sisi lain kehidupan manusia juga berbagi cerita hidup dan belajar dari cerita hidup seseorang.

Di tahun 2020, Ricky Joshua sebagai seorang mahasiswi yang masih berumur 21 tahun menceritakan perjalanan hidupnya yang akhirnya berhasil menentukan jalan hidup dirinya yang bertahan pada pilihan di tengah-tengah sebuah perbedaan yang dialaminya.

Terinspirasi dari Keluarga Temannya, Mantan Pemain Real Madrid Masuk Islam

Lalu bagaimana kisah inspiratifnya seorang Ricky Joshua sebagai mahasiswa yang kini memilih untuk memeluk agama Islam? Simak Artikel Selengkapnya

Memiliki latar keluarga yang memeluk agama yang berbeda beda. Diawali dari Ayahnya yang dahulu memeluk agama Budha dan memutuskan pindah ke Kristen saat menikah dan sekarang memeluk agama Islam. Sedangkan Ibunya, beragama kristen yang kini keadaan keluarga mereka telah berpisah.

Profil Daud Kim YouTuber Korea yang Dituding Bangun Masjid Hanya Demi Konten

Walau belum dibaptis Ricky lahir sebagai agama Kristen. Sejak kecil Ricky mengaku tidak pernah diajarkan tentang agama ini itu, dirinya dibebaskan untuk belajar dan memilih agama yang ingin diketahui. Walau sesekali ia diajarkan tentang agama Budha dan Kristen.

Ketika ditanya alasannya mengapa memutuskan untuk berpindah memeluk agama Islam, Ricky pun menceritakan alasannya

“Waktu kelas 1 SMP dikasih tahu, waktu kelas 2 dibantu dari nol diajarin agama Islam sama bu Aci karena saya dianggap anak kesayangannya. Dulu saya bener-bener kelihatannya kaya tertarik gitu loh. Waktu temen-temen sholat Jumat, Ricky ikut ke masjid kadang kadang,” kenangnya.

 Akhirnya, lanjut Ricky, ditanya ia oleh Bu Aci yang ia sapa dengan Miss Aci. “Kamu tertarik ya masuk Islam. ‘Gini-gini kalau mau nanti Bu Aci bimbing dari nol banget sampai kamu bisa’. Ada suaminya juga, suaminya kaya di PNS gitu buat ngebantuin secara resmi secara Islam di KTP. Ada lagi wakil kepala sekolah yang ngebimbing baca dua kalimat syahadat. Terus bacanya juga gak di masjid sih di kantor sekolah gitu oh terus dicariin guru ngaji,” ucap Ricky

Ketika momen dirinya masuk islam, selain dihadiri guru-guru di sekolahnya ternyata Ayah dari Ricky ikut hadir ketika dirinya membaca dua kalimat syahadat.

“Papa di sebelah sambil dipeluk lah abis baca kalimat syahadat itu,” tambah Ricky.

Semenjak orangtuanya berpisah, Ibu dari Ricky sampai saat ini belum mengetahui bahwa dirinya masuk Islam. Karena sempat merasa berat untuk memilih dan juga dilema. Ia pun membeberkan bahwa selama ini sang Ibu sering kali menanyakan mengapa ia tidak pernah berfoto di gereja dan menanyakan kecurigaannya kepada anaknya yang sudah masuk Islam. Namun, Ricky seringkali berbohong untuk tidak memberitahu bahwa sebenarnya ia sudah masuk Islam.

Walau mungkin belum mendapat dukungan dari sang ibu, ia mengaku selalu mendapat dukungan dari Ayahnya dan lingkungan sekitarnya.

Laporan: Aufa Prasya Namyra

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya