5 Tips Dekorasi Rumah Biar Tampil Beda Saat Silaturahmi Online Lebaran

Ilustrasi ruangan di rumah
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Pandemi COVID-19 yang belum berakhir membuat momen Lebaran tahun ini pun harus dirayakan tanpa berkumpul bersama keluarga besar. Namun, tradisi baru bersilaturahmi secara virtual mulai akrab di masyarakat Indonesia.

Sambut Ramadhan, Tren Masyarakat Ingin Percantik Rumah

Meski hanya virtual, tapi menata ruang agar terlihat apik saat Lebaran juga perlu dilakukan. Kania Bunga Wraspati, Interior Communication Manager dari Dekoruma, membagikan lima tips mendekorasi rumah untuk silaturahmi virtual.

Decluttering atau Bersihkan Rumah Secara Berkala

5 Ide Resolusi Tahun 2023 Agar Lebih Produktif dan Kreatif

Decluttering adalah aktivitas memilah dan memilih barang mana yang masih mau dipakai, mana yang tidak terpakai, mana yang dijual, dan mana yang didonasikan.

“Kita harus memilah barang mana yang terpakai dan tidak terpakai, agar tidak sempit, jadi sebelum dan setelah Lebaran rumah tetap rapi, harus fokus satu ruangan dulu. Misalnya dari kamar tidur, ke ruang makan, kemudian ruang keluarga hingga ke gudang,” ujar Kania.

Jelang Akhir Tahun, Yuk Dekor Rumah Bawa Suasana Liburan Menyenangkan

“Jangan lupa mengelompokkan barang-barang berdasarkan kategori dengan menggunakan kotak penyimpanan. Bisa juga menggunakan label agar barang lebih mudah dicari,” tambahnya.

Pilih ruang atau spot favorit

Langkah selanjutnya adalah pilih ruang yang ingin dijadikan center point atau spot terbaik untuk silaturahmi virtual. Dalam memilih ruang tersebut, kamu harus memastikan beberapa hal.

Pertama, luas area mencukupi untuk berkumpul atau melakukan video call bersama seluruh anggota keluarga. Dan kedua, pencahayaannya memadai sehingga silaturahmi virtual semakin nyaman dan leluasa. Jika pencahayaan kurang, kamu bisa pasang lampu tambahan seperti standing lamp atau pencahayaan alami dari sinar matahari.

Mengubah ulang tata letak furnitur

Ada beberapa cara untuk memberikan suasana baru pada ruangan. Bisa dengan mengubah layout ruangan dengan cara mengubah tata letak furnitur dimulai dari yang besar seperti sofa, meja, dan kabinet. Perubahan ini secara tidak langsung memberikan suasana rumah menjadi baru.

“Dengan begitu ruangan akan menjadi lebih lega dan tidak sumpek, re-layout itu penting karena dengan kita memindahkan barang, kita bisa membersihkan area yang tidak terjamah, ruangan jadi lebih lega dan sekalian beres-beres mengklasterkan barang, suasana juga akan lebih baru,” ujarnya lagi.

Ganti Suasana Warna Rumah

Selain itu, kamu juga dapat mengubah warna cat rumah. Mengganti warna cat dinding rumah bisa memberikan kesan lebih segar. Untuk mengubahnya, kamu harus tentukan dulu tujuannya, untuk memperluas atau untuk menciptakan suasana baru.

Jika sudah menentukan warna, pilih satu sisi saja untuk dicat dengan warna baru. Ini untuk mencegah ruangan menjadi terlalu 'ramai' jika dalam satu ruang memiliki beberapa warna yang berbeda.

"Pilihlah analogous color atau warna yang senada yaitu warna-warna yang berdekatan dalam lingkaran warna. Kombinasi ini akan memberikan warna yang harmonis sehingga nyaman di mata,” saran Kania

Tambahkan Dekorasi Menarik

Agar silaturahmi virtual anda beda dari yang lain, kamu bisa tambahkan beberapa dekorasi yang menarik. Kania memberikan tips dengan cara menyusun frame atau menaruh rak penyimpanan terbuka sebagai background virtual.

Di atas rak terbuka, letakkan vas, bunga-bunga, buku, hingga pajangan kaligrafi. Dengan adanya rak terbuka ini, kamu bebas meletakkan dekorasi apapun demi menciptakan latar virtual yang keren.

Laporan Prima Nadya Rahayu

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya